Hinet Internet Cepat 4G LTE
Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami – Bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Salah satu keunggulan dari Indonesia yang digilai negara lain adalah kesuburan tanahnya. Tanah yang subur dapat dikelola menjadi perkebunan rempah-rempah, sayuran, sampai buah-buahan. Hasil kekayaan alam itu kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti permen. Perlu Hinet Lovers ketahui, bahwa ada permen khas Indonesia yang memiliki penggemar sampai luar negeri, berikut daftarnya.

1. Permen Jahe

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami - permen jahe

Jahe sering kali dibuat menjadi permen tradisional khas Indonesia. Bahkan pada tahun 1778, Belanda mengirimkan sebanyak 5.000 kilogram permen jahe dari Batavia ke Eropa. Hasilnya penduduk di Eropa sangat menyukai permen jahe ini. Terlebih lagi karena di sana memiliki udara yang dingin jadi cocok untuk menghangatkan tubuh masyarakat Eropa. Hebatnya lagi, permen jahe ini mampu mengalahkan Gummy Bear dari Jerman dan juga Nougat dari Prancis.

Baca Juga: 4 Oleh-oleh dari Indonesia yang Paling Disukai Warga Negara Asing

2. Permen Kayu Putih

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami - permen kayu putih

Seorang dosen IPB dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan yang bernama Hanny Wijaya telah menciptakan permen yang terbuat dari tanaman kayu putih. Tanaman ini biasanya digunakan untuk bahan baku minyak oles penghangat tubuh tetapi sekarang bisa dikonsumsi dalam bentuk permen. Permen ini memiliki manfaat untuk menyegarkan tenggorokan, menghangatkan tubuh, bahkan bisa mencegah gigitan nyamuk. Hal ini dikarenakan aroma minyak kayu putih dari mulut yang bisa membuat nyamuk kabur.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Bau Durian Bikin Mabuk, Begini Mengatasinya

3. Permen Kayu

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami - permen kayu

Baca Juga: Langkah Mudah Isi Ulang Paket Data Hinet

Kembang gula asli Indonesia lainnya adalah permen kayu. Biduk-Biduk adalah kecamatan yang pertama kali memperkenalkan permen kayu ini. Terletak di Provinsi Kalimantan Timur, masyarakatnya membuat permen yang terbuat dari campuran air kelapa dan gula pasir. Permen tersebut diberi nama bombon tarik atau permen kayu. Sayangnya pemasaran produk ini baru sebatas pemenuhan di sekitar Biduk-Biduk saja padahal peminatnya sudah sampai luar kota bahkan luar negeri.

Dari ketiga jenis permen di atas, Hinet Lovers sudah pernah coba yang mana? Apakah di daerahmu ada permen tradisional lainnya yang asli Indonesia? Share di komentar ya, siapa tahu kita bisa ikut mencoba. Tetap gunakan Modem Home Router dari Hinet supaya bisa bebas chatting multi perangkat. Cuma Home Router dari Hinet yang bisa diakses hingga 30 pengguna. Kalau kamu ingin menikmati kemudahan internet unlimited dengan banyak akses dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.