Suka Insomnia? Simak Cara Ini Agar Kamu Tidak Susah Tidur

Suka Insomnia? Simak Cara Ini Agar Kamu Tidak Susah Tidur – Sepertinya hampir tidak mungkin, kalau di alam semesta yang indah ini, ada orang yang sama sekali tidak pernah mengalami fenomena kesulitan tidur.

Pasalnya, dalam beberapa waktu, tidur bisa menjadi salah satu hal paling sulit, meskipun kedengarannya sangat mudah. Praktis, insomnia bisa jadi makanan setiap orang pada malam hari.

Dengan demikian, banyak orang yang mencari cara untuk mengetahui bagaimana caranya bisa tidur dengan cepat. Jika seperti ini kondisinya, maka tidur dengan cepat menjadi idaman banyak orang.

Berikut beberapa strategi efektif yang bisa kamu terapkan sebelum tidur agar kamu bisa dapat terlelap pada malam hari dengan cepat :

Pastikan Tempat Tidur Atau Kasur Yang Kamu Gunakan Untuk Tidur Keempukannya maksimal.

Kamu tidak boleh terlalu keras memaksakan diri kamu untuk tidur. Bagaimana tidak, kalau kamu berusaha terlalu keras, maka yang ada kamu akan gelisah dan menjadi tegang.

Padahal, kunci utama dari tidur adalah kamu harus rileks. Jika tidak rileks, pikiran kamu akan terus terjaga sehingga tidur hanyalah bayangan belaka.

Selain itu, kamu harus memastikan bahwa tempat tidur memiliki kelembutan yang tepat, seperti dilansir Amerisleep. Selidiki, ternyata setiap orang memiliki kebutuhan kasur yang berbeda-beda, dari yang empuk hingga yang empuk. Oleh karena itu, kasur juga berperan penting dalam kecepatan tidur.

Matikan Semua Perangkat Elektronik

Menggunakan perangkat elektronik di malam hari dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Menggunakan smartphone untuk menonton TV, bermain video game, dan menjelajahi media sosial hanya akan membuat kamu semakin sulit tertidur.

Dengan cara ini, disarankan untuk mematikan semua perangkat elektronik yang ada di dalam ruangan, terutama ponsel. Jika tidak, dapat menggunakan mode “Waktu Tidur”, yang secara otomatis mematikan semua notifikasi yang masuk.

Baca juga : Tips Kebiasaan Sehat Yang Bikin Kamu Awet Muda

Perhatikan Asupan Makanan Sebelum Tidur

Apa yang kamu makan akan memengaruhi kualitas tidur. Beberapa penelitian menemukan bahwa makanan berkarbohidrat tinggi bisa membuat sulit tidur.

Jika ingin makan makanan berkarbohidrat tinggi untuk makan malam, sebaiknya kamu memakannya setidaknya empat jam sebelum tidur.

Empat jam dianggap cukup untuk mencerna makanan. Dianjurkan agar tidak mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat, tetapi harus makan dan minum camilan malam yang akan membantu kamu tertidur. Item yang dapat membantu kamu tertidur termasuk kiwi, almond, walnut, dan teh chamomile.

Penerapan Metode Pernapasan 4-7-8

Metode 4-7-8 adalah teknik pernapasan sederhana yang secara efektif dapat memberikan rasa tenang dan relaksasi. Cara ini juga bisa membantu tubuh rileks sebelum tidur.

Metode pernapasan ini bekerja dengan merelaksasikan sistem saraf. Saat merasa cemas dan stres, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Tutup mulut dan tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan.
  • Tahan napas selama 7 hitungan.
  • Buka mulut dan buang napas hingga menimbulkan suara mendesing selama 8 hitungan.
  • Ulangi siklus tersebut minimal hingga tiga kali atau hingga kamu merasa nyaman.

Atur Siklus Tidur Yang Rutin

Banyak penelitian menemukan bahwa jadwal tidur yang teratur membantu seseorang lebih mudah tertidur. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu jam internal tubuh (ritme sirkadian) mempertahankan jadwal tidur yang teratur.

Setelah tubuh kamu beradaptasi dengan jadwal ini, secara alami akan lebih mudah tertidur pada waktu yang sama. Jangan lupa untuk bersantai 30-60 menit sebelum tidur. Cara ini bisa merilekskan tubuh dan pikiran serta mempersiapkan diri untuk tidur.

Baca juga : Makanan Sehat yang Bisa Mengurangi Mata Minus

Lebih Nyaman Tidur Pada Suhu Udara Sejuk

Suhu tubuh kamu akan berubah saat tidur. Suhu ruangan yang terlalu tinggi atau terlalu tinggi hanya akan membuat sulit tidur. Biasanya banyak orang tidur nyenyak dengan suhu ruangan sekitar 15 hingga 23 derajat Celcius.

Namun, preferensi setiap orang akan berbeda. Temukan suhu yang paling cocok untuk kamu. Namun dapat menggunakan alat pengatur suhu udara (AC) atau peralatan pengatur suhu lainnya. Jika tidak memiliki AC, kamu juga bisa mandi sebelum tidur untuk mengalahkannya.

Mandi akan mempercepat perubahan suhu tubuh. Suhu tubuh yang sejuk setelah mandi dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak untuk tertidur.

Pentingnya kamu untuk menjaga kualitas tidur, agar setelah kamu bangun tidur, tubuhmu merasakan kesegaran dan siap kembali pada aktifitas keseharianmu.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.