Hinet Internet Cepat 4G LTE
Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya – Sama seperti manusia, smartphone pun juga perlu kamu rawat dengan betul agar tidak terjangkit oleh “penyakit” yang tidak diinginkan. Umumnya, kondisi smartphone menjadi tidak sehat karena disebabkan oleh adanya virus “malware”. Bagi yang belum paham malware itu apa, malware adalah singkatan dari Malicious Software yang berarti suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem. Maka dari itu, bisa berbahaya kalau smartphone terjangkit oleh virus semacam ini. Lalu, bagaimana cara menghindari malware berbahaya? Untuk lebih jelasnya, berikut akan Hinet jelaskan bagaimana cara mencegah virus Android untukmu.

Sebelum sampai pada tahap cara mencegah, kamu juga perlu tahu dulu ciri-ciri smartphone ketika sudah terjangkit virus malware:

  • Performa Smartphone Menurun

Ketika virus malware sudah menyebar ke beberapa sistem, kondisi smartphone akan berubah dalam hal performanya yang menjadi lebih lambat.

  • Baterai Menjadi Boros

Sebetulnya mengatasi baterai yang cepat habis dapat teratasi dengan berbagai cara untuk menghemat baterai. Akan tetapi, jika cara tersebut sudah diterapkan namun kondisi baterai tetap boros, maka sudah pasti biang keladinya adalah virus malware.

  • Sinyal Sering Menghilang

Hilangnya sinyal atau kondisi sinyal buruk karena faktor SIM atau provider itu adalah hal yang lumrah dan sudah menjadi biasa. Namun, ketika kondisi jaringan tiba-tiba buruk padahal kamu sedang berada di lokasi yang penuh sinyal, maka itu pertanda bahwa smartphone sudah terjangkit virus malware.

  • Kuota Internetet Cepat Habis

Virus malware dirancang untuk menyusup dan mencuri seluruh data mangsanya. Ketika data sudah berhasil dicuri, maka tugas malware selanjutnya ialah mengirim data-data itu melalui internet dan menyebabkan kuota tergerus habis dengan cepat.

Cara Menghindari Malware Berbahaya:

Sekarang masuk kepada pembahasan. Jika kamu tidak ingin smartphone mengalami hal-hal yang sudah Hinet share di atas, maka Hinet Lovers wajib mengikuti cara menghindari virus Android berikut ini:

1. Waspada Wifi Publik

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya - waspada wifi publik

Kalau sudah ada WiFi gratis, tentu tidak akan ada bisa yang menolaknya bukan. Pasti secara otomatis jemarimu dengan gercap langsung mengaktifkan fitur WiFi pada smartphone. Padahal, tidak semua WiFi publik atau gratis itu aman loh. Pasalnya, para peretas cenderung menggunakan WiFi publik gratisan untuk masuk ke dalam smartphone. Kalau sudah disusupi, berakhir sudah.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

2.Baca Review Sebelum Download Aplikasi

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya - baca review sebelum download aplikasi

Setiap aplikasi yang terpampang di dalam App Store Android maupun iPhone sudah pasti terdapat review/ulasan para pengguna aplikasi tersebut. Sebelum mengunduh, tidak ada salahnya bukan jika kamu membaca ulasannya terlebih dahulu. Jika aplikasi itu lebih banyak menerima komentar negatif atau ulasan buruk, maka sudah pasti aplikasi tersebut bermasalah. Kalau sudah begitu, jangan berani-beraninya kamu unduh.

Baca Juga: Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Pengguna Android

3.Update Android

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya

Kebanyakan pengguna Android masih ada yang mengabaikan atau tidak memperbaharui sistem operasinya. Padahal, dengan melakukan perbaruan sistem, maka secara tidak langsung update OS juga akan memperbaiki bugs yang ada di dalam smartphone. Jadi tidak hanya sekedar untuk mengoptimalkan fungsi smartphone saja.

Baca Juga: 3 Tips Mencegah Virus Masuk Ke Smartphone Android

4.Manfaatkan Safe Mode

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya

Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menghalau datangnya malware adalah fitur Safe Mode. Smartphone sekarang sudah semakin canggih, kini pengguna dapat menemukan atau melacak aplikasi-aplikasi yang menjadi sumber datangnya malware dengan fitur Safe Mode. Jika sudah menemukannya maka kamu bisa langsung menghapus atau uninstal aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Anti Virus Rekomendasi Untuk Android

5.Lihat Access Pemission

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya

Ada hal lainnya yang juga harus kamu ingat, jangan terlalu percaya dengan seluruh aplikasi-aplikasi yang ada di Google PlayStore. Alasannya, sangat mudah untuk memajang aplikasi ciptaan di Google PlayStore. Bahkan, ada banyak juga para hacker yang memanfaatkan hal tersebut untuk menanamkan bibit-bibit malware pada aplikasi yang ia ciptakan. Jadi, jangan hanya karena kamu unduh di Google Play berarti sudah aman.

Sebelum mengunduh, cermati dulu secara seksama “Access Permission”nya. Apabila dirasa kamu menemui permintaan akses tool yang sangat mencurigakan, alangkah baiknya kamu tidak menginstal aplikasi itu.

Baca Juga: Paket Internet Rumah, Home Sweet Home

6.Pasang Anti Malware

Solusi Tepat Untuk Menghindari Smartphone Dari Malware Berbahaya

Agar kondisi smartphone menjadi aman terkendali, ada baiknya juga Hinet Lovers membenamkan aplikasi antivirus di dalam smartphone. Kamu bisa memilih aplikasi-aplikasi antivirus terbaik mulai dari Avast, Norton, Kaspersky, dan sebagainya. Jangan sekedar asal mengunduh aplikasi antivirus. Terkadang, aplikasi antivirus yang abal-abal tertanam malware yang sangat berbahaya. Bukannya menyembuhkan, malah jadi memperparah kondisi smartphone.

Itu dia cara mencegah datangnya virus malware di Android. Jadi kamu sudah paham ya, Hinet Lovers. Jika kamu ingin kondisi smartphone terus aman, terapkan saja ke-6 poin yang sudah Hinet bagikan padamu. Satu lagi, jika kamu juga ingin internetan dengan aman, gunakan saja Internet Provider Terbaik di Indonesia, yaitu HINET!

Dapatkan paket internet murah dan penawaran menarik lainnya dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.