Hinet Internet Cepat 4G LTE
Studi Mengungkap: Alasan Kenapa Hujan Bikin Kita Mengantuk

Studi Mengungkap: Alasan Kenapa Hujan Bikin Kita Mengantuk

Studi Mengungkap: Alasan Kenapa Hujan Bikin Kita Mengantuk – Tidak ada yang bisa mengelak jika cuaca hujan bikin kita merasa lebih lemas dan mengantuk. Rasanya ingin berlama-lama di bawah selimut. Lebih enak lagi ditemani dengan minuman cokelat panas atau kopi. Hmmm.

Udara di sekitar kita akan menjadi lebih lembap ketika musim hujan. Ketika udara lembap tandanya udara mengandung banyak uap air, sehingga suhu udara pun lebih dingin. Nah, suhu dingin inilah yang paling cocok untuk bermalas-malasan.

Tidak hanya suhu udara dingin saja yang bikin kita jadi lebih mengantuk saat musim hujan. Ternyata ada faktor alam lainnya yang bikin kita menjadi lebih mengantuk ketika cuaca sedang mendung-mendung hujan seperti itu.

1. Minim Cahaya Matahari

Minimnya cahaya matahari ketika musim hujan membuat badan kekurangan terkena sinar matahari. Cahaya matahari dapat mengurangi produksi hormon melatonin yang suka memicu rasa kantuk di pagi hari. Semakin banyak hormon melatonin saat beraktivitas di pagi hari, maka kamu cenderung merasa mengantuk.

Baca Juga: Fakta Hiu Paling Mematikan di Dunia, Bikin Ngeri!

2. Aroma Hujan

Terjadi reaksi kimia ketika hujan bertemu dengan tanah. Reaksi kimia terjadi pada air hujan dan senyawa dari tanah bernama geosemin. Reaksi inilah yang kemudian memunculkan aroma yang membuat suasana menjadi kalem dan tenang. Semakin cocok buat tidur, nggak sih.

Studi Mengungkap: Alasan Kenapa Hujan Bikin Kita Mengantuk - Aroma Hujan

3. Suara Rintik Hujan

Sebuah studi mengungkap alasan suara rintik hujan dianggap menenangkan. Ritme yang diciptakan rintik hujan di atap, di tanah, di bangku taman, dan di benda-benda di sekitarmu itu disebut sebagai “pink noise”. Pink noise ini dapat menenangkan gelombang otak kita sama halnya seperti saat kita sedang mendengarkan musik-musik relaksasi. Tidak hanya bikin mengantuk, suara inilah yang mampu membantu kita tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Orang Suka Nonton Sinetron Hingga Ratusan Episode

4. Tekanan Udara Rendah

Hujan turun dipicu penurunan tekanan udara di atmosfer, yang mengakibatkan tekanan oksigen di udara juga turun. Nah, ketika oksigen menurun di sekitar kita, metabolisme tubuh menjadi lebih lambat. Hal inilah yang menyebabkan kita merasa lebih lamban dan mengantuk.

Jadi, nggak hanya kamu sendiri kan Hinet Lovers, yang merasa mengantuk saat hujan? Kalau cuaca hujan biasanya masalah yang juga muncul adalah jadi lebih lapar, bukan? Tapi nggak bisa ke mana-mana, mau jajan makanan juga nggak bisa. Daripada bingung, bagaimana kalau masak sendiri pakai bahan-bahan yang ada di rumah. Kamu tinggal cari di internet resep masakan menggunakan bahan yang kamu punya. Pakai Home Router Wifi dari Hinet bisa tetap internetan meskipun hujan.

Baca Juga: Pengertian dan Tips Memilih Mifi

Leave a Reply

* Your email address will not be published.