Hinet Internet Cepat 4G LTE
Teori Nebula Sebagai Awal Terbentuknya Tata Surya

Teori Nebula Sebagai Awal Terbentuknya Tata Surya

Teori Nebula Sebagai Awal Terbentuknya Tata Surya – Seperti yang sudah kamu ketahui, tata surya merupakan benda-benda yang berada di luar angkasa dan terdiri dari bintang besar dan beberapa objek mengelilinginya karena tertarik oleh gravitasi dan bintang besar itu bisa kita sebut dengan matahari. Hinet Lovers, pastinya kalian pernah memikirkan hal ini “bagaimana tata surya kita terbentuk? Lalu bagaimana teori terbentuknya alam semesta dan teori pembentukan tata surya?” Sebenarnya, beberapa astronom dan ilmuwan sudah menemukan teori pembentukan tata surya, salah satunya teori nebula. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait teori ini, yuk kamu langsung cek fakta dan gambar teori kabut nebula.

1. Awal Mula Ditemukan

Teori Nebula Sebagai Awal Terbentuknya Tata Surya - Awal Mula Ditemukan

Teori Nebula pertama kali dikenalkan oleh Immanuel Kant dan Piere Simon de Laplace sekitar 1749 – 1827 lalu. Berdasarkan teori ini, awal dari bentuknya tata surya ialah sebuah kabut pijar dan berpilin di luar angkasa. Lalu, kabut ini membentuk sebuah bola akibat dari perputarannya itu. Semakin lama, ukuran bola menjadi mengecil serta semakin merata di bagian kutub dan melebar di bagian equator. Selain itu, terdapat pula massa kabut yang menjauh dari bagian inti dan berubah menjadi cincin yang mengelilingi inti tersebut. Lalu, massa kabut ini menjadi sebuah planet karena membeku dan tetap mengelilingi matahari, inti dari tata surya.

Baca Juga: Ternyata Jupiter Selamatkan Bumi, Fakta Planet Gas Raksasa

2. Mirip Dengan Galaksi Messier 77

Teori Nebula Sebagai Awal Terbentuknya Tata Surya - Mirip dengan Galaksi Messier 77

Pada tahun 1780, seorang astronom asal Prancis, Pierre Méchain menemukan benda antariksa yang bernama Galaksi Messier 77. Menurutnya, Galaksi Messier sekilas mirip dengan Nebula. Lalu, hasil temuannya ini juga ia beri tahu kepada rekannya yang sesama astronom, Charles Messier. Berdasarkan lanjutan dari penyelidikannya, Messier mengatakan bahwa benda antariksa tersebut adalah sekelompok bintang. Galaksi yang memiliki gaya gravitasi yang besar ini memiliki bentuk spiral, karena benda-benda langit yang berada di sekitarnya tertarik oleh gravitasi yang dimiliki oleh galaksi itu sendiri.

Baca Juga: Perkiraan Warna Matahari dari Beragam Planet

3. Kelebihan Teori Nebula

Teori Nebula Sebagai Awal Terbentuknya Tata Surya - Kelebihan Teori Nebula

Teori ini memiliki kelebihan tertentu dan bahkan sangat berdampak pada ilmu pengetahuan. Adapun kelebihan dari teori Nebula yaitu berhasilnya dalam mengemukakan bahwa tata surya itu datar dan orbit yang berbentuk ellips planet mengelilingi matahari.

Baca Juga: Lebih Puas Internetan Pake Hinet Unlimited

4. Kelemahan Teori Nebula

Teori Nebula Sebagai Awal Terbentuknya Tata Surya - Kelemahan Teori Nebula

Dibalik kelebihan teori ini, nyatanya terdapat pula beberapa kelemahan. Menurut James Clerk Maxwell dan Sir James Jeans, planet yang memadat diakibatkan dari belum cukupnya massa bahan dalam gelang-gelang untuk menghasilkan tarikan gravitasi. Sedangkan menurut F. R. Moulton, teori kabut tidaklah memenuhi syarat, karena momentum sudut paling besar haruslah pada planet, bukannya pada matahari.

Ya, begitulah salah satu teori terbentuknya tata surya, yakni teori kabut nebula. Jadi kamu sudah tahu ya Hinet Lovers bagaimana gambaran mengenai teori pembentukan tata surya. Kemudian, bagi kamu yang ingin merasakan kemudahan berinternet, aktifkan Home Router dari Hinet yang bisa digunakan oleh 32 user. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.