Hinet Internet Cepat 4G LTE
Ternyata Jupiter Selamatkan Bumi, Fakta Planet Gas Raksasa

Ternyata Jupiter Selamatkan Bumi, Fakta Planet Gas Raksasa

Ternyata Jupiter Selamatkan Bumi, Fakta Planet Gas Raksasa – Berbicara mengenai Tata Surya pasti tidak terlepas dari planet raksasa yang bernama Jupiter. Ternyata Jupiter mempunyai fakta tersendiri, bahkan kehadirannya sangat penting di sistem tata surya. Berikut fakta planet gas raksasa ini.

1. Jupiter Menyelamatkan Bumi dari Benturan Benda Langit

Ternyata Jupiter Selamatkan Bumi, Fakta Planet Gas Raksasa -Jupiter selamatkan bumi dari benturan benda langit

Jupiter memiliki rotasi yang paling cepat diantara planet lainnya. Pemodelan dengan planet ke-5 ini sangat mirip dengan Uranus. Jupiter disebut sebagai penyelamat bumi karena aktivitas planet-planet yang baru, masih belum mencapai kestabilannya. Tabrakan antar planet masih sering terjadi. Planet gas raksasa ini sebagai penyelamat dengan manjadi “tameng” dari benda-benda langit dan menjaga keamanan bumi beserta planet lainnya.

Baca Juga: Perkiraan Warna Matahari dari Beragam Planet

2. Bulan Europa Kandidat Pengganti Bumi

Salah satu bulan Jupiter, bernama Bulan Europa merupakan salah satu kandidat yang menjanjikan yang dinilai bisa mendukung kehidupan di sistem tata surya menggantikan bumi. Hal ini disebabkan bulan ini memiliki samudera yang luasnya dua kali dibandingkan jumlah perairan di bumi. Meskipun begitu, belum diketahui ukuran persis samudera tersebut karena letaknya berada di bawah batu es yang tebalnya juga belum bisa diprediksi. Selain itu, Bulan Europa memiliki diameter sepanjang 1.900 mil atau 3.100 km, bentuknya lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran bumi.

Baca Juga: Lihat Yuk Bagaimana Keadaan di Luar Angkasa

3. Bola Gas Raksasa

Ternyata Jupiter Selamatkan Bumi, Fakta Planet Gas Raksasa - bola gas raksasa

Planet ini dijuluki sebagai bola gas raksasa karena atmosfer Jupiter terdiri dari 85% Hidrogen, 14% Helium, dan sisanya terdiri dari campuran gas metana, amoniak, serta elemen lainnya. Jika Planet Jupiter dilihat dari bumi berwarna kemerahan, hal ini diperkirakan karena hasil dari senyawa Amoniak dan H2S.

Baca Juga: Langkah Mudah Isi Ulang Paket Data Hinet

4. Jupiter Punya Puluhan Bulan

Para astronom sempat dibuat terkejut karena kehadiran Jovian (untuk menyebut satelit Jupiter) yang baru. Tidak tanggung-tanggung, penemuan tersebut adalah 12 bulan yang sebelumnya tidak diketahui telah mengorbit pada Jupiter. Bahkan sampai saat ini, total bulan Jovian mencapai 79 bulan. Jupiter menjadi satu-satunya planet yang mempunyai satelit terbanyak di antara planet yang lain. Kehadiran 12 buah bulan baru itu, membuat peneliti kebingungan mencari nama-nama untuk bulan-bulan baru tersebut.

Bagaimana Hinet Lovers? Kini kamu telah mengetahui betapa pentingnya peran Planet Jupiter terhadap bumi kita tercinta. Tetap gunakan Modem Home Router dari Hinet supaya kamu bisa terus menambah wawasan tentang tata surya. Untuk menikmati kemudahan internet unlimited dengan banyak akses dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.