Hinet Internet Cepat 4G LTE
Soegondo Djojopuspito, Tokoh Sumpah Pemuda Yang Tidak Banyak Diketahui

Soegondo Djojopuspito, Tokoh Sumpah Pemuda Yang Tidak Banyak Diketahui

Soegondo Djojopuspito, Tokoh Sumpah Pemuda Yang Tidak Banyak Diketahui – Berbicara tentang Sumpah Pemuda, sosok penting yang paling diingat orang adalah Mohammad Yamin, W. R. Soepratman atau bahkan Sie Kong Liong yang rumahnya kini menjadi Museum Sumpah Pemuda di Jakarta Pusat. Tapi pernahkah Hinet Lovers mengetahui salah satu tokoh Sumpah Pemuda yang bernama Soegondo Djojopuspito? Namanya memang tidak sepopuler Moch. Yamin, akan tetapi keterlibatannya pada kelahiran Sumpah Pemuda sangat berpengaruh loh, Hinet lovers. Yuk, kali ini Hinet ingin mengajak Hinet Lovers mengenal lebih jauh bapak bangsa Soegondo Djojopuspito.

1. Riwayat Hidup Soegondo Djojopuspito

Soegondo Djojopuspito, Tokoh Sumpah Pemuda Yang Belum Banyak Diketahui - Riwayat Hidup Sugondo

Soegondo Djojopuspito lahir pada tanggal 22 Februari 1905 di Tuban, Jawa Timur. Terlahir dari keluarga sederhana dengan seorang ayah yang berprofesi sebagai penghulu dan mantri juru tulis desa di Tuban, tidak membuatnya putus semangat. Sewaktu Soegondo Djojopispito kecil, ibunya mengalami sakit-sakitan yang parah dan meninggal dunia. Hal ini yang kemudian membuat ayahnya pindah ke Brebes untuk menjadi lurah kemudian menikah lagi. Soegondo disekolahkan pertama kali di sekolah dasar HIS di Tuban selama tujuh tahun pada 1911 sampai 1918. Kemudian pada tahun 1919 pindah ke Surabaya dan melanjutkan pendidikan di MULO selama tiga tahun dari 1919 sampai 1922. Selanjutnya pada tahun 1922 melanjutkan ke sekolah AMS Afdeling B di Yogyakarta pada tahun  1922 sampai tahun 1925. Perjalanan hidup Soegondo Djojopuspito sangat berpengaruh terhadap Kemerdekaan Indonesia. Sayangnya perjuangannya terhenti ketika ajal menjemputnya pada 23 April 1973 di Yogyakarta.

Baca Juga: Memaknai Sumpah Pemuda dengan Cara Kekinian

2. Peran Penting Soegondo Djojopuspito Dalam Kongres Pemuda

Soegondo Djojopuspito, Tokoh Sumpah Pemuda Yang Belum Banyak Diketahui. - kongres pemuda 2

Jiwa nasionalisme yang tertanam dalam dirinya mendorong Soegondo untuk bergabung bersama PPI (Persatuan Pemuda Indonesia). Sementara pemuda lain kebanyakan memilih bergabung dengan organisasi yang bersifat kedaerahan. Pada tahun 1926, saat Kongres Pemuda I Soegondo cukup aktif dan memiliki ide-ide baru yang cerdas, sehingga diangkat menjadi ketua panitia Kongres Pemuda II atas persetujuan Moch. Hatta dan Ir. Soekarno hingga lahirnya Sumpah Pemuda. Salah satu faktor yang membuat Ir. Soekarno dan Moch. Hatta menyetujuinya menjadi Ketua Kongres Pemuda II adalah karena Soegondo adalah anggota PPI yang sangat berpengaruh di dalam organisasi tersebut. Kongres Pemuda 1982 dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1982 di Jakarta dan membuahkan hasil Sumpah Pemuda yang berisikan: Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa.

Baca Juga: Fakta Sumpah Pemuda yang Perlu Kamu Tahu

3. Prestasi Yang Dicapai

Soegondo Djojopuspito, Tokoh Sumpah Pemuda Yang Belum Banyak Diketahui. - wisma sugondo

Diketahui memiliki berbagai peran penting dalam pembangunan Indonesia, tak heran jika Soegondo memperoleh banyak prestasi kehormatan. Di antaranya adalah pada tahun 1978 mendapatkan Bintang Jasa Utama (Bintang medali sipil yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia) atas jasanya pada saat memimpin Kongres Pemuda II. Selanjutnya pada tahun 1992 ia juga mendapatkan Satya Lencana Perintis Kemerdekaan. Selain itu, pada tanggal 18 Juli 2012 namanya diabadikan pada gedung pertemuan pemuda yakni Wisma Soegondo Djojopoespito di Cibubur. Gedung itu yang biasa digunakan menjadi lokasi pelatihan bagi para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Demikian beberapa fakta dari Soegondo Djojopuspito. Kini Hinet Lovers sudah tahu ya, siapa Ketua Kongres Sumpah Pemuda. Hinet Lovers dapat mencari tahu berbagai informasi menarik seputar sejarah dan semangat Sumpah Pemuda berikutnya dengan cara mengakses internet menggunakan Paket Unlimited dari Hinet, yah.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

Leave a Reply

* Your email address will not be published.