Hinet Internet Cepat 4G LTE
Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya – Semakin canggihnya dunia perteknologian seakan membukakan pintu yang lebar untuk para penjahat ‘cyber’. Mereka lebih dikenal dengan nama ‘hacker’ atau juga bisa disebut dengan peretas. Supaya smartphone milik Hinet Lovers tidak bisa diretas oleh oknum-oknum yang usil, maka kamu wajib mengenali ciri-ciri HP disadap dan mempelajari cara menghentikan penyadapan HP Android.

Jika kamu sudah mengenali ciri-ciri handphone disadap dan tahu betul cara menghentikan sadap HP Android, maka resiko gadget kena sadap akan semakin kecil. Kebayang tidak, kalau semisal para hacker berhasil menembus masuk ke perangkat pribadimu. Bisa-bisa, si hacker tersebut akan menjadi ‘mata-mata’ yang selalu memantau gerak-gerikmu.

Sebagai contoh kasus, di setiap smartphone kini sudah terdapat kamera depan. Suatu ketika, Hinet Lovers mendapatkan pesan dari seorang tidak dikenal. Isi pesan tersebut berupa tautan (link website) yang harus dibuka. Bagi Hinet Lovers yang penasaran dengan isinya pasti secara tidak langsung akan membuka tautan tersebut. Setelah dibuka, ternyata pengguna HP diharuskan untuk “allow camera” dan pastinya dengan reflek ia mengizinkan akses kamera.

Nah! Secara tidak langsung, hacker sudah berhasil menerobos masuk. Dikarenakan, akses kamera yang sudah diizinkan oleh si korban. Dengan begitu, hacker itu dapat mengawasi gerak-gerik si pengguna HP melalui kamera depan.

Itu baru satu contoh kasusnya saja. Sebagai pengguna smartphone, Hinet Lovers dituntut harus selalu waspada. Jangan asal membuka tautan ataupun website, mengunduh aplikasi melalui adware, ataupun membuka iklan mencurigakan.

Lalu, apa sajakah ciri-ciri HP disadap?

Apabila HP Android kena sadap, biasanya pada gawai tersebut akan muncul hal-hal yang aneh. Jika gejala-gejala yang akan Hinet bagikan di bawah ini kamu rasakan pada smartphone milikmu, maka bisa jadi itu efek yang muncul akibat dari kena sadap. Berikut ciri-ciri handphone disadap:

1. Ada Suara Mencurigakan Ketika Sedang Panggilan

Seorang hacker yang berhasil menerobos masuk ke perangkatmu nyatanya dapat mendengarkan percakapanmu dengan orang lain ketika sedang menggunakan via panggilan telepon. Ciri HP disadap melalui frekuensi telepon yaitu munculnya suara mencurigakan selama panggilan via telepon berlangsung. Bunyi misterius itu datangnya bukan dari kamu ataupun dari si penerima telepon.

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Sebagai misal, kamu sedang menelepon temanmu dari rumah dan temanmu juga sedang berada di rumah. Lalu, tiba-tiba ada suara bising dan aneh yang muncul. Seharusnya jika dirimu dan temanmu sedang berada di rumah, otomatis tidak akan muncul suara bising. Dalam artian lebih sunyi.

Ciri-ciri HP disadap lainnya melalui frekuensi telepon yaitu timbulnya suara gema seakan berada di dalam gua atau lorong, serta salah sambung.

Baca Juga: Curigain Instagram Kamu Disadap Orang Lain, Begini Cara Mengetahuinya

2. Kerap Kali Reboot Sendiri

Untuk reboot smartphone seharusnya si pengguna melakukannya secara manual. Fitur reboot ini biasa digunakan apabila kondisi smartphone sedang tidak baik. Setelah di-reboot, kondisi smartphone akan pulih.

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Lalu, bagaimana jika smartphone milikmu melakukan reboot sendiri? Hal ini pun mengindikasikan bahwa smartphonemu sedang kena sadap. Bisa jadi yang melakukan reboot tersebut adalah pihak lain yang mendapatkan akses jarak jauh.

Baca Juga: Tips Mengatasi WhatsApp yang Disadap

3. Kondisi Baterai Cepat Melemah

Ciri-ciri handphone disadap selanjutnya juga dapat kamu perhatikan melalui performa baterainya. Kamu sebagai pemilik tentunya sudah tahu betul dengan kinerja baterainya. Bagaimana kondisi baterai jika sedang banyak aplikasi yang aktif ataupun sebaliknya. Apabila daya baterai menurun ketika sedang menggunakan banyak aplikasi, hal ini sah-sah saja. Namun, bagaimana jika kamu tidak aktif menggunakan tetapi baterai malah boros?

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Jika smartphone sudah kena sadap, maka segala aktivitas di smartphone terekam dan dikirim ke pihak ketiga. Nah, hal ini pun ternyata memakan banyak daya, sehingga kapasitas baterai menurun drastis dengan cepat.

Akan tetapi, bisa saja itu juga bermasalah pada baterainya. Untuk mengujinya, kamu bisa mencari seseorang yang memiliki smartphone serupa denganmu, lalu kamu gunakan smartphone tersebut seperti biasanya dengan memakai baterai smartphone milikmu.

Apabila kondisi baterai normal-normal saja, maka itu tanda-tandanya smartphonemu tidak kena sadap. Tetapi jika memang kondisi baterai yang tidak sehat, maka smartphonemu bersih dari sadapan.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Tanda WhatsApp Kamu Sedang Disadap

4. Suhu Smartphone Meningkat

Faktor lainnya yang juga bisa disebutkan sebagai indikasi smartphone kena sadap ialah suhu smartphone. Normalnya, smartphone akan terasa hangat jika dirimu terlalu aktif menggunakannya. Mulai dari bermain game ataupun internetan.

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi, jika dirimu sedang tidak menggunakan smartphone tetapi suhu tetap hangat atau semakin meningkat, mungkin smartphone milikmu sedang digunakan secara diam-diam oleh peretas dari jarak jauh untuk mengakses data-data tertentu.

Baca Juga: Petunjuk Praktis Memilih Paket Internet Unlimited Murah 2019

5. Paket Data Internet Menjadi Boros

Kuota internet cepat habis juga dapat dikatakan sebagai indikator HP Android kena sadap. Seperti yang sudah di-mention awal-awal, Hinet Lovers harus berhati-hati ketika mengunduh aplikasi. Terkadang, aplikasi yang diunduh belum tentu aman, terlebih lagi aplikasi tersebut meminta izin akses kamera dan sebagainya.

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Saat ini, para hacker semakin kreatif. Mereka menyematkan virus berbahaya ke dalam aplikasi, sehingga ketika kamu download otomatis virus tersebut akan menyebar. Parahnya lagi, aplikasi-aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk mengakses beberapa informasi penting. Dengan begitu, hal ini juga akan berpengaruh pada penggunaan data internet, yang memungkinkan terkurasnya paket data akibat dari penggunaan aplikasi yang tidak wajar.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

Cara Menghentikan Sadap HP Android

Apabila kamu menemui kendala-kendala tersebut, maka bisa saja smartphone-mu berpotensi kena sadap. Tetapi, bisa juga karena HP Androidmu yang bermasalah. Untuk mengetahui apakah HP kena sadap atau tidak, ada cara simpelnya kok, yaitu dengan KODE. Hinet Lovers dapat mengetahui tanda-tanda smartphone kena sadap sekaligus menghentikannya dengan 2 kode berikut ini:

1. Kode *#21# (Cek Penyadap)

Kode ini berfungsi untuk mencari tahu apakah smartphone milikmu kena sadap atau tidak. Selain itu, dengan mengetik kode *#21# dan dilanjutkan dengan menekan tombol “Call”, kamu akan mengetahui apakah ada pengalihan panggilan aktif atau tidak. Nanti perawakannya akan seperti gambar berikut ini:

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Apabila ada keterangan “Not Forwarded”, maka sudah dipastikan kalau smartphone kamu aman dan tidak ada pengalihan panggilan yang aktif. Namun jika tulisannya “Forwarding”, maka sudah pasti ada oknum yang menyadap smartphone kamu.

2. Kode ##002# (Menghentikan Penyadapan)

Apabila kamu menemui status “Forwarding”, maka kamu bisa membatalkan pengalihan panggilan tersebut dengan kode ##002# dan lanjutkan dengan menekan tombol “Call”. Dengan menekan kode ini, maka kamu akan menghentikan proses penyadapan dan hacker tidak akan bisa lagi mengetahui panggilan masuk dan sebagainya.

Kenali Tanda Smartphone Kena Sadap dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Hinet Lovers? Jadi kamu sudah paham ya bagaimana cara mengetahui dan mengatasi smartphone yang kena sadap. Sebagai penutup informasi ini, Hinet Lovers juga ingin menawarkanmu kuota internet bulanan murah, yaitu Paket Unlimited Hinet dengan harga mulai dari IDR 35.000 saja kamu sudah bisa internetan sepuasnya dengan kuota murah ini loh!

Masih mau mendapatkan kuota yang murah, promo kuota paling murah, dan penawaran kuota internet murah 4G LTE lainnya dari Hinet? Cuss… langsung saja kamu cek di sini >>>

official store hinet

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.