Hinet Internet Cepat 4G LTE
Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate

Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate

Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate – Memiliki pekerjaan dan karir ideal merupakan cita-cita yang ingin digapai oleh semua fresh graduate. Setelah menyelesaikan masa studinya, mereka harus melanjutkan hidupnya untuk meniti karir. Tapi, tidak semudah itu. Kenyataannya, masih banyak fresh graduate yang masih menganggur dan masih bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Mengapa para fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan? Nih, Hinet akan berbaik hati untuk memberikan tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah dan menjabarkan beberapa alasan fresh graduate lama mendapatkan pekerjaan, agar bisa kamu jadikan pelajaran.

1. Lebih Membutuhkan yang Berpengalaman

Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate - Lebih Membutuhkan Yang Berpengalaman

Pada dasarnya perusahaan lebih memilih fresh graduate yang memiliki pengalaman. Kamu yang termasuk pelamar fresh graduate harus bersaing dengan yang lainnya. Sehingga kamu harus dituntut lebih menonjol dan berbeda dari kandidat yang lain. Jika kamu tidak memiliki pengalaman seperti kerja part-time, internship, ataupun freelance pastinya perusahaan akan meragukan kamu. Bahwasanya, perusahaan akan lebih percaya kepada mereka yang memiliki pengalaman, karena mereka sudah dianggap profesional.

Baca Juga: Pertanyaan Menjebak Saat Interview Ini Bikin Banyak yang Gagal Lolos

2. CV Kurang Menarik

Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate - CV Kurang Menarik

Sebelum mengirim CV kepada rekruter, pastikan dulu isinya lengkap dan desainnya menarik. Jangan hanya membuat CV dalam bentuk narasi yang standar saja. Nanti bisa jadi para rekruter mengabaikan dan tidak tertarik dengan CV-mu. Selain memperhatikan tingkat pendidikan, kamu harus tekankan fokusmu terhadap skill, prestasi, dan pengalaman yang kamu dapat ketika masih kuliah dulu.

Baca Juga: 5 Aplikasi GRATIS untuk Membuat CV Yang Menarik

3. Meremehkan Cover Letter

Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate - Meremehkan Cover Letter

Cover Letter berbeda dengan CV. Cover letter bisa menjadi media yang baik untuk menunjukkan kepribadian kamu secara lebih. Maka dari itu, ada beberapa perusahaan yang menjadikan Cover Letter sebagai faktor penentu diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut. Namun, masih saja ada yang meremehkannya. Terkadang, beberapa fresh graduate terlalu panjang dalam menulis Cover Letter, bahkan sampai kisah hidup mereka juga ditulis. Tetaplah profesional ya Hinet Lovers. Kamu cukup isi dengan hal yang penting saja dan maksimal 1 lembar. Terakhir, perhatikan juga tulisan yang “typo”, karena rekruter bisa menilai itu dari segi tingkat ketelitian dan tanggung jawab.

Baca Juga: 4 Langkah Pakai Linkedin untuk Mendapatkan Pekerjaan

4. Tidak Ada Nilai Tambah

Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate - Tidak Ada Nilai Tambah

Jika CV-mu ingin dilirik oleh rekruter, maka kamu harus menanamkan nilai lebih di dalam CV, seperti riwayat berorganisasi, kegiatan-kegiatan macam kepanitiaan atau volunteer, dan prestasi yang pernah diraih. Untuk prestasi, jika kamu hanya meraih juara harapan, tidak apa-apa jika kamu cantumkan di CV. Dengan komponen-komponen itu, dijamin rekruter akan mempertimbangkan kamu untuk diterima. Selain itu, kamu juga bisa mengambil kursus selagi menunggu kabar. Hitung-hitung, bisa untuk menambah skill.

Baca Juga: Makin Panjang Umur! Makin Hoki Pake Hinet Economy Plus 90 Hari

5. Terlalu Selektif Memilih Pekerjaan

Ternyata Ini Alasan Sulit Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate - Terlalu Selektif Memilih Pekerjaan

Ini masalah yang sering dihadapi oleh para Fresh Graduate. Terlalu selektif memilih kerja itu tidak bagus lho. Misal, kamu hanya terpaku dengan perusahaan yang kamu incar saja. Biasanya perusahaan yang notabene-nya besar dan terkenal. Efek yang dapat muncul jika memiliki sifat seperti ini yaitu hilangnya kesempatan kerja yang kamu raih. Kalau bisa, kamu boleh coba untuk melamar ke perusahaan lain, yang bidangnya masih sama seperti yang kamu minati. Meskipun bukan tempat yang dimau, kamu bisa jadikan itu menjadi pengalaman kerja yang dapat ditambahkan di CV.

Nah itu dia Hinet Lovers, beberapa tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah dan beberapa alasan fresh graduate lama mendapatkan pekerjaan. Jangan pernah berhenti untuk berjuang meniti karir ya. Tetap semangat dan jadikan Paket Unlimited Hinet sebagai teman penunjang aktivitas kamu. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.