Tips Bikin Podcast Menarik, Bisa Viral!

Tips Bikin Podcast Menarik, Bisa Viral! – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “podcast”. Menurut Oberlo, podcast adalah siaran audio yang bisa diunggah di Internet atau platform lain.

Istilah podcast berasal dari iPod dan radio. Seperti namanya, siapa pun dari mana pun dapat mendengarkan siaran ini. Jika kamu tertarik membuat personal podcast, ikuti cara-cara di bawah ini untuk membuat podcast yang menarik dan menarik banyak orang untuk mendengarkannya.

Yuk simak tips bikin podcast kamu menarik dan tentunya bisa viral :

Menentukan Topik Dan Arah Pembicaraan

Teknik pembuatan podcast yang pertama adalah menentukan topik pembicaraan. Sama seperti siaran, di podcast ini kamu hanya mendengarkan audio atau suara saja.

Oleh karena itu, topik percakapan yang menarik menjadi sangat penting agar audiens tidak bosan. Selain menarik, pastikan tema yang kamu pilih juga bermanfaat bagi banyak orang.

Dua syarat yang harus dipenuhi untuk memilih sebuah topik, yaitu kamu menyukai atau menguasai topik tersebut, dan topik tersebut akan dibahas terus menerus.

Mengapa demikian? Karena jika kehabisan ide untuk pembahasan akan berpengaruh pada perkataan yang diucapkan sehingga membuat pembaca bosan dan bingung mengenai fokus pembicaraan.

Kamu juga harus bisa memberikan arah topik pembicaraan saat tektokan, yang pasti adalah arah yang banyak disenangi masyarakat pada umumnya.

Baca juga : Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Perhatikan Audio Rekaman Podcast

Setelah memilih tema, saatnya merekam audio melalui ponsel. Tidak perlu menggunakan perekam atau mikrofon dengan harga mahal jika kamu belum mampu membelinya.

kamu hanya perlu mengunduh aplikasi perekaman suara di Android atau iOS. Aplikasi perekaman suara tidak lebih jelas dari mikrofon mahal.

Untuk melakukan ini, harap dekatkan ponsel cerdas ke mulut kamu saat berbicara untuk mendapatkan suara yang lebih jelas.

Beberapa trik saat merekam dilakukan di tempat yang kedap suara. Misalnya kamar tidur. Karena ruangan kosong akan beresonansi dengan suara kamu dan membuat tidak nyaman.

Upload Dan Share Pada Platform Ternama

Rekaman podcast dapat diupload menggunakan dua aplikasi yang sering digunakan orang, yaitu Soundcloud dan Anchor. Pertama, unggah materi ke platform online.

Jika sudah yakin dengan konten podcast yang direkam, kamu bisa langsung menguploadnya. Namun, jika kamu tidak ingin merekam bagian atau suara tertentu, kamu dapat mengeditnya terlebih dahulu dengan aplikasi Audacity atau GarageBand.

Selain itu, kamu dapat menambahkan musik atau efek pembuka dan penutup pada rekaman agar lebih menarik. Disarankan untuk menyebarkan pelanggan di platform yang banyak dikenal orang, salah satunya Anchor.

Selain gratis, konten unggahan podcast kamu juga bisa langsung digunakan di Spotify, Apple Podcasts, Google Podcasts, dan platform lainnya, sehingga lebih mungkin untuk didengarkan.

Di saat yang sama, Soundcloud mengenakan biaya berlangganan bulanan sebesar Rp 200.000. Keuntungannya adalah kamu dapat mengunggah lebih dari 3 jam podcast sekaligus.

Baca juga : Mau Ngobrol Sama Bule? Coba 5 Aplikasi Chat Dengan Bule Ini

Selalu Konsisten & Kreatif

Setelah menyelesaikan tiga hal di atas, kini kamu resmi menjadi podcaster. Selain itu, agar podcast kamu menarik dan ingin lebih banyak pendengar, kamu harus lebih konsisten saat mengupload dan memilih topik menarik lainnya.

Dan juga sering membahas topik-topik terkini atau terhangat, bisa juga kamu membuat podcast yang beda, yang lebih unik dan tidak banyak orang menggunakannya.

Demikian artikel ini, membuat podcast bukan satu hal yang mudah, melainkan harus membuat konsep yang sempurna dan menentukan topik apa yang dibahas dan juga mengolah pembicaraan agar pendengar yang mendengarkan podcastmu merasa nyaman.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.