Hinet Internet Cepat 4G LTE
Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini

Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini

Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini – Fotografi memang memiliki banyak penggemarnya. Mulai dari pemandangan alam yang cantik, beragam ekspresi wajah manusia, ataupun aksi hewan yang imut bisa menjadi objek fotografi. Salah satu jenis fotografi yang juga diminati adalah street photography. Street photography atau yang biasa dikenal dengan fotografi jalanan ternyata juga memiliki etika yang harus dipatuhi agar proses mendapatkan foto berjalan dengan lancar dan menghasilkan gambar yang memuaskan. Beberapa aturan etika fotografi jalanan berikut ini bisa menjadi pedoman yang mudah dipraktikkan sehari-hari, loh.

1. Dilarang Memfoto Diam-Diam Orang Lain

Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini! - dilarang memfoto diam-diam orang lain

Pernahkah Hinet Lovers memfoto temanmu yang sedang tertidur pulas? Mungkin maksudmu memang bercanda, akan tetapi hal ini ternyata berkaitan dengan hukum loh, Hinet Lovers. Sebagaimana yang telah diatur dalam UU No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan elektronik. Jika Hinet Lovers melakukan pelanggaran bisa dikenakan hukuman pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak 150.000.000. Apalagi jika foto yang kamu ambil secara diam-diam itu mengandung unsur pencemaran nama baik kemudian disebarluaskan tanpa izin, maka pelakunya akan dikenakan hukum tambahan karena telah melanggar hukum UU ITE.

Baca Juga: Alasan Dilarang Berfoto di Tempat Umum Ini

2. Dilarang Mengambil Foto Orang Lain Tanpa Izin

Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini! - dilarang mengambil foto orang lain secra diam-diam

Berbeda dengan memfoto secara diam-diam, menggunakan foto orang lain tanpa izin dapat berujung kepada pelanggaran hak cipta. Hal ini juga sudah tercantum dalam undang-undang pada Pasal 13 ayat 1 huruf J UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta Fotografi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya mintalah persetujuan dari pemilik foto tersebut apabila kamu ingin menggunakannya untuk keperlua publik. Dengan meminta persetujuan terlebih dahulu kamu akan terbebas dari segala undang-undang yang berlaku. Bisa juga Hinet Lovers menggunakan gambar yang memang free license atau dapat digunakan secara gratis tanpa memerlukan persetujuan terlebih dahulu, yang bisa kamu temukan di beberapa website penyedia gambar.

Baca Juga: Lima Aplikasi Khusus Android Ini Bikin Kualitas Foto Meningkat

3. Bersikap Ramah

Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini! - bersikap ramah

Para pemburu foto harus memiliki etika yang satu ini yaitu bersikap ramah dengan lingkungan sekitar. Memantau keadaan sekitar wajib dilakukan jika ingin melakukan street photograpy. Pastikan kehadiranmu diterima oleh lingkungan sekitar. Sebisa mungkin mintalah izin terlebih dahulu dengan petugas keamanan. Jika kamu ingin mengambil gambar seorang objek foto, kamu wajib bersikap ramah dan sopan kepadanya. Jika kamu sudah mendapatkan semua itu jangan lupa ucapkan “terima kasih” terhadap orang-orang yang sudah terlibat membantumu.

4. Dilarang Memotret Orang-Orang Tak Berdaya

Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini! - dilarang memotret orang tidak berdaya

Jika kamu melihat suatu berita musibah atau bencana alam, sering kali melihat lingkungan yang hancur atau keadaan korbannya. Perlu Hinet Lovers ketahui bahwa hal ini sebenarnya kurang etis untuk dilakukan. Memotret orang-orang yang tidak berdaya adalah salah satu tindakan yang kurang bersimpati. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin memotret para tuna wisma, pengemis, pengamen, atau orang yang tidak berdaya lainnya. Hal ini boleh dilakukan jika kamu sudah mendapatkan izin dari objek fotonya terlebih dahulu.

Praktik fotografi saat ini memang sangat mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun. Namun, tetap saja ada aturan etika hingga peraturan hukum yang harus diperhatikan. Hinet Lovers ngga mau kan, ternyata dari hasil foto yang kamu kira bagus, malah ternyata merugikan orang lain atau bahkan merugikan diri kamu sendiri hanya karena tidak tahu peraturannya. Nah, kalau ada hasil fotografi jalanan kepunyaanmu yang keren, coba di-share di akun media sosialmu menggunakan Mifi 4G dari Hinet. Siapa tahu foto-fotomu bisa menginspirasi orang lain.

Baca Juga: Tips Hemat Akhir Bulan Ala Hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.