Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

Sejarah perkembangan Internet di Dunia - Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun terus memiliki perkembangan maju. Salah satu perkembangan teknologi yang kemajuannya cukup pesat adalah internet. Hinet lovers mungkin pernah merasakan sulitnya komunikasi saat belum menggunakan internet. komuikasi menjadi lebih sulit kalau jaraknya cukup jauh.

Setelah kemunculan internet bagi pengguna telepon seluler, komunikasi menjadi lebih mudah. Perkembangannya pun bertahan, mulai dari komunikasi mengirimkan suara sampai sekarang bisa bertatap muka. Dari perkembangan jaringan internet tersebut, apakah Hinet lovers tahu generasi-generasinya? Berikut ini penjelesan mengenai generasi jaringan seluler.

1. First Generation (1G)
Generasi pertama dari jaringan seluler ini menjadi awal mula dari berkembangnya jaringan seluler. Karena jaringan ini masih awal maka jaringan seluler 1G masih sederhana. Jaringan seluler ini masih dapat digunakan untuk komunikasi suara. Perkembangannya dimulai pada 1981 di Jepang dan penggunanya pun masih sedikit.

2. Second Generation (2G)
Kalau generasi kedua ini cukup terkenal dan masih beroperasi sampai sekarang. Nama beken dari jaringan ini adalah Global System for Mobile communications (GSM). Hayo kamu tahu gak kalau GSM ternyata nama lain dari 2G? Awalnya 2G hadir pada 1991 di Finlandia. Awalnya dengan jaringan ini kamu bisa mengirim SMS sampai MMS, jadinya mempermudah berkomunikasi jarak jauh.

3. Third Generation (3G)
Generasi ketiga sepertinya menjadi jaringan paling terkenal. Bukan hanya terkenal, tapi banyak perubahan yang diberikan 3G. mulai dari kecepatan internet sampai kemudahan komunikasi seperti video call dan juga streaming. Namun tidak lama hadir, perkembangan jaringan terus maju. Sampai akhirnya muncul 3,5G, 3.75G, dan sampai di 4G.

Baca juga : Awasi Penggunaan Smartphone Anak Dengan Aplikasi Ini

4. Fourth Generation (4G)
Kehadiran jaringan ini menjadi penantian orang-orang. Dikatakan menjadi jaringan paling cepat yang ada sudah pasti menjadi daya tarik bagi banyak orang. Selain itu awal kemunculannya tidak semua telepon seluler dapat menggunakannya, hingga saat ini sudah banyak yang bisa menggunakannya. Banyak provider menggunakan 4G sebagai bahan penjualannya, salah satunya Hinet. Jaringan 4G yang luas dan juga cepat membuat pengguna telepon pintar mudah dalam berkomunikasi.

5. Fifth Generation (5G)
Isu akan kemunculan jaringan ini menjadi penantian bagi banyak orang. Walaupun masih pada proses pengembangan, namun sudah dinantikan banyak orang. Selain itu 5G dikatakan akan menjadi jaringan paling cepat yang ada. Lalu fakta lainnya mengatakan jaringan ini dikembangkan oleh vendor teknologi ternama dunia. Jadi penasaran dengan kehadirannya nanti ya.

Baca juga : Suka Nyasar? Aplikasi ini Cocok Buat penunjuk Jalan!

Bagai mana Hinet lovers sudah tahu kan mengenai perkembangan jaringan seluler yang selama ini kita gunakan? Kalau kamu adalah seseorang yang membutuhkan jaringan seluler cepat, saat ini masih sampai di 4G saja. Internet cepat 4G yang diberikan Hinet dijamin membuat kamu tidak ketinggalan informasi deh. Kamu bisa menggunakan untuk kerja, mengerjakan tugas sekolah, nonton fil, atau bermain game pasti bisa dengan Hinet. Makanya yuk cepetan pakai internet cepat dari Hinet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *