Hinet Internet Cepat 4G LTE
Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang – Bila berkunjung ke kota lain, belum lengkap rasanya bila tidak mencicipi makanan atau kuliner yang menjadi khas daerah tersebut. Benar kan Hinet Lovers? Di setiap daerah, pastinya terdapat tempat makan yang menyajikan hidangan yang khas, sebagai contoh kota Makassar. Di ibu kota Sulawesi Selatan ini ada banyak makanan khas dan restoran yang tidak boleh kalian lewatkan.

Hinet sudah merangkum tempat kulineran dan makanan khas Makassar yang WAJIB kalian coba. Ada apa saja? Yuk langsung intip saja daftarnya di bawah sini:

1. Pallubasa

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Pallubasa merupakan makanan khas Makassar yang berbahan dasar daging sapi. Makanan ini disajikan dengan kuah dari campuran santan, kelapa parut, dan gabungan rempah-rempah lainnya. Untuk menambah kenikmatan Pallubasa, kamu bisa tambahkan telur setengah matang dan nasi putih.

Tempat makan Pallubasa di Makassar yang paling direkomendasikan ada 4, yaitu:

  • Pallubasa Serigala yang berlokasi di jalan Serigala
  • Pallubasa Datumuseng yang berlokasi di jalan Datumuseng, Samping RS. Stella Maris
  • Pallubasa Samalona yang berlokasi di jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 3B, Sudut jalan Sumba
  • Pallubasa Onta yang berlokasi di jalan Onta Lama No. 109 Makassar\

Baca Juga: Rekomendasi Sambal Khas Bali yang Bikin Kelabakan dan Cara Membuatnya

2. Coto Makassar

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang sudah menjadi khas di kota tersebut. Makanan ini berbahan dasar daging sapi yang diolah dengan beragam bahan rempah. Sementara kuah terbuat dari campuran santan, susu, dan telur untuk memperkental kuah. Coto Makassar biasa dinikmati dengan ketupat atau buras.

Tempat makan Coto Makassar yang direkomendasikan ada 3, yaitu:

  • Coto Nusantara yang berlokasi di Jalan di Jalan Nusantara Baru no.142 dan Jalan Merpati no.2, Makassar. (Paling favorit)
  • Coto Maros Bagadang yang berlokasi di jalan Gagak No 209/No 8, Makassar dan memiliki cabang di Jl. Veteran Selatan, Makassar.
  • Coto Paraikatte yang berlokasi di Jalan A. P. Pettarani No. 125 Makassar/ dekat SPBU Pettarani dan cabang lainnya di Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 7 dekat MTOS.
  • Coto Ranggong yang berlokasi di jalan Ranggong No.13, Maloku.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Ketika Dibawa Pulang

3. Pisang Epe

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Pisang Epe merupakan makanan khas Makassar yang terkenal gurih. Kata ‘Epe’ memiliki arti ‘jepit’. Dinamakan Pisang Epe karena proses pembuatannya yang dijepit dengan alat khusus terbuat dari kayu. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kapok yang sudah berusia senja, kemudian pisang disajikan dengan saus yang terbuat dari campuran santan, daun pandan, dan gula merah. Biasanya, Pisang Epe dihidangkan dengan tambahan toping seperti susu, nangka, stroberi, coklat, kacang, dan keju.

Jajanan khas Makassar ini bisa kamu temui di sepanjang Pantai Losari.

Baca Juga: Temui Tempat Makan Paling Recommended Melalui Aplikasi Ini

4. Mie Kering

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Memakan mie goreng dan kuah mungkin sudah terlalu biasa, tetapi bagaimana kalau mie kering? Mie Kering benar-benar disajikan secara kering karena proses pengolahannya yang dipanggang. Kemudian, mie disiram dengan kuah kental panas yang sudah tercampur dengan olahan daging ayam, udang, dan sayuran.

Mie kering ini merupakan makanan khas Makassar yang lebih dikenal dengan nama ‘Mie Titi’. Hidangan ini dibuat berdasarkan resep I Fu Mie (makanan tradisional Cina) yang kemudian dikembangkan oleh warga Tionghoa Makassar.

Ada 4 tempat makan Mie Titi yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Mie Titi yang berlokasi di Jalan Boulevard Ruko Rubi II No.25, Masale, Panakkukang.
  • Mie Hengky yang berlokasi di jalan Nusantara No.352, Butung.
  • Mie Anto yang berlokasi di jalan Bali, Pattunuang, Wajo.
  • Yam Mie yang berlokasi di jalan Gn. Merapi No.192, Jalan Arif Rate.

Baca Juga: Cemilan Khas Pontianak Ini Cocok Buat Oleh-oleh

5. Konro Bakar

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Bagi Hinet Lovers yang pencinta daging, maka kamu jangan sampai melewatkan kuliner Makassar yang satu ini. Yap! Konro Bakar di Makassar juga terkenal akan kelezatannya. Salah satu hidangan yang harus dicoba adalah iga bakarnya yang disajikan dengan bumbu kacang spesialnya. Selain itu, kamu juga bisa memesan Sop Konro yang tidak kalah enaknya dan disajikan dengan kuah bening.

Untuk menikmati kuliner Konro ini, ada satu tempat yang sudah sangat legendaris yaitu Kedai Konro Karebosi yang berlokasi di Jalan Gunung Lampo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Makassar.

Baca Juga: Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper

6. Es Pisang Ijo

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Selain Pisang Epe, ada satu hidangan berbahan pisang lainnya yang wajib kamu coba, yaitu Es Pisang Ijo. Makanan khas Makassar ini berbahan dasar pisang raja utuh yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, kemudian diolah dengan cara dikukus. Setelah itu, Pisang Ijo dihidangkan dengan toping tambahan seperti sirop, saus santan, dan es serut.

Ada 2 tempat makan favorit yang menyajikan Es Pisang Ijo, yaitu:

  • RM Muda Mudi yang berlokasi di Jalan Rusa No.45 A, Maricaya.
  • HH Lasinrang Pisang Ijo yang berlokasi di Jalan Lasinrang No.28, Mangkura.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

7. Kapurung

Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

Kapurung adalah kuliner tradisional yang berasal dari daerah Luwu dan Palopo. Berbahan dasar sari tepung sagu, kemudian dimasak dan dicampurkan dengan ikan atau daging ayam serta tambahan sayuran segar. Rasanya pun terbilang sangat khas, karena diberi bumbu khas yang menciptakan rasa asam sekaligus segar.

Ada 2 tempat kuliner Kapurung di Makassar yang bisa kamu coba, yaitu:

  • RM Kapurung Kasuari yang berlokasi di Jalan Kasuari No.2, Kunjung Mae, Mariso.
  • RM Aroma Palopo yang berlokasi di Jalan A. Mappanyukki No.66 C, Mariso. Ruko Mirah 2, Blok D No.2, Pandang, Panakkukang.

Itulah dia 7 kuliner atau makanan khas Makassar yang wajib Hinet Lovers coba bila berkunjung ke sana. Jangan sampai melewatkan ke-7 hidangan Makassar ini ya!

Penutup

Kalau Hinet Lovers ingin internetan dengan nyaman dan cepat juga di Makassar, ada salah satu rekomendasi paket internet paling murah di tahun 2019 ini dari Hinet, yaitu Paket MIFI Super Xtreme.

Dengan membeli paket internet murah ini kamu akan mendapatkan bonus recharge untuk 3x Top Up di awal paket Rp 150.000 dan Rp 225.000 dapat Kuota Utama Ganda.

Kamu juga bisa temukan paket internet rumah dan paket internet unlimited dengan harga yang murah dari HINET di sini >>>

Leave a Reply

* Your email address will not be published.