Hinet Internet Cepat 4G LTE
Hati-Hati! Resiko Pakai FaceApp Bisa Jadi Korban Penyadapan

Hati-Hati! Resiko Pakai FaceApp Bisa Jadi Korban Penyadapan

Hati-Hati! Resiko Pakai FaceApp Bisa Jadi Korban Penyadapan – Di jagat sosial media baru-baru ini tengah heboh dengan tantangan baru dan mengharuskan netizen untuk memposting foto dengan wajah versi oplas. Yap! Tantangan ini dinamakan “Oplas Challenge”. Untuk mengikuti challenge ini, warganet tentunya harus memiliki FaceApp. Aplikasi Faceapp ini menjadi begitu sangat populer di kalangan kaum milenial dan sudah diunduh sebanyak 2 juta kali terpantau di Google PlayStore.

Tantangan yang semakin viral ini membuat para netizen lainnya ikut-ikutan untuk mengunduh FaceApp dan mengaksesnya di Android maupun iPhone. Setelah mengedit-edit wajahnya menjadi versi oplas, mereka juga turut mempostingnya ke sosial media dengan tagar #OplasChallenge. Tidak hanya warganet biasa, para selebriti Tanah Air bahkan internasional pun juga mengikuti tren wajah oplas ini.

Meskipun terlihat menyenangkan dan lucu, ternyata ada juga loh risiko menggunakan FaceApp. Lalu apa saja bahaya menggunakan FaceApp. Berikut akan Hinet kupas lebih dalam dampak negatif FaceApp.

Berdampak Buruk Pada Privasi Pengguna

Kamu perlu tahu, kalau aplikasi besutan Wireless Lab ini mengusung teknologi AI yang dinamakan Facial Recognition System. Dengan teknologi, aplikasi FaceApp mampu membaca wajah si pengguna dengan sangat detail. Maka dari itu efek yang diberikan pada aplikasi ini terlihat sempurna. Teknologi AI ini pun juga memiliki segudang resiko. Di berbagai negara, teknologi ini kerap dimanfaatkan untuk mengidentifikasi wajah seseorang.

Hati-Hati! Resiko Menggunakan FaceApp Bisa Menjadi Korban Penyadapan Gambar

Baca Juga: Mana Metode Kunci Layar Smartphone yang Paling Aman?

Lalu dimana letak bahayanya?

Kamu sudah tahu betul kan dengan kecanggihan teknologi AI Facial Recognition. Ketika wajah si pengguna sudah tertangkap oleh teknologi ini, maka secara otomatis seluruh informasi si pengguna akan tersimpan di database pengembang aplikasi tersebut. Kalau sudah begitu, bisa saja pihak sana memakai wajah kita untuk hal lainnya tanpa seizin kita? Seperti misalnya untuk keperluan komersial perusahaan dan sebagainya.

Hati-Hati! Resiko Menggunakan FaceApp Bisa Menjadi Korban Penyadapan Gambar

Maka dari itu, sangat penting bagi pengguna Android untuk membaca lisensi persetujuan dan ketentuan pemakaian aplikasi FaceApp sebelum menekan “Setuju/Agree”. Kebanyakan pengguna lupa betapa pentingnya lisensi ini. Sehingga mereka hanya sekedar asal tekan “Agree” saja untuk mempercepat proses unduhan.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

Di bawah sini terdapat kutipan selengkapnya:

“Anda memberi FaceApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dibayar penuh, untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, memublikasikan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, memajang karya di hadapan publik, dan menampilkan konten milik Anda dengan nama, nama pengguna, atau bentuk apa pun yang diberikan dalam semua format dan saluran media, tanpa kompensasi kepada Anda”.

“Dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju bahwa konten milik pengguna dapat digunakan untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya mengakui bahwa penggunaan konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai Anda atau orang yang Anda beri wewenang untuk bertindak atas namanya.”

Dengan membaca kutipan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kamu sebagai pengguna FaceApp akan menyerahkan hak atas fotomu itu (foto yang diedit pada aplikasi FaceApp). Jika pihak pengembang aplikasi ini memegang penuh hak atas foto kamu, maka mereka berhak berbuat apapun dengan konten yang sudah kamu kerjakan. Dalam artian untuk keperluan komersial dan sebagainya.

Begitulah resiko menggunakan FaceApp yang harus kamu ketahui. Jadi, saran dari Hinet untukmu yaitu selalu bijak menggunakan aplikasi. Bacalah terlebih dahulu lisensi dan ketentuan pengguna sebelum menyetujuinya.

Penutup

Hinet juga ingin merekomendasikan Paket kuota paling murah yang bisa kamu pilih, yaitu Paket Isi Ulang REGULER! Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.