Hinet Internet Cepat 4G LTE
Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus – Dilansir dari IDN Times, pengguna smartphone di Indonesia tercatat sebanyak 73 juta orang dari 260 juta orang. Angka tersebut bisa dibilang cukup banyak ya. Seperti yang sudah Hinet Lovers ketahui, smartphone sudah menjadi barang paling penting. Dalam artian, jika benda ini sampai hilang maka orang tersebut akan ketar-ketir atau panik karena tersimpan banyak hal yang berharga di dalamnya.

Tidak hanya hilang saja, ekspresi seperti itu pun juga akan muncul jika smartphone yang dimilikinya terkena virus atau malware yang berbahaya. Melihat fenomena lumayan banyaknya pengguna smartphone di Indonesia, tidak menutup kemungkinan juga akan ada hacker yang iseng menaruh virus berbahaya.

Maka dari itu, kamu sebagai pengguna harus tahu tanda-tanda Android kena virus itu seperti apa. Dengan begitu, kamu bisa langsung bertindak untuk memusnahkannya supaya tidak semakin parah. Lalu apa saja tanda-tanda smartphone kena virus? Berikut akan Hinet bagikan tips mengetahui smartphone terkena virus.

1. Baterai Cepat Boros

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

Baterai lebih cepat habis dari penggunaan wajarnya? Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya program yang masih beroperasi di background dan membawa virus. Kalau kamu ingin mengetahui aplikasi apa saja itu, coba cek melalui ‘Settings’ dan pilih menu ‘Apps’. Jika kamu teliti, maka secara tidak langsung Hinet Lovers dapat menemukan program asing yang memantau aktivitas smartphone-mu. Kalau sudah ketemu biang keroknya, maka kamu bisa langsung menghilangkannya.

Baca Juga: Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Pengguna Android

2. Muncul Pop Up

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

Iklan Pop Up umumnya hanya muncul ketika kamu sedang mengakses browser saja. Tetapi jika Pop Up kerap kali muncul dengan tiba-tiba (padahal kamu sedang tidak mengakses apapun) maka ini tanda-tandanya smartphone-mu terjangkit malware. Iklan ini akan mengarahkanmu ke situs yang aneh dan tiba-tiba secara otomatis menginstal aplikasi melalui adware.

Kalau sudah muncul Pop Up, usahakan untuk tidak membukanya. Cek aplikasi yang baru saja terinstal melalui adware, jika sudah ditemukan langsung hapus saja.

Baca Juga: 3 Tips Mencegah Virus Masuk Ke Smartphone Android

3. Slow Responding dan Cepat Panas

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

Apabila smartphone menjadi lemot karena menjalankan aplikasi banyak dan berat mungkin hal itu wajar-wajar saja. Bisa juga lemot karena memori internal yang sudah hampir penuh. Akan tetapi, bagaimana jika kamu berada di dalam situasi ketika dirimu sedang tidak mengakses aplikasi berat apapun dan kapasitas memori masih luas tetapi tetap lemot? Maka sudah pasti smartphone-mu terkena virus.

Ditambah kondisi smartphone yang jauh lebih cepat panas. Padahal penggunaannya pun juga tidak terlalu lama.

Baca Juga: 3 Cara Membasmi Virus di Smartphone Android

4. Mati Sendiri Ketika Telepon

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

Jika smartphone sudah terjangkit oleh malware, bisa juga virus tersebut dapat menimbulkan gangguan sinyal. Hal ini pun akan berdampak pada smartphonemu, khususnya ketika sedang melakukan panggilan. Maka kalau sudah sering mengalami panggilan yang terputus dengan tidak wajar (bukan karena koneksi) bisa jadi itu ulah malware.

Baca Juga: Paket Internet Rumah, Home Sweet Home

5. Restart Sendiri

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

Satu lagi tanda android kena virus, yaitu kondisi smartphone yang kerap mengalami restart dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan sistem Android yang sudah terganggu dengan virus. Sehingga dapat menyebabkan smartphone reboot sendiri. Kalau sudah begini akan sangat menjengkelkan sekali.

Itulah dia tanda-tanda smartphone kena virus. Kalau kamu sudah menemukan gejala-gejala seperti ini, kamu bisa langsung bertindak. Mulai dari menginstal aplikasi Anti-Virus, melakukan scanning secara rutin dan membersihkan virus. Jikalau sudah parah, langsung segera bawakan smartphone mu ke tempat service.

Sebagai penutup, Hinet sebagai Internet Provider Terbaik ingin menawarkan Paket Internet Paling Murah 4G LTE. Mau tahu bisa kamu dapatkan dimana? Tentunya di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.