Hinet Internet Cepat 4G LTE
Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini – Belakangan ini, semakin banyak saja berita-berita palsu yang tersebar di jagad maya. Berita palsu atau yang biasa disebut dengan “Hoax” ini sangatlah berbahaya untuk dikonsumsi publik. Bahkan, berita hoax juga dapat merugikan bagi satu pihak ataupun satu kelompok.

Untuk membuat jera para oknum usil yang gemar membuat berita hoax, pemerintah membuat Undang-Undang ITE yang berfungsi sebagai pencegah penyebaran berita hoax.

Guna membantu pemerintah memerangi berita hoax yang beredar di Tanah Air, ada beberapa orang kreatif yang berhasil menciptakan aplikasi anti hoax. Mengunduh aplikasi ini juga termasuk cara mengatasi hoax dengan tepat.

Berikut ini, Hinet akan membagikan 5 aplikasi anti hoax kreasi anak bangsa yang wajib kalian miliki agar tidak termakan berita hoax:

1. HBT Hoax Tool Buster

Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

Berangkat dari persoalan berita hoax yang meresahkan masyarakat, komunitas asal Yogyakarta bernama MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) menciptakan sebuah aplikasi pendeteksi berita hoax yang dinamakan HBT – Hoax Buster Tools.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Hinet Lovers dapat mengecek status benar atau tidaknya sebuah konten berita, foto, video, hingga akun di media sosial.

Penggunaannya pun cukup simpel, kamu hanya perlu menyalin berita yang ingin dibaca ke mesin pencarian di tool Google.

Komunitas MAFINDO sendiri juga sudah lama berkolaborasi dengan Google untuk menyukseskan proses peluncuran aplikasi HBT ini. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi. Semua halaman sudah diverifikasi dan aman dari berita hoax.

Baca Juga: Percaya Atau Tidak, Mitos Android Ini Ternyata Terbukti Hoaks

2. Anti Hoax

Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

Aplikasi Anti Hoax dirilis oleh seorang developer bernama Fauzan Akhmad Mahanani. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dihadirkan dengan tujuan meminimalisir berita-berita palsu. Selain itu, Anti Hoax juga bisa Hinet Lovers jadikan sebagai sarana untuk melaporkan berita yang mengandung unsur hoax.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mencari suatu kebenaran dari suatu informasi. Bila kamu ingin mengunduhnya, aplikasi Anti Hoax tersedia di Google App Store.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

3. Taboo

Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

TABOO (Tangkal dan Analisa Berita Bohong) merupakan aplikasi penangkal berita hoax yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Denpasar, Bali. Dengan aplikasi ini, Hinet Lovers dapat mengecek kebenaran informasi atau berita viral yang tersebar di dunia maya.

Saat ini, Taboo baru berbasis web saja, sehingga bisa kamu akses melalui situs tangkalhoax.denpasarkota.go.id.

Rencananya, tim Diskominfo Denpasar akan merancang versi aplikasinya agar masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah di Android maupun di iOS.

Baca Juga: Sebelum Melamar Kerja, Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja HOAX Ini Biar Engga Ketipu

4. Turnbackhoax

Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

Selain Taboo, ada pula penangkal berita hoax berbasis web yang wajib kamu ketahui, yaitu Turnback.id.

Isi dari situs ini merupakan arsip hasil dari sebuah diskusi grup di Facebook yang bernama “Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH)”.

Jadi, kamu bisa membaca berita-berita yang telah diverifikasi keabsahannya di situs ini. Bila Hinet Lovers ingin bertanya kebenaran dari sebuah berita dan gambar yang tengah beredar, kamu dapat bergabung di grup FAFHH di Facebook.

Baca Juga: Tips Cara Menghindari Berita Hoaks

5. Kec-hoaX

Tangkal Berita Hoax Dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

Aplikasi pendeteksi berita hoax terakhir yang harus kamu coba adalah Kec-hoaX. Aplikasi ini berisikan kumpulan pertanyaan yang bersumber dari www.thenewliteracyproject.org.

Kamu dapat menganalisa berita yang didapat dari berbagai sumber dengan menjawab 10 pertanyaan yang akan diberikan. Cara menjawabnya pun cukup sederhana, cukup pilih IYA atau TIDAK.

Apabila kamu mendapatkan presentase yang besar, maka bisa dikatakan berita yang didapatkan mengandung unsur hoax.

Itulah dia 5 aplikasi anti hoax rekomendasi Hinet. Untuk Hinet Lovers, berhati-hatilah dalam menyaring sebuah informasi. Dikarenakan saat ini berita hoax semakin merajalela di Indonesia. Sebelum menyerap informasi tersebut dan menyebarkannya ke orang lain, ada baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu keabsahannya.

Penutup

Untuk menutupi artikel ini, Hinet juga ingin berbagi informasi seputar Paket Internet Murah 2019 nih buat kamu.

Bila kamu ingin mendapatkan Paket Internet Paling Murah, Hinet juga sudah menyediakan salah satu Paket Internet Murah terbaik untukmu loh, yaitu Mifi StartUp Xtreme dengan Bonus Recharge Kuota Utama di 3X Recharge Pertama.

mifi startup xtreme

Ayo tunggu apa lagi? Segera Top Up dan dapatkan juga Paket Internet Rumah Murah dan Paket Internet Unlimited Murah HINET di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.