Hinet Internet Cepat 4G LTE
Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu

Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu

Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu – Mencari sebuah pekerjaan merupakan salah satu tahap yang tidak akan pernah terlewati oleh setiap orang. Beribu-ribu orang berlomba untuk menempati kursi kosong di dalam sebuah perusahaan. Biasanya, para pelamar tersebut mengetahui posisi kosong dari situs lowongan kerja yang sudah terpercaya. Bahkan di zaman yang sudah serba digital ini, juga beredar akun-akun khusus lowongan kerja seperti di sosial media ataupun platform digital lainnya. Akan tetapi, kamu harus tetap berhati-hati nih Hinet Lovers. Pasalnya, tidak semua lowongan yang tersedia bersifat asli. Ada juga lowongan kerja yang HOAX yang tentunya akan menjebak kamu. Supaya kamu tidak menjadi korban, kenali beberapa ciri-ciri lowongan kerja palsu atau HOAX berikut ini.

1. Tawaran Gaji Yang Fantastis

Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu - Tawaran Gaji Yang Fantastis

Fitrah manusia pasti tidak pernah memalingkan matanya jika melihat nominal gaji yang menggiurkan. Hal ini wajib kamu waspadai. Pasalnya, sangat jarang perusahaan yang terlalu baik memberikan gaji yang tinggi padahal posisi yang ditawarkan hanyalah staff biasa. Menaruh jumlah yang tinggi adalah strategi para penipu agar dapat mendapatkan mangsanya. Normalnya, kebanyakan perusahaan menutup rapat-rapat informasi mengenai gaji yang didapat, serta benar-benar sudah memberikan jumlah nominal yang sesuai dengan kualifikasi, bidang dan jabatannya. Maka dari itu, kamu perlu meriset dan menggali informasi tentang nominal gaji rata-rata untuk suatu profesi.

Baca Juga: Pekerjaan Kekinian yang Bisa Dilakukan Dimana Saja

2. Di Website Asli Tidak Terpampang Lowongan Yang Ada Di Situs Loker

Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu - Di Website Asli Tidak Terpampang Lowongan Yang Ada Di Situs Loker

Seperti yang kamu ketahui, informasi mengenai lowongan kerja tidak hanya diunggah pada situs loker atau sosmed saja loh. Biasanya informasi lowongan juga tertera pada website asli dan akun sosial media resmi dari perusahaan tersebut. Nah, pada website itu terdapat laman khusus yang membahas seputar lowongan (job opportunities) ataupun karir (career). Sedangkan pada akun sosial media sudah pastinya admin mengunggah postingan lowongan yang benar-benar dibutuhkan perusahaan saja. Jika menemukan lowongan di situs lain atau di akun sosmed khusus loker ada baiknya kamu juga mengeceknya pada website asli dari perusahaan itu. Siapa tahu lowongan yang kamu lihat itu hanya “fiktif belaka”.

Baca Juga: Pekerjaan Paling Cocok untuk Generasi Milenial Zaman Now. Ada yang Sampai Sampai 80 Juta!

3. Alamat Tempat dan Email yang Asal

Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu - Alamat Tempat dan Email yang Asal

Modus penipuan selanjutnya yaitu pada alamat, entah itu alamat lokasi maupun email. Biasanya, si penipu akan menuliskan alamat yang jauh dari domisili sang mangsa. Selain itu, alamat yang tertera akan mengarah ke tempat yang berbeda, dalam artian kantor yang bukan milik dari perusahaan yang asli. Nah, kalau pada alamat email, biasanya si penipu menggunakan domain email gratisan seperti @gmail.com, @yahoo.com, @hotmail.com dan berusaha untuk memiripkannya dengan alamat email perusahaan yang asli. Tidak sedikit juga orang-orang yang terkecoh. Padahal aslinya perusahaan akan menggunakan domain seperti “nama perusahaan @ .com”, “nama rekruter@nama perusahaan.co.id”, dan sebagainya. Alangkah baiknya, kamu mengecek terlebih dahulu di website dan akun resmi dari perusahaan yang kamu incar. Apakah alamatnya benar-benar sesuai, ada atau tidak.

Baca Juga: Hinet Telah Hadir di 5 Kota Baru di Indonesia

4. Minta Bayaran

Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu - Minta Bayaran

Nah ini, belum juga jadi pegawai tapi sudah disuruh memberikan bayaran. Padahal juga belum tentu diterima kan. Biasanya mereka akan mengkaitkan bayaran dengan biaya administrasi dan sejenisnya. Hinet Lovers, sebenarnya tidak pernah ada ya perusahaan-perusahaan yang memberi syarat untuk membayar ketika sedang interview. Jikalau ada, itu sudah pasti penipuan. Logikanya, “masa iya sebuah perusahaan tidak punya biaya untuk keperluan administrasi?”

Jadi itulah beberapa ciri lowongan pekerjaan HOAX alias lowongan kerja palsu yang harus kamu hindari. Jangan sampai kamu menjadi korban dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tingkatkan kewaspadaanmu. Terus semangat dan semoga beruntung dalam berkarir ya! Jangan lupa untuk mengaktifkan Paket Unlimited Hinet agar internet lebih mudah dan lancar. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.