Hinet Internet Cepat 4G LTE

Tips Akurat Memilih Kartu Memori HP

Tips Akurat Memilih Kartu Memori HP – Memori eksternal seperti MicroSD merupakan salah satu fitur penting dari smartphone Android. Terlebih lagi kamu dari awal sengaja untuk memilih storage kecil dan berniat memanfaatkan slot microSD untuk expandable storage.

Bayangkan, kalau misalnya hampir separuh dari kapasitas memori internal ponsel kamu terpakai untuk sistem operasi dan separuh lainnya untuk aplikasi harian, bagaimana kamu bisa memasang gim favorit, menyimpan foto beserta editannya, video, kiriman dari WhatsApp, video tiktok atau lainnya?

Tapi hati-hati lho saat membeli kartu memori atau MicroSD. Selain ada banyaknya MicroSD palsu, jika kamu salah membeli MicroSD dampaknya kamu akan rugi uang. Biar gak rugi, kamu harus tahu cara memilih MicroSD yang tepat.

Tips kriteria microSD yang perlu diperhatikan? Dan bagaimana cara memilih microSD yang cocok untuk smartphone kita?

Mengetahui Kapasitas Maksimal Kartu Memori Yang Dibutuhkan HPmu

Setiap smartphone punya kapasitas maksimal memori eksternal. Misalnya, Samsung Galaxy S7 Edge punya kapasitas microSD 32 GB. MicroSD yang melebihi kapasitas itu akan sulit bekerja dengan baik. Kapasitas ini berbeda-beda dari satu smartphone ke smartphone lain, jelas laman Techno Starry.

Dengan cocoknya MicroSD yang kita sudah cek pada HP, akan lebih membantu meringankan beban memori internal yang bekerja pada HP. Serta bisa memperlancar sistem operasi yang sedang berjalan menjadikan HP kamu tidak lemot.

Coba kamu teliti dahulu, sebelum membeli microSD. Kamu bisa mencari informasi lewat internet atau melalui manual book yang disertakan dalam pembelian smartphone. Daripada beli mahal-mahal tapi ujung-ujungnya gak terpakai?

Baca juga : Download Video Youtube Bisa Tanpa Aplikasi. Begini Caranya!

Kenali Jenis Kartu Memori HP, Agar Tidak Tertipu

Pembahasan dibawah ini agak ke teknis, mohon disimak alon alon ya, hehehe..

Sepintas kamu mungkin menganggap semua MicroSD itu sama. Padahal, ada pembeda yang cukup kentara di MicroSD, yakni jenis SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity). Perbedaan keduanya ini mengacu pada besar kapasitas maksimal yang didukung.

Baik SDHC maupun SDXC dibuat dengan kecepatan yang berbeda-beda untuk penggunaan yang berbeda pula yang ditandai dengan Class.

Jika kamu menggunakan microSD untuk keperluan merekam video, penting untuk mengetahui speed class minimumnya. Apabila speed class-nya kurang, gambar yang ditangkap pada perangkat kamu akan patah-patah bahkan rusak. Hal ini karena kecepatan perekaman data dan transfer data yang tidak seimbang.

Ada tiga jenis standar kecepatan transfer data berdasarkan jumlah data yang diterima per detik, berikut rinciannya:

  • Speed ​​class (Class 2, Class 4, Class 6, Class 10)
  • UHS speed class (U1, U3)
  • Video speed class (V6, V10, V30, V60, V90)

Dari ketiga jenis tersebut, UHS speed class tidak dapat digunakan kecuali dilengkapi dengan perlengkapan pendukung.

Video speed class sendiri merupakan standar speed class generasi baru. Jenis ini dikembangkan untuk perangkat yang sudah memungkinkan merekam video berkualitas tinggi 4K dan 8K.

Perekaman video 4K akan lebih lancar jika kamu menggunakan microSD V10 atau V30. Sementara itu, untuk perekaman video 8K menggunakan action camera atau drone, kamu sebaiknya menggunakan microSD V60 atau V90.

Cek Kekuatan Kartu Memori

Ketangguhan microSD menentukan keamanan data yang kamu simpan terutama saat perangkat kamu rusak. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih produk yang tahan air, tahan benturan, dan tahan panas. Hal ini akan membuat data yang disimpan dalam microSD jadi lebih aman.

Misalnya, jika ponsel kamu tenggelam, data yang tersimpan dalam microSD bisa diselamatkan. Selain itu, saat kamu menjadikan microSD sebagai drive recorder, kami merekomendasikan produk dengan rewriting data yang kuat. Kemudian, microSD yang tahan terhadap guncangan akan membantu mengamankan data saat terjadi kecelakaan. Bahkan, jika drive recorder-nya rusak, data yang terekam tetap bisa diakses.

Baca juga : 5 Situs Download Drama Korea Sub Indo Terbaik di Tahun 2020

Periksa Garansi

Perlu diketahui, makin besar kapasitas dan speed class produknya, makin mahal juga harganya. Bahkan, microSD dengan jenis dan level yang sama bisa memiliki harga yang berbeda. Salah satu penyebabnya adalah ada tidaknya garansi pada produk tersebut. Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih, pertimbangkanlah apakah kamu mementingkan harga atau jaminan produk.

Selain itu, ada juga beberapa produk yang ketika dijual di dalam negeri tidak mencakup biaya garansi. Hal ini mungkin untuk mengurangi biaya pembelian sehingga harganya bisa lebih murah. Jadi, jika kamu memprioritaskan keamanan, pilihlah microSD dengan harga yang lebih tinggi dengan jaminan yang aman.

Itu dia hal-hal yang harus kamu perhatikan saat membeli MicroSD. Semoga kamu bisa semakin berhati-hati agar tidak rugi karena membeli MicroSD yang palsu atau bahkan tidak bisa terpakai.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.