Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cacar Monyet Mengancam Indonesia, Kenali Tanda dan Cara Penyembuhannya

Cacar Monyet Mengancam Indonesia, Kenali Tanda dan Cara Penyembuhannya

Cacar Monyet Mengancam Indonesia, Kenali Tanda dan Cara Penyembuhannya – Hinet Lovers, tahukah kamu bahwa di Indonesia saat ini tengah terancam salah satu penyakit berbahaya? Penyakit tersebut dinamakan “Cacar Monyet”. Pertama kali kasus penyakit ini ditemukan di Singapura dan dikatakan wabah ini mulai menyebar ke seluruh wilayah Asia Tenggara. Cacar monyet atau bisa disebut dengan “Monkeypox” merupakan penyakit langka yang berasal dari Afrika. Jika kamu sudah mengetahui penyakit cacar monyet melanda Indonesia, maka kamu juga harus paham apa saja tanda-tanda dan bagaimana cara mengobati cacar monyet ini. Berikut ini, Hinet akan menjelaskan apa penyebab cacar monyet plus cara mengatasinya. Yuk kita simak bersama-sama!

1. Apa Itu Cacar Monyet?

Cacar Monyet Mengancam Indonesia, Kenali Tanda dan Cara Penyembuhannya

Sebelum masuk ke cara mengobati dan bagaimana penularannya, ada baiknya kamu kenali dahulu apa itu Cacar Monyet. Cacar Monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Umumnya Cacar Monyet sering ditemukan di daerah Afrika. Adapun gejala yang muncul akibat dari terkenanya virus Cacar Monyet ini ialah:

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Demam tinggi
  • Muncul ruam pada bagian kulit

Baca Juga: Bukan Cuma Sakit Maag, Ini Dia Penyakit Lain Jika Makan Terlambat

2. Cara Penularan Cacar Monyet

Cacar Monyet Mengancam Indonesia, Kenali Tanda dan Cara Penyembuhannya

Normalnya, manusia terkena virus Cacar Monyet yang datangnya dari hewan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa manusia juga dapat menularkan ke sesama manusia lainnya. Adapun berbagai cara penularan virus Cacar Monyet sebagai berikut:

  • Adanya kontak dengan cairan tubuh, luka terbuka, atau darah pada kulit hewan
  • Mengkonsumsi daging yang sudah terjangkit virus
  • Terkena air liur atau adanya kontak fisik dengan si penderita virus

Baca Juga: Ini yang Terjadi Saat Jari Kaki Terbentur, Alasan Rasa Sakit pada Kaki Terasa Luar Biasa

3. Pengobatan Cacar Monyet

Untuk meminimalisir wabah Cacar Monyet, terdapat beberapa vaksin yang ampuh untuk mengendalikannya. Diantaranya, vaksin cidofovir, ST-246, vaccinia imun globulin, dan vaksin cacar. Vaksinasi ini harus diberikan selama 2 minggu tentunya setelah terpapar oleh virus Cacar Monyet. Jikalau gejala yang timbul sudah semakin parah, alangkah baiknya untuk langsung bertemu dengan dokter spesialis.

Baca Juga: Paket Internet Murah 4G LTE

4. Antisipasi Pemerintah Indonesia

Agar wabah ini tidak menyebar ke wilayah lainnya, pemerintah Indonesia melakukan beberapa antisipasi khusus seperti dijalankannya pengamanan ketat di pelabuhan maupun bandara internasional. Selain itu, Dinas Kesehatan Riau berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Batam untuk memasang dua “Thermal Detection” yang berfungsi untuk mengidentifikasi indikasi awal demam pada orang yang sudah terpapar virus. Serta mengadakan pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran suhu tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai virus Cacar Monyet / Monkeypox. Agar tidak terkena penyakit ini, sebaiknya Hinet Lovers pahami betul bagaimana cara penularan virus ini. Supaya kamu dapat  menghindari hal-hal yang berpotensi menyebabkan terjangkit virus ini. Sebagai penutup, tidak lupa Hinet mengingatkanmu untuk terus aktifkan Paket Internet Rumah, Home Sweet Home yang bisa diakses Up To 32 User. Agar koneksi internet di rumahmu tetap aman dan stabil. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Kouta Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.