Hinet Internet Cepat 4G LTE
Saring Berita Hoaks dengan 3 Aplikasi Ini, Buatan Indonesia

Saring Berita Hoaks dengan 3 Aplikasi Ini, Buatan Indonesia

Saring Berita Hoaks dengan 3 Aplikasi Ini, Buatan Indonesia – Berita hoaks memang dapat merugikan satu pihak atau bahkan satu kelompok. Untuk itu pemerintah berusaha membuat undang-undang ITE yang berfungsi mencegah penyebaran berita hoaks. Masyarakat Indonesia yang juga melek dengan kondisi ini, membantu pemerintah dengan membuat aplikasi pendeteksi berita hoaks. Berikut aplikasi penangkal hoaks buatan orang Indonesia:

Saring Berita Hoaks dengan 3 Aplikasi Ini, Buatan Indonesia

Baca Juga: Tips Cara Menghindari Berita Hoaks

1. Hoax Buster Tool

Komunitas asal Yogyakarta yang bernama Komunitas Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) meluncurkan aplikasi penangkal hoaks bernama Hoax Buster Tool (HBT). Cara cek berita hoaks di aplikasi ini juga cukup mudah, yaitu pengguna hanya menyalin suatu berita yang ingin dilihat ke dalam search di tool Google. Mafindo sendiri telah lama bekerja sama dengan Google untuk menyukseskan proses peluncuran aplikasi pendeteksi berita hoaks HBT ini. Semua halaman sudah dilakukan verifikasi sehingga aman dari berita hoaks.

Baca Juga: Dampak Negatif Berita Hoaks Bagi Remaja

2. Anti Hoax

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menjadi solusi terbaik sebagai penangkal hoaks. Peluncuran aplikasi ini tidak lain untuk meminimalisasi adanya berita hoaks dan sebagai pengaduan bagi masyarakat Indonesia yang mengetahui jika ada berita palsu. Selain itu, Anti Hoax juga memiliki tujuan untuk mencegah adanya perpecahan antar masyarakat akibat adanya berita hoaks. Kamu bisa langsung mengunduhnya di Google Store atau AppStore gadget-mu.

Baca Juga: Cara Mudah Belanja Produk Hinet Di Shopee

3. Kec-Hoax

Aplikasi pendeteksi berita hoaks yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Kec-Hoax. Awal mulanga aplikasi ini berisi pertanyaan yang bersumber dari www.thenewliteracyproject.org. Aplikasi ini akan memberikan 17 pertanyaan kepada penggunanya yang diambil dari 10 pertanyaan pendeteksi konten hoax. Jika hasil dari presentasi tersebut negatif maka bisa dipastikan bahwa berita yang diperoleh adalah Hoaks.

Cara praktis lainnya untuk mengidentifikasi berita hoaks adalah dengan melihat sumber beritanya. Biasanya berita-berita dari institusi media yang terdaftar di Dewan Pers seperti detik.com, kompas.com, dan metrotv.com dianggap memberikan berita terpercaya. Kalau Hinet Lovers ingin menikmati serunya internetan yang murahnya anti hoaks, kamu bisa pakai Paket Internet Unlimited dari Hinet. Untuk mulai internetan murah unlimited yang awet sebulan, kamu bisa cek di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.