Hinet Internet Cepat 4G LTE
Pertanyaan Sering dari Pembeli Online yang Bikin Ingin Auto Jawab

Pertanyaan Sering dari Pembeli Online yang Bikin Ingin Auto Jawab

Pertanyaan Sering dari Pembeli Online yang Bikin Ingin Auto Jawab – Berbisnis lewat online memang sedang menjadi tren saat ini. Internet telah memberikan kemudahaan transaksi jual-beli yang dapat dirasakan baik dari sisi pembeli maupun penjual. Transaksi yang berlangsung dirasakan lebih hemat waktu, uang, hingga tenaga.

Di balik kemudahan yang ditawarkan jual-beli online, namun tetap saja ada risiko yang mengintai seperti penipuan dan pemerasan. Inilah alasan mengapa pembeli biasanya akan mengajukan beragam pertanyaan terlebih dahulu kepada penjual. Hal ini sebagai antisipasi menghindari penyesalan dari transaksi yang sudah dilakukan. Pembeli memang dibebaskan untuk mengajukan beragam pertanyaan kepada penjual mengenai produk yang ingin dibeli. Sebaliknya, penjual pun senang apabila ada orang yang tertarik untuk membeli produknya.

Namun, seiring dengan perkembangan belanja online yang terus melaju pesat, orang sekarang semakin mahir dan pandai berbelanja online. Pembeli pun sudah hafal dengan alur yang harus dipenuhi saat membeli via online. Menyadari hal tersebut, biasanya penjual pun sudah menyiapkan sejumlah keterangan dan deskripsi lengkap mengenai produk yang dijualnya. Berikut ini, 5 pertanyaan yang sering diterima oleh penjual toko online dari calon pembeli. Biasanya penjual sudah punya template jawaban khusus, biar tinggal copast.

1. Barang Ready?

Pembeli kerap menanyakan ketersediaan barang dikarenakan melihat tanggal posting oleh penjual yang sudah lama. Belum lagi apabila barang yang dijual adalah home made atau industri rumahan yang biasanya memerlukan waktu lebih lama dalam pembuatan ataupun membuat barang berdasarkan pesanan. Ketersediaan barang yang akan dibeli akan menjadi pertimbangan oleh calon pembeli. Kebanyakan jika barangnya tidak tersedia atau bahkan harus menunggu lama, akan membuat calon pembeli mencari penjual lain apabila pembeli memang memerlukan barang dalam waktu yang cepat.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Orang Suka Belanja Online

2. Pengiriman Berapa Hari?

Terkait dengan pertanyaan pada poin pertama, penjual biasanya tidak langsung mendapatkan barang yang mereka beli saat itu juga. Oleh karena itu, tidak heran jika para pembeli sering menanyakan jangka waktu pengiriman barang. Hal ini kemudian akan mengaitkan penjual dengan kurir pengiriman.

3. Ongkir Berapa?

Pertanyaan selanjutnya yang sering diajukan oleh pembeli online adalah “berapa ongkos kirim ke rumah saya?”. Toko online memanfaatkan jasa kurir pengantar barang untuk mengirim belanjaan yang dipesan. Ongkos untuk menggunakan jasa tersebut biasanya ditanggung oleh pembeli, maka dari itu tidak heran jika mereka selalu bertanya ongkos kirim yang akan mereka tanggung. Biasanya penjual online sudah memiliki daftar harga paket pengiriman yang bisa langsung diinformasikan kepada pembeli yang berada di daerah jangkauan penjualannya.

Baca Juga: Tips Belanja Online Hemat dan Efisien

4. Ori atau KW

Biasanya calon pembeli hanya melihat barang lewat foto yang telah disediakan oleh penjual. Tentu saja masih ada rasa penasaran yang pelanggan ajukan perihal barang yang akan mereka beli secara detail. Pertanyaan yang sering muncul seperti “barangnya ori atau kw?”. Biasanya pertanyaan ini laris diterima oleh penjual yang menjual produk dari brand ternama. Pada tahap ini, penjual bakal diuji kejujurannya, jangan sampai barang palsu tetapi dibilang original. Kepercayaan pelanggan akan menurun terhadap toko online-mu apabila ketahuan berbohong.

5. Ada Diskon?

Adanya hukum tawar-menawar memungkinkan pertanyaan ini juga muncul dalam transaksi online. Diskon atau potongan harga menjadi pertimbangan pelanggan untuk membeli barang. Pembeli semakin terdorong untuk membeli barang ketika ada diskon.

Nah, itu tadi pertanyaan yang sering diajukan para pembeli online yang terkadang bikin penjual bosan juga menjawabnya. Namun tetap senang dong, apabila barang laku terjual. Kira-kira adakah pertanyaan unik lainnya dari pembeli yang suka diajukan ke penjual online? Jika Hinet Lovers berniat membuka toko online, jangan lupa gunakan Paket Internet Unlimited dari Hinet yah, untuk menghemat kuota sehingga bisnismu berjalan lancar.

Baca Juga: Panduan Isi Ulang Paket Internet Hinet Menggunakan BCA KlikPay

Leave a Reply

* Your email address will not be published.