Hinet Internet Cepat 4G LTE

Telatih Sejak Dini, Inilah 5 Situs Belajar Coding Gratis Untuk Anak

Telatih Sejak Dini, Inilah 5 Situs Belajar Coding Gratis Untuk Anak – Ditanya mengenai cita-cita menjadi hal yang sering ditanyakan selain pertanyaan seputar pekerjaan dan pasangan. Tak hanya ditanyakan ketika kamu masih kecil namun cita-cita masih dipertanyakan ketika kamu sudah dewasa. Mungkin cita-cita kamu dan banyak anak lainnya ketika masih kecil adalah menjadi dokter, polisi, artis, dan sebagainya. Namun, sangat sedikit seorang anak akan menjawab cita-cita impiannya menjadi seorang programmer, bahkan kamu pun tak akan tahu apa itu programmer.

Dengan kemajuan teknologi dan internet membuat semua orang jadi sering memainkan komputer dan smartphone, hal ini pun berlaku juga bagi anak kecil. Generasi Z saat ini patut berbahagia sebab sudah banyak sarana dan kursus untuk belajar hal-hal baru secara gratis dan online. Kaum millennials mungkin akan sedikit iri, nih karena biasanya kursus yang kamu ikuti ketika kecil adalah les matematika. Betul nggak ya, Hinet Lovers?

Nah, buat kamu yang memiliki dan mengenal anak kecil hingga remaja, tidak ada salahnya untuk mengenalkan dunia programing kepada mereka melalui situs yang tersedia atau bahkan untuk kamu sendiri. Sambil menemani anak atau keponakan, kamu pun jadi tahu dan belajar bersama-sama mengenai coding.

Berikut ini adalah 5 situs belajar coding online yang gratis untuk anak dan remaja.

1. Scratch

Scratch secara khusus dikembangkan dengan tujuan untuk membantu anak-anak mengembangkan pemikiran yang sistematis, kreativitas, dan keterampilan kolaborasi sambil mempelajari dasar-dasar coding dan pemrograman. Materi pembelajaran Scratch ini diperuntukkan bagi anak berusia 8 hingga 16 tahun. Dengan Scratch, mereka memiliki kesempatan untuk membuat game, animasi, dan cerita dengan mudah yang juga bisa diposting agar orang lain dapat melihat hasil karya mereka. Saat ini, lebih dari 10 juta anak telah belajar membuat kode secara gratis menggunakan Scratch!

Klik DI SINI

2. Code.org

Code.org adalah organisasi nonprofit yang bertujuan membuat pendidikan ilmu komputer dapat diakses oleh setiap anak di dunia. Setiap materi pada situs ini terdapat tutorial video dan dilengkapi dengan latihan langsung yang menyenangkan di bagian akhir. Untuk anak-anak yang lebih kecil, berkisar dibawah 12 tahun, mereka akan belajar mengenai prinsip-prinsip dasar programing, namun buat anak-anak yang lebih besar, mereka bisa mempelajari HTML, JavaScript, buat game, dan lainnya. Semua materi yang tersedia telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Klik DI SINI

3. Code Monster

Keunikan situsini adalah belajar programing dengan mentornya adalah monster kecil yang lucu. Pada halaman utamanya, Code Monster akan mengajarkan kamu untuk memecahkan kode JavaSript sampai ratusan langkah sehingga pembelajaran akan seperti games. Keuntungan lainnya kamu tidak perlu melakukan pendaftaran dan verifikasi tertentu. Situs Code Monster besutan Crunchzilla ini juga cocok bagi para remaja hingga dewasa untuk mengenali bahasa pemograman sederhana.

Klik DI SINI

4. Gameblox

Sama seperti namanya, situs ini akan mengajarkan kamu untuk membuat game interaktif yang menyenangkan dengan menggunakan blok-blok sebagai bahasa pemogramannya. Tak ada ketentuan rentang usia yang bisa mencoba untuk membuat game melalui situs Gameblox ini sehingga orang dewasa pun bisa mencobanya. Game yang sudah kamu buat di Gameblox juga bisa didownload dan dibagikan dengan orang lain melalui komputer maupun smartphone.

Klik DI SINI

5. Swift Playgrounds

Dikembangkan oleh Apple, Swift Playgrounds merupakan cara menyenangkan agar anak-anak dapat mempelajari cara menggunakan Swift dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Swift adalah bahasa pemrograman yang diciptakan Apple untuk membuat aplikasi iOS dan Mac. Ada banyak level atau tantangan yang tersedia dalam Swift Playgrounds untuk mengajarkan dasar-dasar pengembangan aplikasi seluler. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak berusia 6 tahun ke atas. Sayangnya, Swift Playgrounds hanya tersedia secara gratis di Mac dan iPad.

Klik DI SINI

Kemajuan teknologi akan memberikan banyak manfaat baik bagi orang dewasa maupun anak-anak,  jika dipergunakan dengan benar. Oleh karena itu, lima situs dan aplikasi diatas akan membantu kamu untuk memperlajari coding dan programing sederhana secara gratis dan mudah. Share artikel ini ke kerabat dan sahabatmu yang memiliki anak kecil, ya!

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.