Hinet Internet Cepat 4G LTE
Persyaratan Menjadi Astronot, Berani Coba?

Persyaratan Menjadi Astronot, Berani Coba?

Persyaratan Menjadi Astronot, Berani Coba? – Menembus luar angkasa dan terbang sendirian di luar bumi sudah menjadi tugas seorang astronot.  Namun persyaratan menjadi seorang astronot bukan cuma harus memiliki otak pintar saja, fisik yang kuat dan cekatan menjadi faktor selanjutnya. Bahkan, Indonesia juga pernah punya calon astronot wanita pertama, loh. Kita intip yuk, syarat apa saja supaya bisa menjadi astronot.

1. Basic IPA dan Pernah Jadi Pilot

Persyaratan Menjadi Astronot, Berani Coba? - basic IPA dan pernah jadi pilot

Saat ini, NASA menjadi perusahaan yang paling memiliki pengaruh besar untuk siapa saja yang memiliki cita-cita menjadi astronot. Setidaknya pada tahun 2016 lalu, ada 18.300 orang yang melamar ke Nasa. Persyaratan menjadi astronot, harus memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dalam bidang IPA. Kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki gelar sarjana teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu komputer, atau ilmu matematika. Pertimbangan menjadi astronot selanjutnya, setidaknya pernah punya 1.000 jam terbang sebagai pilot pesawat jet dalam 3 tahun terakhir.

Baca Juga: Desain Baju Astronot yang Perlu Kamu Tahu

2. Sehat dan Tidak Takut Ketinggian

Persyaratan menjadi astronot yang dibutuhkan oleh Nasa tidak sekadar orang yang bekerja keras, tetapi bisa menjaga kesehatan dengan baik. Selain itu, haram untuk astronot memiliki fobia ketinggian. Biasanya sebelum naik pesawat, mereka harus naik lift setinggi 60 meter. Kemudian mereka akan berada setinggi 386 km di atas permukaan bumi. Tercatat seorang astronot bernama Tony Antonelli takut akan ketinggian, tapi ia berhasil melawan rasa takut itu sampai dipercaya ke luar angkasa sebanyak dua kali.

Baca Juga: Lihat Yuk Bagaimana Keadaan di Luar Angkasa 

3. Berlatih di Dalam Gua

Persyaratan Menjadi Astronot, Berani Coba? - berlatih dalam gua

Sumber Foto: www.bbc.co.uk

Gua menjadi tempat terfavorit untuk para astronot melatih kemampuan fisiknya. Gua dipilih karena memiliki cahaya matahari yang sedikit dan tidak bisa ditebak jenis tantangan yang akan dihadapi. Dengan begitu, para astronot akan menemukan ritmenya sendiri dan secara langsung akan melatih mereka untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan. Mereka seakan-akan “dilepas” tanpa diberikan arahan apapun untuk menyelamatkan dirinya masing-masing.

Baca Juga: Panduan Isi Ulang Paket Internet Hinet Menggunakan Aplikasi Hinetku

4. Indonesia Punya Calon Astronot Wanita Pertama, Pratiwi Sudarmono

Persyaratan Menjadi Astronot, Berani Coba? - Indonesia Punya Calon Astronot Wanita Pertama, Pratiwi Sudarmono

Astronot asal Indonesia Pratiwi Sudarmono sudah lama berlatih di bawah bimbingan Nasa, Amerika Serikat. Bahkan ia dipercaya untuk menjadi Pay Load Specialist atau kru yang bertugas mengoperasikan satelit Palapa B-3. Untuk misi ini, pemerintah RI sudah rela mengeluarkan banyak biaya. Sayangnya saat hendak diterbangkan, pada tahun 1986 pesawat ulang-alik Challenger dalam misi STS-51-L meledak hanya dalam waktu 73 detik setelah diluncurkan yang mengakibatkan tujuh kru tewas. Para astronot dalam misi penerbangan itupun batal berangkat dan tidak ada lagi rencana Indonesia untuk mengirimkan astronot ke luar angkasa sampai sekarang.

Menjadi astronot bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan banyak kesiapan, mulai dari otak, fisik, hingga biaya. Tetap gunakan Mifi 4G dari Hinet yang enggak bikin kamu mengeluarkan banyak biaya untuk internetan. Kalau kamu ingin mulai menggunakan paket internet yang murah anti lemot, kamu bisa cek di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.