Hinet Internet Cepat 4G LTE
Sering Melihat Pohon Tumbang di Kota Besar? Ini Penyebabnya

Sering Melihat Pohon Tumbang di Kota Besar? Ini Penyebabnya

Sering Melihat Pohon Tumbang di Kota Besar? Ini Penyebabnya – Mulai memasuki musim hujan, sering kali kita melihat pohon besar yang tumbang di jalanan. Pohon besar cenderung rentan tumbang di kota besar. Dikhawatirkan akan menimpa orang atau kendaraan yang melintas di dekatnya. Sebelum mencegah pohon tumbang, yuk kita ketahui terlebih dahulu penyebabnya.

1. Batang Pohon Lunak

Pohon besar tentunya memiliki akar yang besar dan kuat. Meskipun demikian, batang pohon juga menjadi salah satu penyebab kenapa pohon mudah tumbang. Akibat akar pohon tertanam di bawah aspal, akar menjadi tidak mampu menyerap air ke dalam tubuhnya karena tubuh bawah pohon telah melunak akibat aliran air. Batang pohon pun menjadi lebih rapuh. Masyarakat sekitar harus peka dan senantiasa memperhatikan kondisi fisik batang pohon yang tertanam di koridor jalanan.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Bau Durian Bikin Mabuk, Begini Mengatasinya

2. Penyumbatan Akar

Masih berkaitan dengan poin pertama, penyebab pohon rentan tumbang dikarenakan akar mengalami ketersumbatan oleh aspal. Batang pohon menjadi melemah dan mempercepat proses kerusakan batang pohon sampai tumbang atau patah. Cara kita peduli terhadap kesehatan tubuh pohon adalah dengan tidak mengikatkan sesuatu yang tajam atau menancapkan paku. Bahkan memasang spanduk atau benda yang besar bisa menghalangi suplai oksigen bagi pohon itu sendiri.

Sering Melihat Pohon Tumbang di Kota Besar? Ini Penyebabnya

Baca Juga: Terjawab: Alasan Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat

3. Ukuran Pohon dan Akar Tidak Seimbang

Sebenarnya, pemotongan cabang pohon yang sudah besar perlu juga dilakukan. Hal ini dikarenakan ukuran pohon dan akar harus seimbang. Jika pohon terlalu besar, akar tidak kuat menahan pohon yang sedang menghadapi angin kencang. Di satu sisi, pemotongan cabang pohon tidak boleh berlebihan. Bila ada banyak cabang dan ranting yang dipotong berlebihan akan menyebabkan akar tidak berfungsi dengan baik sehingga terjadi pembusukan.

Baca Juga: Langkah Mudah Isi Ulang Paket Data Hinet

4. Tanah Kurang Subur

Tanah yang kurang subur juga bisa menjadi penyebab pohon mudah tumbang. Biasanya tanah yang kurang subur akan kesulitan menampung air sehingga akar juga mengalami kekurangan air untuk dikirim ke batang pohon. Memperhatikan kondisi tanah harus rutin dilakukan juga.

Pemeliharaan pohon secara rutin wajib dilakukan untuk menghindari pohon tumbang yang membahayakan. Kondisi tanah dan lingkungan sekitar pohon juga wajib diperhatikan. Kalau kamu menggunakan Modem Home Router dari Hinet, browsing internet akan lancar terus karena sinyalnya enggak bakal tumbang. Home Router dari Hinet bisa digunakan bersama-sama hingga 30 pengguna. Apabila kamu ingin menikmati kemudahan internet unlimited dengan banyak akses dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.