Hinet Internet Cepat 4G LTE
Setelah Baca Manfaat Ini Kamu akan Suka Menulis dengan Tangan

Setelah Baca Manfaat Ini Kamu akan Suka Menulis dengan Tangan

Setelah Baca Manfaat Ini Kamu akan Suka Menulis dengan Tangan – Di tengah kemajuan perangkat gadget, orang-orang kini lebih sering swipe di layar gadget atau mengetik qwery di keyboard. Penurunan kemampuan anak dalam menulis dengan tangan, telah menjadi perhatian khusus di berbagai negara, termasuk negara maju seperti Inggris dan Amerika.

Sebuah penelitian akademis di Inggris menemukan adanya tren penurunan pada kualitas menulis siswa semenjak diberlakukannya ujian menggunakan laptop ketimbang menulis di kertas menggunakan pensil atau pulpen.

Kemampuan menulis dengan tangan membutuhkan latihan secara rutin agar terus berkembang baik. Itulah sebabnya menulis dengan tangan memiliki manfaat baik bagi kinerja otak. Berikut ini di antaranya manfaat menulis dengan tangan bagi kecerdasan otak kita.

1. Meningkatkan Kerja Otak

Menulis dengan tangan dipercaya lebih banyak memicu bagian pada otak lebih aktif bekerja ketimbang mencatat menggunakan keyboard. Yakni meningkatkan kemampuan motorik. Manfaat kemampuan motorik yang lebih aktif ini sama halnya jika kamu rajin berolahraga. Sering melatih kemampuan motorik sangat bermanfaat bagi perkembangan otak.

Baca Juga: Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Meningkatkan Kecerdasan Otak

2. Mengurangi Stres

Membiasakan menulis kalimat-kalimat motivasional dipercaya dapat menenangkan otak, terutama bagi yang memiliki masalah untuk berkonsentrasi. Cobalah menulis kalimat seperti “saya akan baik-baik saja” setidaknya 20 kali sehari. Langkah ini dipercaya dapat menciptakan perasaan damai dan kalem.

Setelah Baca Manfaat Ini Kamu akan Suka Menulis dengan Tangan - Meningkatkan Kerja Otak

3. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Sebuah studi membuktikan, siswa yang mencatat dalam buku catatannya lebih mudah paham terhadap penjelasan guru dan mengingat yang dicatatnya. Kecepatan mencatat lebih cepat dan materi yang dicatat lebih lengkap ketimbang jika mendengarkan sambil mengetik di keyboard.

Baca Juga: Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk

4. Memperkuat Memori

Tindakan menggerakkan pensil di atas kertas berfungsi mengaktifkan area pada otak yang membantu seseorang meningkatkan fokus dan perhatian. Menulis dengan tangan adalah kegiatan yang berfungsi melenturkan otak, sehingga menjaga ketajaman kinerja otak kita.

Nah, tidak ada salahnya juga mengetik menggunakan keyboard. Namun, kamu merasakan sendiri bukan, ketika ujian esay lebih enak menulis panjang dengan tulisan tangan, kan.  Cobalah untuk sering-sering mencatat pelajaran di sekolah dengan tulisan tangan. Kemudian coba share di kolom komentar di bawah ini, apakah kamu merasakan adanya perbedaan? Jangan lupa menggunakan modem wifi dari Hinet ya, supaya internetan lancar terus.

Baca Juga: Pengertian dan Tips Memilih Mifi

Leave a Reply

* Your email address will not be published.