Hinet Internet Cepat 4G LTE
Tahap Dasar Bikin Video Dokumenter, Pemula Harus Tahu

Tahap Dasar Bikin Video Dokumenter, Pemula Harus Tahu

Tahap Dasar Bikin Video Dokumenter, Pemula Harus Tahu – Membuat film dokumenter bukan hal yang sulit dikerjakan loh, Hinet Lovers. Sebenarnya ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan karya yang menakjubkan. Kiat yang perlu dijalankan sebenarnya gampang-gampang susah, asalkan kamu tekun menjalaninya. Berikut adalah cara membuat film dokumenter agar disukai penonton:

1. Menentukan Tema dan Konsep Naskah

Tahap Dasar Bikin Video Dokumenter, Pemula Harus Tahu - membuat tema dan konsep naskah

 

 

 

 

 

 

Menentukan tema dan konsep naskah adalah tahap dasar yang paling penting dalam membuat video dokumenter. Pastikan dulu kamu ingin membut film yang seperti apa dan setelah itu baru bisa menentukan tokoh sampai budget yang akan dikeluarkan. Menentukan tema dan konsep juga cukup mudah, kamu bisa menentukan berdasarkan imajinasimu atau bahkan mencari referensi lewat buku, novel, surat kabar bahkan film yang menarik untuk menjadi ide.

Baca Juga: Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini

2. Riset dan Observasi

Agar film yang akan kamu buat semakin bagus, kamu harus melakukan riset mengenai tema film yang akan dibuat. Sekalipun kamu sudah sangat menguasai topik itu, tetapi melakukan riset juga sangat penting dilakukan untuk mendapatkan kesan yang mendalam untuk filmmu. Misalnya Hinet Lovers menginginkan membuat film dokumenter mengenai kehidupan anak jalanan. Nah, berarti disini kamu harus terjun langusung ke dunia mereka agar lebih mendapatkan penjiwaannya.

Baca Juga: Macam-macam Perekam Google Street View Trekker, Ada yang Pakai Ransel

3. Bentuk Tim

Tahap Dasar Bikin Video Dokumenter, Pemula Harus Tahu - membuat tim

 

 

 

 

 

 

Langkah membuat video dokumenter selanjutnya adalah dengan membuat tim. Jika kamu ingin membuat karya yang mengagumkan, akan lebih sulit apabila dikerjakan sendirian. Maka ada baiknya kamu membentuk tim yang bisa membantu. Pilihlah anggota tim yang bisa kamu percaya untuk menjalankan tugasnya. Sebenarnya tidak perlu banyak mengajak orang, minimal ada yang bertugas sebagai produser, sutradara, kameramen, penulis naskah dan editor. Dengan begitu membuat video dokumenter akan lebih mudah.

Baca Juga: Langkah Mudah Isi Ulang Paket Data Hinet

4. Perencanaan Syuting

Langkah membuat video dokumenter yang tak kalah penting selanjutnya adalah dengan membuat perencanaan syuting. Di bagian ini ketelitian dan kesabaranmu mulai diuji. Kamu harus pikirkan properti apa yang dibutuhkan dalam pembuatan film, pelajari teknik pengambilan gambar, dan membuat jadwal syuting agar lebih teratur. Buatlah jadwal untuk timmu dari mereka masuk sampai mereka pulang. Dengan adanya jadwal seperti ini, akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan video dokumenter dengan rapi.

Pada praktiknya nanti, biasanya kamu akan menemukan cara-cara yang kamu kembangkan sendiri berdasarkan pengalaman langsung. Kamu bisa share pengalamanmu membuat video dokumenter di kolom komentar, ya Hinet Lovers. Jangan lupa menggunakan Mifi 4G dari Hinet yang bikin kamu hemat kuota meski internetan di manapun. Kalau kamu ingin menikmati kemudahan internet cepat dengan banyak akses, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.