Hinet Internet Cepat 4G LTE
7 Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami, Pernah Coba

7 Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami, Pernah Coba?

7 Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami, Pernah Coba? – Bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Salah satu keunggulan dari Indonesia yang digilai negara lain adalah kesuburan tanahnya. Tanah yang subur dapat dikelola menjadi perkebunan rempah-rempah, sayuran, sampai buah-buahan. Hasil kekayaan alam itu kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti permen. Perlu Hinet Lovers ketahui, bahwa ada permen khas Indonesia yang memiliki penggemar sampai luar negeri, berikut daftarnya.

1. Permen Jahe

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami - permen jahe

Jahe sering kali dibuat menjadi permen tradisional khas Indonesia. Bahkan pada tahun 1778, Belanda mengirimkan sebanyak 5.000 kilogram permen jahe dari Batavia ke Eropa. Hasilnya penduduk di Eropa sangat menyukai permen jahe ini. Terlebih lagi karena di sana memiliki udara yang dingin jadi cocok untuk menghangatkan tubuh masyarakat Eropa. Hebatnya lagi, permen jahe ini mampu mengalahkan Gummy Bear dari Jerman dan juga Nougat dari Prancis.

2. Permen Jelly Kering

7 Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami, Pernah Coba?

Permen bertekstur kenyal dan berwarna-warni ini terbuat dari jelly atau agar-agar. Permen Jelly memiliki rasa yang manis dan biasanya ada campuran rasa buah. Apabila mengunyah permen ini, kamu akan merasakan empuknya walaupun dari luarnya terlihat kering dan ditaburi gula putih. Kandungan serat pada permen ini sangatlah bagus, karena terbuat dari agar-agar.

Baca Juga: 4 Oleh-oleh dari Indonesia yang Paling Disukai Warga Negara Asing

3. Permen Kayu Putih

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami - permen kayu putih

Seorang dosen IPB dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan yang bernama Hanny Wijaya telah menciptakan permen yang terbuat dari tanaman kayu putih. Tanaman ini biasanya digunakan untuk bahan baku minyak oles penghangat tubuh tetapi sekarang bisa dikonsumsi dalam bentuk permen. Permen ini memiliki manfaat untuk menyegarkan tenggorokan, menghangatkan tubuh, bahkan bisa mencegah gigitan nyamuk. Hal ini dikarenakan aroma minyak kayu putih dari mulut yang bisa membuat nyamuk kabur.

4. Permen Susu Kerbau

7 Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami, Pernah Coba?

Kalau kamu berkunjung ke Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, jangan lupa mencicipi permen khas daerah tersebut yang bernama permen susu kerbau. Sesuai dengan namanya, permen ini berbahan dasar susu kerbau yang diperah langsung oleh peternaknya. Alasan kenapa memilih susu kerbau sebagai bahan dasar permen karena warga Sumbawa lebih menyukai susu kerbau ketimbang susu sapi. Susu kerbau memiliki rasa yang jauh lebih gurih, manis, kental, dan kaya akan manfaat. Sehingga, permen ini tentunya terdapat banyak khasiat dan juga bergizi.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Bau Durian Bikin Mabuk, Begini Mengatasinya

5. Permen Kayu

Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami - permen kayu

Kembang gula asli Indonesia lainnya adalah permen kayu. Biduk-Biduk adalah kecamatan yang pertama kali memperkenalkan permen kayu ini. Terletak di Provinsi Kalimantan Timur, masyarakatnya membuat permen yang terbuat dari campuran air kelapa dan gula pasir. Permen tersebut diberi nama bombon tarik atau permen kayu. Sayangnya pemasaran produk ini baru sebatas pemenuhan di sekitar Biduk-Biduk saja padahal peminatnya sudah sampai luar kota bahkan luar negeri.

6. Gulo-gulo Tareh

7 Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami, Pernah Coba?

Permen yang satu ini sudah cukup langka dan jarang ditemui. Gulo-Gulo Tareh adalah permen tradisional khas Bukittinggi. Dalam bahasa Minang, Gulo-Gulo berarti permen, sedangkan Tareh berarti warna coklat. Tekstur permen ini tidak beraturan dan memiliki panjang sekitar 2cm. Permen ini berbahan dasar tebu asli dan pada lapisan luar diselimuti oleh tepung ubi putih.

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 6 Kuliner Palembang Lainnya. WAJIB COBA!

7. Asam Jawa

7 Permen Khas Indonesia dari Bahan Alami, Pernah Coba?

Terakhir. apabila kamu penyuka rasa asam manis, cobalah permen yang satu ini. Permen yang berbentuk bulat dan berwarna coklat tua ini memiliki cita rasa asam manis. Sehingga ketika kamu makan terasa akan menyegarkan. Dikarenakan terbuat dari asam jawa, permen ini mengandung vitamin dan berkhasiat untuk mengobati sariawan, sakit perut, dan batuk.

Dari ke-7 jenis permen di atas, Hinet Lovers sudah pernah coba yang mana? Apakah di daerahmu ada permen tradisional lainnya yang asli Indonesia? Share di komentar ya, siapa tahu kita bisa ikut mencoba.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.