Hinet Internet Cepat 4G LTE
Sudah Tahu Asal Usul Istilah Ngabuburit Ini Penjelasannya

Sudah Tahu Asal Usul Istilah “Ngabuburit”? Ini Penjelasannya

Sudah Tahu Asal Usul Istilah “Ngabuburit”? Ini Penjelasannya – “Ngabuburit yuk!”, “Enaknya ngabuburit kemana ya kita?”, “Ayo! Kumpul-kumpulah kita, ngabuburit sebelum buka puasa”. Pastinya kalian Hinet Lovers sering menemui ajakan ini kan selama bulan Ramadan? Di antara susunan kata ajakan tersebut, ada satu istilah yang sering diucapkan pada saat bulan puasa, yaitu ‘ngabuburit’.

Kaum milenials tidak pernah terlepas dari yang namanya ‘ngabuburit’. Ngabuburit adalah suatu kegiatan yang identik dengan menunggu berbuka puasa sembari melakukan hal lain, seperti misalnya bermain, nongkrong, ataupun tadarusan dengan al quran digital. Sebenarnya, darimana sih asal usul istilah ngabuburit ini? Apakah Hinet Lovers juga tahu ngabuburit artinya apa? Bagi yang belum mengetahuinya, Hinet akan menjelaskannya padamu. Mulai dari asal usul hingga artinya.

Asal Usul Istilah Ngabuburit

Sudah Tahu Asal Usul Istilah "Ngabuburit"? Ini Penjelasannya

Ngabuburit istilahnya berasal dari bahasa Sunda. Kata ‘burit’ mengandung makna waktu yang berarti senja, sore, menjelang matahari tenggelam atau menjelang adzan maghrib. Dahulu, masyarakat Sunda mengenal istilah Ngabuburit sebagai kegiatan mengaji. Yang mana anak-anak pergi ke tempat ibadah untk mengaji bersama dan dibimbing oleh seorang guru atau ustadz selama bulan puasa. Adapun tujuannya agar anak-anak melakukan kegiatan yang positif sembari menahan lapar.

Baca Juga: Tren Puasa Sehat Dengan Manfaat Luar Biasa

Arti Kata Ngabuburit Menurut Kamus

Sudah Tahu Asal Usul Istilah "Ngabuburit"? Ini Penjelasannya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘ngabuburit’ berasal dari bahasa Sunda yang mengandung arti “menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan”. Sementara dalam Kamus Bahasa Sunda terbitan Lembag Bahasa dan Sastra Sunda, kata ‘ngabuburit’ mengandung arti ‘ngalantung ngadagoan burit’ yang berarti bersantai sambil menunggu waktu sore.

Baca Juga: Penderita Maag Juga Bisa Ikut Puasa Kok, Simak Yuk Tipsnya

Budaya Ngabuburit Seiring Berkembangnya Zaman

Sudah Tahu Asal Usul Istilah "Ngabuburit"? Ini Penjelasannya

Dahulu ‘ngabuburit’ konotasinya lebih mengarah ke positif, karena kegiatan yang dijalani merupakan hal yang baik. Memang sudah seharusnya di bulan puasa ini kita memperbanyak ibadah. Namun seiring majunya waktu, kini anak-anak atau yang lebih dikenal ‘kids jaman now’ lebih memilih ‘ngabuburit’ dengan bermain. Tidak hanya anak-anak saja, para remaja maupun yang sudah beranjak dewasa pun kerap kali menghabiskan waktu sorenya untuk nongkrong, entah itu di mall ataupun di tempat tongkrongan lainnya. Meskipun begitu, masih ada juga loh yang mengikuti kegiatan pesantren kilat yang tujuannya ingin memperdalam ilmu agama dan mengikuti kegiatan sosial.

Jadi begitulah arti serta asal-usul istilah ‘ngabuburit’ di Indonesia. Kalau Hinet Lovers lebih memilih ‘ngabuburit’ seperti apa? Hinet sarankan lebih baik kalian perbanyak ibadah dan menabung pahala di bulan Ramadan ini.

Hinet juga ingin merekomendasikan Paket kuota paling murah yang bisa kamu pilih, yaitu Paket Isi Ulang REGULER! Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.