Hinet Internet Cepat 4G LTE
Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya

Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya

Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya – Dalam rangka memajukan negara Indonesia melalui pembangunan, berbagai inovasi dan proyek baru mulai dilakukan. Pemerintah kini menerapkan berbagai program baru di berbagai kota, salah satunya adalah smart city atau kota pintar. Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan Indonesia bisa lebih berintegrasi dengan teknologi guna memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas publik di setiap daerah. Nah apa saja ya, penerapan smart city yang sudah ada di beberapa daerah di Indonesia? Hinet punya beberapa daftarnya sebagai berikut.

1. Aplikasi Denpasar Sightseeing

Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya - Denpasar Sight Seeing

Kota Denpasar, Bali memang sudah terkenal dengan objek wisata yang melimpah. Bahkan mata dunia mengenal Bali dari kencantikan alam dan budayanya. Melalui kecantikannya inilah pemerintah juga memaksimalkan untuk kenyamanan dan kemudahan wisatawan. Salah satu caranya adalah dengan membuat aplikasi sightseeing. Seightseeing Denpasar merupakan aplikasi berbasis android yang berfungsi sebagai sarana informasi bagi wisatawan. Melalui  aplikasi ini, wisatawan bisa mendapatkan beragam informasi tentang tempat wisata, kuliner, hingga budaya Bali.

2. Smart Card

Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya - Smart Card

Selanjutnya datang dari smart card yang telah di-launching di Makassar dan Pekanbaru nih, Hinet Lovers. Telah disediakan lebih dari satu juta kartu untuk masyarakat. Kartu ini juga memiliki fungsi untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Dengan kehadiran kartu ini diharapkan masyarakat menjadi senang menabung karena juga bisa menyimpan saldo. Khusus di Makassar, Smart Card bisa memudahkan orang tua memantau kegiatan anak di sekolah. Karena kartu ini akan terbaca melalui alat pembaca khusus yang tersimpan pada sejumlah tempat seperti pintu masuk sekolah, perpustakaan, bahkan kantin sekolah. Alat itu yang nantinya mencatat transaksi apa saja yang telah dilakukan siswa menggunakan smart card tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Maps Untuk Pengguna Android

3. Home Care

Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya - Home Care

Kemudahan lain datang dari dunia kesehatan nih, Hinet Lovers. Pemerintah Kota Makassar telah menawarkan proyek baru bertajuk home care kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya. Sekarang masyarakat Makassar tidak perlu repot-repot lagi datang dan antre ke rumah sakit karena sudah ada kemudahan dari pelayanan kesehatan di rumah. Puskesmas-puskesmas penyelenggara program akan memberikan pelayanan langsung ke rumah warga. Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan menghubungi call center puskesmas terdekat.

4. Taman Digital

Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya - Taman Digital

Jika dulu kita mengenal taman hanya untuk bermain saja maka sekarang sudah berbeda Hinet Lovers. Kamu sudah bisa mengakses internet di taman yang diresmikan sebagai taman digital. Taman digital merupakan taman yang dilengkapi sarana dan prasarana edukasi yang baik. Kamu juga bisa mencari informasi dengan gratis di taman digital. Sekarang ini taman digital sudah bisa ditemukan di beberapa kota seperti di Bali ada Taman Lumintang, serta di Makassar dan Pekanbaru.

Baca Juga: Dampak Negatif Berita Hoaks Bagi Remaja

5. Pendaftaran Perizinan Online

Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya - Pendaftaran Perizinan Online

Salah satu kemudahan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat adalah mengenai pendaftaran perizinan. Sekarang ini untuk masyarakat yang ingin mengurus perizinan tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor. Semuanya bisa dilakukan lewat rumah masing-masing melalui jaringan online. Semua pendaftaran bisa dilakukan secara online, mulai dari perizinan membuka usaha, membuka praktik dokter umum, dokter gigi, dan masih banyak lainnya. Kota yang sudah menerapkan program ini di antaranya adalah Kota Pekanbaru dan Kota Denpasar.

Nah, apakah di kotamu juga sudah ada fasilitas smart city? Share di kolom komentar ya, siapa tahu teman-teman bisa saling berbagi inspirasi untuk bisa diterapkan juga di kotanya. Kalau Hinet Lovers tidak mau kalah dari taman digital yang telah menyediakan jaringan intenet, kamu bisa menggunakan Mifi dari Hinet yang bisa digunakan bersama 10 user bareng-bareng. Lebih ramai, lebih seru, bukan?

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

Leave a Reply

* Your email address will not be published.