Hinet Internet Cepat 4G LTE
Reaksi pada Tubuh ketika Kita Makan Pedas, Bikin Otak Bingung

Reaksi pada Tubuh ketika Kita Makan Pedas, Bikin Otak Bingung

Reaksi pada Tubuh ketika Kita Makan Pedas, Bikin Otak Bingung – Makan makanan pedas dipercaya memiliki manfaat jika dimakan dengan dosis yang tepat. Manfaatnya dapat membuat badan segar dan lebih bergairah karena mengandung Vitamin C. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, makanan pedas juga memiliki dampak buruk terhadap tubuh. Hinet Lovers ingin mengetahui hal yang terjadi pada tubuh ketika kemasukan makanan pedas? Berikut efek makanan pedas kepada tubuh seseorang.

1. Otak Kebingungan

Reaksi pada Tubuh ketika Kita Makan Pedas, Bikin Otak Bingung - otak kebingungan

Makan makanan yang pedas dapat merangsang reseptor di kulit yang biasanya merespons energi panas di tubuh. Selain itu, tubuh juga dapat menanggapi pengaruh zat kimia tertentu. Sistem saraf pusat pada otak seseorang menjadi bingung dan tertipu akibat rasa nyeri dan rangsangan oleh bahan kimia dalam cabai. Seperti pada zat kapsaisin (capsaicin) yang biasa ditemukan pada cabai atau paprika berfungsi untuk memicu respons saraf yang ambigu.

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kita Tidur, Ternyata Tetap Aktif Bekerja

2. Perut Bergejolak

Reaksi pada Tubuh ketika Kita Makan Pedas, Bikin Otak Bingung - perut bergejolak

Respons normal dari dampak makanan pedas terhadap tubuh adalah membuat perut menjadi bergejolak. Hal ini karena makanan pedas dapat mempercepat proses gerakan usus yang mempermudah terjadinya diare. Cabai umumnya mengandung vitamin C yang cukup tinggi, oleh karena itu ketika makanan pedas masuk ke usus besar, efek iritasinya akan cepat terasa. Kemudian tubuh akan mengirimkan lebih banyak air ke dalam usus. Air itulah yang menjadi penyebab mengapa feses (kotoran) menjadi lunak dan lebih mudah keluar dari usus.

Baca Juga: Setelah Minum Miras, Ini yang Terjadi pada Otak

3. Mulut Iritasi

Reaksi pada Tubuh ketika Kita Makan Pedas, Bikin Otak Bingung - mulut iritasi

Cabai selain mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, juga mengandung efek panas yang membuat kulit menjadi iritasi. Oleh karena itu, jika mengonsumsi cabai dengan porsi yang berlebihan, mulut kita akan terasa panas, memerah, atau bahkan merasa perih akibat menjadi kering. Jika sudah begitu, diamkan sejenak dan gunakan salep khusus bibir untuk mencegah adanya infeksi yang lebih parah lagi di bibirmu.

Baca Juga: Langkah Mudah Isi Ulang Paket Data Hinet

4. Telinga Tuli Sementara

Reaksi pada Tubuh ketika Kita Makan Pedas, Bikin Otak Bingung - telinga tuli sementara

Dampak tuli sementara setelah makan makanan pedas sebenarnya mirip dengan bindeng pada saat flu. Hanya saja, sumbatan lendir di hidung lebih banyak sehingga bukan hanya menyebabkan bindeng, tetapi sampai menyebabkan hidung berair juga. Makanan pedas dapat memberikan stimulus yang berlebih pada saraf trigeminal sampai mengalami pembengkakan. Saraf trigeminal tersebut sebenarnya terdapat pada bagian mulut dan wajah yang berhubungan dengan saraf koklea di telinga. Itulah yang menyebabkan mengapa kamu merasakan efek tuli sementara setelah makan pedas.

Makan makanan pedas sebenarnya tidak merugikan kok, asalkan tahu porsi yang tepat untuk tubuh kamu. Nah, untuk paket internet yang enggak bakal membuat kamu rugi, kamu bisa gunakan Paket Internet Unlimited dari Hinet. Kalau kamu ingin menikmati puasnya internetan unlimited bebas hambatan, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.