Hinet Internet Cepat 4G LTE
Tips Cara Menghindari Berita Hoaks

Tips Cara Menghindari Berita Hoaks

Tips Cara Menghindari Berita Hoaks – Kemajuan dan kemudahan dalam berkomunikasi terus berkembang di kehidupan masyarakat. Jika dahulu sumber berita berasal dari media radio, televisi, koran, akan tetapi sekarang ini siapa saja bisa menyebarkan berita melalui internet. Di samping kemudahan yang diberikan, namun tidak lepas dari dampak negatif, misalnya mudah tersebar berita-berita bohong atau hoaks di kalangan masyarakat. Kepekaan terhadap hoaks ini memerlukan kepedulian penuh di masyarakat karena persebaran berita-berita hoaks dapat memicu permasalahan di masyarakat. Berikut ini Hinet memiliki cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menghindari hoaks.

1. Lihat Narasumbernya

Salah satu langkah yang dinilai paling ampuh untuk menghindari berita hoaks adalah dengan melihat narasumbernya. Misalnya kamu melihat siapa yang menjadi narasumber untuk berita tersebut, jika dalam berita tersebut tidak memiliki narasumber, berarti kamu harus melihat asal sumber dari mana kamu mendapatkan berita tersebut. Sebagai contoh, kamu mendapatkan berita tersebut dari media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram, kemudian coba lakukan pencarian ulang di internet. Jika tidak ada sumber berita yang terpercaya atau malah meragukan, maka lebih baik kamu jangan mempercayai berita itu.

2. Hati-Hati dengan Judul Yang Bersifat Provokasi

Judul berita tentunya yang pertama kali kamu baca dari suatu berita. Judul yang menurutmu mengundang provokasi atau memunculkan ujaran kebencian dan memiliki sifat untuk mengadu domba sebaiknya jangan kamu baca. Kebanyakan judul yang bersifat provokatif akan mengundang rasa penasaran yang tinggi kepada pembaca sehingga membuat orang lain tergiur untuk membacanya. Hal ini sering kali menjadi peluang yang dimanfaatkan media agar bisa meningkatkan kunjungan website. Padahal berita tersebut belum terjamin kebenarannya.

3. Bandingkan Dengan Berita Lain

Nah cara berikutnya yang dinilai ampuh untuk menghindari berita hoaks adalah dengan membandingkan dengan berita dari sumber lainnya. Jika Hinet Lovers membaca berita atau artikel yang masih kamu ragukan kebenarannya maka lebih baik kamu cari sumber lain dengan judul yang terkait di media yang menurutmu lebih terpercaya dan lebih valid. Membandingkan lebih dari satu media menjadi yang paling ampuh dilakukan untuk mencegah hoaks.

4. Baca dan Pahami Sampai Tuntas

Kebiasan orang yang hanya membaca judulnya saja atau tidak membaca secara tuntas merupakan suatu hal yang salah. Hal itu tidak benar dilakukan karena belum tentu sang penulis menyampaikan isi berita di awal atau di tengah kerangka berita. Dengan membaca sampai tuntas kemudian dipahami garis besarnya secara baik bisa membantu kamu untuk menghindari berita hoaks. Jangan sampai kamu membaca berita setengah-setengah atau malah salah tangkap isi berita tersebut.

5. Jangan Langsung Share

Tidak bisa dipungkiri lagi, di zaman sekarang ini banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi sumber yang paling update untuk penyebaran berita. Pemikiran ini seharusnya jangan sampai dilakukan. Seharusnya setiap orang berlomba-lomba untuk menjadi sumber yang paling valid kebenarannya di samping paling update. Utamakan dahulu kebenaran berita baru kamu bisa membagikan berita tersebut kepada orang lain.

Hinet Lovers juga bisa loh, menjadi penutup berita hoaks yang sudah terlanjur tersebar. Dari diri sendiri harus peka terhadap berita hoaks. Jika kamu sudah mengetahui kebeneran berita itu barulah kamu bisa share berita tersebut dengan menggunakan Paket Unlimited dari Hinet yang akan membuat kuotamu hemat terus.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.