Hinet Internet Cepat 4G LTE
Pertanyaan yang Selalu Diajukan Ketika Mau Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

Pertanyaan yang Selalu Diajukan Ketika Mau Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

Pertanyaan yang Selalu Diajukan Ketika Mau Mendaftar Beasiswa Luar Negeri – Untuk bisa menempuh jalur beasiswa, bukanlah perkara yang gampang. Selain harus menulis esai akademik berbahasa Inggris, Hinet Lovers nantinya juga harus menghadapi wawancara oleh pihak penyelenggara beasiswa. Jadi, tidak hanya di dunia pekerjaan saja yang ada sesi wawancaranya ya. Adapun tujuan dari wawancara ini ialah untuk mengetahui seberapa pantaskah dirimu untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Bahkan, pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara terkadang sangat tidak tertebak dan jauh lebih sulit ketimbang wawancara kerja. Maka dari itu, kali ini Hinet akan membahas bagaimana cara mendapatkan beasiswa luar negeri dengan mulus. Berikut tips lolos beasiswa luar negeri.

Pertanyaan yang Selalu Diajukan Ketika Mau Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

1. Apa Relevan Antara Karir Kamu dan Beasiswa Ini?

Apabila kamu menemui pertanyaan ini, jelaskanlah bahwa bidang yang kamu tekuni nyatanya masih sangat terbatas dalam aspek-aspek tertentu. Jadi, hanya dengan menempuh jalur S2 inilah kamu bisa mendapatkan pendidikan tambahan.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri GRATIS dengan Ambil Beasiswa Bergengsi di Sini!

2. Mengapa Memilih Negara Ini?

Untuk pertanyaan ini, jelaskan secara mendetail kenapa negara yang kamu inginkan menjadi tujuan utama. Sebagai misalnya, karena adanya teori yang lengkap, jaringan perpustakaan yang luas, lokasi praktek yang memumpuni, maupun tersedianya sistem pendukung lain untuk bidang/jurusan yang kamu tekuni di negara tersebut.

Baca Juga: Grammarly Aplikasi Makin PEDE Menulis Bahasa Inggris Anti Typo

3. Kenapa Kamu Pantas Menerima Beasiswa Ini?

Jangan hanya berpuas diri dengan prestasi yang kamu miliki. Alasannya, kandidat lain pun juga memilikinya. Jadi sebaiknya, tambahkanlah juga pengalaman non akademis yang kamu miliki, sebagai contoh kegiatan panitiaan atau wirausaha. Lalu, kaitkan juga kualitas yang kamu miliki dengan hal yang bisa kamu kerjakan untuk berkontribusi di universitas.

Baca Juga: Yuk Intip Pengalaman YouTuber Indonesia yang Tinggal di Luar Negeri Ini

4. Akan Jadi Apa Kamu 5 Tahun Kedepan?

Dari pertanyaan ini, sangat jelas bahwa penyelenggara beasiswa ingin mengetahui apakah kamu sudah menyiapkan rencana jangka panjang. Alih-alih menjelaskan bahwa dirimu akan lulus tepat waktu dan menjadi orang sukses, alangkah baiknya jika kamu tambahkan penjelasan mengenai rencana untuk menggapai visimu kedepannya.

Baca Juga: Paket Internet Murah 4G LTE

5. Bagaimana Cara Menghadapi Culture Shock?

Ketika pihak penyelenggara mengeluarkan pertanyaan ini, maka mereka ingin tahu solusi apa yang akan kamu keluarkan ketika tengah menghadapi Culture Shock. Alasannya, untuk merantau ke negeri lain, sangat membutuhkan mental yang tangguh. Kamu bisa menjawab dengan meminta bimbingan untuk menghadapi masalah akademis atau non akademis kepada mentor/tutor/dosen. Serta meminta bantuan pada teman-teman untuk menjadi penyokong dirimu selama kesulitan masih menggerogotimu.

Demikianlah rangkuman tips lolos beasiswa luar negeri yang wajib kamu ketahui. Semoga tips ini sangat berguna untukmu ya Hinet Lovers. Supaya internetan di rumahmu makin lancar, pastikan kamu sudah memakai Paket Internet Rumah, Home Sweet Home dari Hinet. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.