Hinet Internet Cepat 4G LTE

Pilih SSD atau HDD? Wajib tahu sebelum beli!

Pilih SSD atau HDD? Wajib tahu sebelum beli! – Saat kamu mencari laptop atau merakit PC, mungkin kamu melihat aspek mainstream seperti “Apa itu VGA?”, “Ada berapa core prosesor inti?”, “Cocok untuk ngegame, gak?”

Tapi, pernahkah kamu melihat aspek HDD dan SSD dari laptop ini? Jika tidak, gak masalah, karena di mata pengguna awam, aspek ini sering kali terabaikan. Sebelum memutuskan untuk membeli laptop, memahami hard disk drive (HDD) dan solid state drive (SSD) menjadi pertimbangan penting.

HDD dan SSD adalah teknologi perangkat keras penyimpanan komputer non-volatil yang paling populer (tidak ada kehilangan data saat daya dimatikan). Spesifikasi HDD dan SSD menggunakan teknologi yang sama sekali berbeda sebagai media penyimpanan. Secara umum, kecepatan SSD 10 kali lebih cepat dari HDD, namun karena alasan logis, pengguna masih menggunakan HDD sebagai media penyimpanan.

Berikut tips yang wajib kamu ketahui, sebelum membelinya :

Pengertian HDD (Hard Disk Drive)

Apakah kamu sedang merakit PC atau membeli laptop? Tentunya kamu akan menggunakan HDD. Pada HDD kamu dapat menyimpan sistem operasi (OS), perangkat lunak, dan data dalam bentuk file dan folder.

HDD adalah perangkat keras penyimpanan komputer, pertama kali dikembangkan oleh IBM pada tahun 1953. Sejak rilis pertama, HDD hanya mampu menampung data 3,75 MB. Pada 2017, HDD dapat menyimpan data hingga 20 TB.

HDD memiliki magnetic disk yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan. Saat disk berputar, tuas baca-tulis di HDD membaca data yang diteruskan. Semakin cepat berputar disk, semakin cepat HDD akan mempengaruhi respon OS dan kecepatan loading dan software pembukaan.

HDD biasanya menggunakan beberapa piringan digital, dan menggunakan pengontrol motor tunggal untuk terus memasangnya dengan spindel yang berputar. Setiap disk dilengkapi dengan rongga untuk menulis dan membaca data di kepala HDD. Kecepatan spindel sangat menentukan performa dari HDD, tentunya hal ini berbanding lurus dengan penggunaan daya dan suara yang dihasilkan. Umumnya kecepatan HDD adalah 5400 rpm dan 7200 rpm (rpm = putaran per menit).

Baca juga : Handphone Juga Bisa Jadi Mouse Komputer Loh! Begini Caranya

Pengertian SSD (Solid State Drive)

SSD lebih baru dari HDD dan sebenarnya bukan produk baru di bidang perangkat keras. Tidak seperti HDD, SSD tidak memiliki lengan atau disk. SSD menggunakan memori flash NAND. Menurut catatan, tidak semua laptop memiliki SSD. Jadi, jika laptop kamu memiliki slot SSD, pasang sekarang dan lihat perbedaannya!

SSD adalah perangkat keras penyimpanan komputer yang dikembangkan oleh Apple untuk produknya pada tahun 2005. SSD menggunakan teknologi luar biasa berdasarkan memori flash, yang merupakan teknologi penyimpanan solid-state dengan microchip seperti kartu memori. Seiring waktu, SSD dikembangkan bersama oleh semua pihak di industri dan lembaga penelitian.

Seperti HDD, beberapa SSD juga dilengkapi dengan port SATA 3. Namun, karena throughput data maksimum SATA 3 adalah 600 MB / s, hal ini mencegah SSD untuk benar-benar memiliki potensi throughput yang lebih cepat. Oleh karena itu, jika koneksi SSD kamu adalah SATA 3, jangan kaget karena potensinya tidak berubah.

Harga SSD Dan HDD

Mahalnya harga SSD pun bervariasi, mulai dari 600.000 rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung kapasitas dan teknologinya. SSD dengan koneksi SATA 3 jauh lebih murah daripada M.2 PCIe, apalagi NVMe. Ini karena SATA 3 adalah teknologi lama.

Harga murah dan kapasitas besar? Hard Disk Drive (HDD) adalah jawabannya! Karena proses pembuatan HDD tergolong proses tradisional, maka harga HDD tidak akan termakan oleh proses pembuatannya, sehingga lebih murah. Misalnya, Kamu bisa mendapatkan hard drive hingga 1 TB dengan harga kurang dari 1 juta rupiah! Apakah lebih murah? Namun, jika kamu ingin menggunakan HDD untuk menyimpan data penting, ada baiknya kamu memeriksa ulasan HDD sebelum membeli. Selain itu, daripada menyimpan hard drive internal, lebih baik menyimpan atau backup data menggunakan HDD eksternal yang sudah banyak dilakukan.

Baca juga : Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer

Keunggulan Speed SSD Pada HDD

Tentu saja, kecepatan SSD jauh di depan HDD, terutama dengan perkembangan konektivitas dan peningkatan kemampuan fungsional, HDD tertinggal di belakang.

Karena HDD menggunakan disk dan tuas baca-tulis, kecepatannya bergantung pada jumlah putaran per menit (rpm). Semakin tinggi rpm HDD, semakin cepat HDD. Sebaliknya, kecepatan hard disk tradisional adalah 5400 rpm, sedangkan kecepatan hard disk modern setinggi 7200 rpm! Tentu saja, kecepatan HDD tidak akan berhenti di 7.200 rpm. Namun, semakin tinggi kecepatan dan semakin cepat pula kecepatannya.

Selain itu, kecepatan HDD dan SSD dibandingkan dengan megabyte per detik (MB/s) untuk membaca dan menulis data. Untuk HDD dengan kecepatan 5400 rpm, kecepatannya 100 MB/s, sedangkan kecepatan 7200 rpm adalah 150 MB/s.

SSD dengan koneksi SATA 3 memiliki kecepatan baca 550 MB/s, kecepatan tulis 520 MB/s, dan batas maksimum 600 MB/s. Oleh karena itu, meskipun SATA 3 sebenarnya membatasi potensi SSD, kecepatan SSD dengan SATA 3 masih melebihi kecepatan HDD.

Jadi, apa yang bisa dilakukan tanpa SATA 3? Kecepatan rata-rata SSD dengan teknologi PCIe dan M.2 berkisar dari 1.2 GB/s hingga 1.4 GB/s! Tidak puas? Dengan dana lebih, Kamu dapat menginstal SSD dengan kecepatan hingga 2,2 GB/s! Karenanya, dari segi kecepatan, SSD terbukti mampu mengalahkan HDD.

Setelah kamu mengetahui perbedaannya, mana yang harus Anda pilih? Ingat. Karena SSD tidak memiliki disk atau lengan, maka SSD lebih kuat dan lebih tahan lama. Oleh karena itu, SSD lebih cocok untuk pemasangan laptop atau ponsel pintar (Handphone).

Selain itu, SSD lebih hemat energi daripada HDD, sehingga laptop dapat menghemat baterai dibandingkan dengan HDD. Namun, kami perlu mengingatkan Anda bahwa itu tergantung pada jenis dan tujuan SSD yang digunakan. Jika kamu membutuhkan bermain game, tetapi menggunakan SSD paling sedikit, ya, laptop kamu masih terasa sangat menyiksa!

Singkatnya, SSD memang lebih bertenaga dan lebih cepat, kamu bisa membuka dan memuat OS dan software di PC dan laptop. Namun, jika Anda memiliki budget terbatas, opsi HDD akan jauh lebih murah dan bisa menyimpan data.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.