Hinet Internet Cepat 4G LTE
Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar – Indonesia memang kaya akan adat dan budayanya. Di Tanah Air kita memiliki keanekaragaman kebudayaan dan keunikan yang mencirikan daerahnya masing-masing. Sebut saja tarian, makanan, maupun rumah adat. Seperti di Bali misalnya. Kali ini Hinet akan membahas lebih spesifik rumah adat Bali. Ya, rumah adat bali adalah salah satu keberagaman budaya yang masih bertahan orisinalitasnya dari dulu sampai sekarang. Keunikan rumah adat Bali dapat dilihat dari segi arsitekturnya.

Unsur arsitektur pada rumah adat Bali memiliki struktur bangunan yang diwariskan secara turun-temurun. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Bali, rumah adat merupakan miniatur alam semesta yang dapat dijadikan tempat untuk beraktivitas umat manusia. Di Bali, terdapat beberapa rumah adat yang unik dan menyimpan filosofinya sendiri. Maka dari itu daerah ini selalu dibanjiri turis asing dari berbagai negara yang penasaran akan keindahannya.

Lalu ada apa saja sih bagian-bagian di dalam rumah adat Bali yang unik? Yuk langsung saja Hinet Lovers simak di bawah sini ya.

1. Angkul-Angkul

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar - Angkul-Angkul

Ini adalah bagian dari pintu masuk utama tepatnya sebelum masuk ke rumah. Angkul-angkul memiliki fungsi yang sama dengan Gapura Candi Bentar, yaitu sebagai pintu masuk. Namun yang menjadi pembedanya adalah pada Angkul-Angkul terdapat atap. Makna yang tersimpan dalam Angkul-angkul ini merupakan satu kesatuan dengan pekarang rumah yang lain, sehingga sangat diwajarkan jika meletakan Angkul-angkul berhadapan dengan rumah. filosofi yang terkandung juga bagaikan manusia tidur terlentang kedua sisinya adalah seimbang.

Baca Juga: Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini

2. Bale Manten

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar - Bale Manten

Bagian ruang tidur kepala keluarga, anak gadis, ataupun pasangan kekasih yang baru saja menikah. Menurut filosofi yang di dapat dalam rumah adat ini, mereka percaya bahwa tidak perlu terlalu kaku dalam menjalani kehidupan dan tingkat keselerasan hidup masyarakat Bali menjadi kenyataan. Orang-orang yang menempati rumah tersebut diharapkan bisa hidup harmonis dan damai.

Baca Juga: Lihat Pesona Malam Bali Melalui Objek Wisata Ini

3. Aling-Aling

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar - Aling-Aling

Bagian pembatas antara Angkul-Angkul dengan pekarangan. Bangunan ini pun diyakini oleh masyarakat Bali dapat memberikan aura positif. Mereka juga percaya Angkul-angul dan Aling-aling merupakan satu kesatuan dari penetralisir dari aura negatif.

Baca Juga: Souvenir Bali Yang Cocok Buat Oleh-Oleh

4. Pura Keluarga

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar - Pura Keluarga

Layaknya Pura pada umumnya, Pura Keluarga memiliki fungsi sebagai tempat berdoa atau ibadah. Pura Keluarga disebut juga dengan bangunan Pamerajan.

Baca Juga: 5 Cafe Cantik Paling Hits Di Bali

5. Jineng atau Klumpu

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar - Jineng

Bangunan setinggi dua lantai yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan. Di lantai bawah digunakan untuk menyimpan padi yang belum kering. Sedangkan di lantai atas untuk menyimpan padi yang sudah kering.

Baca Juga: Paket Internet Rumah, Home Sweet Home

6. Paon atau Paweregen

Rumah Adat Bali, Filosofi Lengkap Berserta Gambar - Paon

Ruangan untuk mengolah masakan, atau bisa juga disebut dengan dapur.

Itulah dia bagian dari rumah adat Bali. Unik-unik kan Hinet Lovers. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bali, silahkan kamu liat secara langsung keunikan dari rumah adat di sana. Sebagai pelengkap, supaya dapat terus update dan internetan dengan puas di Bali, kamu bisa memilih Paket Internet Unlimited dari Hinet. Mulai dengan harga Rp 35.000 saja kamu sudah bisa internetan! Dapatkan juga paket internet murah lainnya dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.