Hinet Internet Cepat 4G LTE

Sejarah Perkembangan Jaringan 1G Sampai 5G, Ternyata Ada 0G

Sejarah Perkembangan Jaringan 1G Sampai 5G, Ternyata Ada 0G – Pengguna smartphone tentunya sudah tidak asing lagi dengan huruf “G” dan simbol jaringan yang sering muncul di layar smartphone. Simbol tersebut adalah perbandingan jaringan yang sekarang sedang digunakan oleh handphone-mu. Sebenarnya ada bermacam-macam jenis jaringan. Namun, telepon seluler yang baik bisanya sudah menggunakan huruf “G”. Akan tetapi, Hinet Lovers pernah mengetahui bagaimana perkembangan 1G, 2G, 3G,4G sampai yang terbaru 5G? Perlu Hinet Lovers ketahui bahwa dahulu pernah ada jaringan 0G loh. Nah, berikut ini Hinet Lovers punya fakta menarik mengenai sejarah 0G sampai 5G.

1. 0G

Generasi awal 0G adalah perkembangan dari awal mulanya penggunaan jaringan. Biasanya digunakan oleh radio khusus dengan jangkauan yang terbatas dan hanya disambungkan dengan jaringan telepon umum yang biasa. Awal mulanya perkembangan 0G hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan suara saja. Teknologi ini mulai berkembang pada awal tahun 1947.

2. 1G

Setelah generasi 0G dimodifikasi kembali, pada tahun 1970 mulailah diperkenalkan generasi baru yaitu 1G. Jaringan 1G mulai dikelola dengan serius untuk ponsel. Generasi 1G tidak hanya mengirimkan suara saja tetapi sudah bisa mengirimkan pesan singkat berbasis teks kepada pengguna ponsel 1G lainnya. Inilah generasi jaringan pertama yang digunakan untuk telepon seluler.

Baca Juga: Ingin Tahu Kenapa Hari Minggu Menjadi Hari Libur? Cari Tahu di Sini

3. 2G

Setelah ditemukan berbagai kemudahan lainnya pada awal tahun 1990 muncullah teknologi jaringan seluler digital yang jauh lebih canggih dari pada teknologi 1G yang dahulu. Meskipun kemudahan yang ditawarkan juga masih sebatas mengirim suara dan pesan teks tetapi kualitas yang diberikan lebih unggul. Suara yang lebih jernih, mengirim pesan dengan kecepatan yang lebih pesat bahkan dilengkapi dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Sejarah Perkembangan Jaringan 1G Sampai 5G, Ternyata Ada 0G

4. 3G

Pada awal tahun 2001 keluarlah perkembangan kualitas sinyal yang lebih baik lagi dari 2G yaitu 3G. Kualitas 3G terletak pada kecepatan transfer datanya sampai 144kbps-2Mbps. Kelebihan yang diberikan dari 3G adalah memiliki suara yang lebih bagus daripada 2G, keamanan yang terjamin, bahkan 3G adalah jaringan pertama yang bisa digunakan untuk mengakses internet.

Baca Juga: Fakta Penemuan Alat Makan, Dulunya Sendok Adalah Benda Sakral

5. 4G dan 4G LTE

Tekonologi lain yang semakin berkembang mengenai jaringan network adalah teknologi 4G. Kemunculannya sudah bisa dirasakan oleh masyarakat pada sekitar tahun 2014.  Kemampuannya tentu berbeda dari 3G. Teknologi 4G bisa membantu penggunanya mengunduh file atau film yang berkapasitas 6GB hanya dalam waktu 6 menit saja. Kemudian pada tahun 2016 perkembangannya semakin pesat sampai muncul 4G LTE. Muncul tiga pendekatan yang dilakukan oleh LTE yang lebih berkembang lagi. Yakni di antaranya adalah pendekatan ponsel bekerja sebagai LTE dan circuit switching secara bersamaan. Akan tetapi hanya pengguna ponsel yang cenderung mahal saja yang bisa menggunakan pendekatan ini.

6. 5G

Teknologi generasi yang saat ini akan segera berkembang adalah 5G. Recananya pengenalan generasi ini akan mulai dari tahun 2020 mendatang. Meskipun belum berkembang sepenuhnya di seluruh dunia, namun teknologi 5G sudah mulai diterapkan di Korea Selatan pada tahun 2017 lalu loh, Hinet Lovers. Perkembangan 5G diprediksi bisa mentransfer data dari satu gadget ke gadget lain dengan kecepatan satu mili perdetik loh, Hinet Lovers. Sudah kebayang bagaimana kecepatan jaringan generasi 5G ini?

Jika ditarik kesimpulan, perkembangan dari 0G hingga 5G yang paling menonjol adalah dari segi kecepatan dalam pengiriman data. Semakin ke sini, semakin cepat proses kita dalam bertukar informasi ke seluruh dunia. Nah, kalau ingin menikmati internet cepat dengan jaringan 4G LTE, Hinet Lovers bisa menggunakan Mifi 4G dari Hinet loh. Tunggu apa lagi? Kamu bisa cek di sini >>> Hinet 4G LTE

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

Leave a Reply

* Your email address will not be published.