Tips Kebiasaan Sehat Yang Bikin Kamu Awet Muda

Tips Kebiasaan Sehat Yang Bikin Kamu Awet Muda – Jika kamu mengikuti orang Jepang dan Korea, kamu mungkin akan terkejut bahwa jarang orang yang kelebihan berat badan. Bukan tanpa alasan, banyak dari mereka yang tahu pentingnya kesehatan.

Tidak mengherankan jika angka harapan hidup di kedua negara ini tinggi. Menurut laporan United Nations Population Division, penduduk Jepang dan Korea Selatan memiliki angka harapan hidup tertinggi di Asia, antara 82-83 tahun.

Tak hanya itu, dengan meluncurkan laman CIA, Jepang dan Korea Selatan memiliki angka obesitas terendah. Tentunya prestasi yang menggembirakan itu merupakan buah dari kebiasaan sehat yang dilakukan oleh warga kedua negara tersebut. Contohnya, berikut beberapa kebiasaan sehat yang dianut masyarakat Jepang dan Korea.

Selalu Makan Sayuran Dan Porsi Makan Yang Kecil Tapi Konsisten

Orang Jepang dan Korea memasukkan banyak mangkuk kecil menjadi satu porsi. Kebiasaan ini memudahkan mereka dalam mengatur makanan. Selain itu, dengan menggunakan mangkok, makanan akan tampak lebih kaya. Faktor lainnya adalah penggunaan sumpit.

Sebelum kita menyadarinya, kita juga bisa meniru kebiasaan makan dengan sumpit. Menggunakan perkakas ini dapat membuat kita mengurangi gigitan, membantu mengunyah makanan dengan lebih baik, memperlambat waktu makan, dan membantu kita menunggu perasaan kenyang mencapai otak.

Oleh karena itu, makan lebih sedikit agar makanan lebih mudah dicerna. Sayuran merupakan menu penting. Jangan makan makanan dengan saus tomat, mayones, kecap, saus barbekyu, dan bumbu lainnya. Mereka makan lebih banyak sayuran segar dan utuh, seperti kimchi, sup, natto, miso, dll.

Baca juga : Makanan Sehat yang Bisa Mengurangi Mata Minus

Lebih Sering Mengkonsumsi Masakan Rumah

Banyak orang Jepang dan Korea yang pandai memasak. Padahal, mereka sudah diajari memasak sejak masih sangat muda. Dari situ, mereka terbiasa memasak masakan rumahan.

Dengan memasak makanan sendiri, kamu bisa tahu persis berbagai nutrisi yang kamu konsumsi. Selain itu, kamu secara tidak langsung menghindari makan fast food (makanan cepat saji) dan makanan dengan zat tambahan seperti pewarna, pengawet, dan penyedap rasa.

Sedikit Konsumsi Cemilan Dan Memperbanyak Makan Makanan Rendah Kalori

Orang Jepang biasanya tidak makan makanan ringan setelah jam 4 sore, dan sarapan serta makan malam fokus pada ikan dan sayuran.

Mereka juga cenderung tidak makan banyak makanan penutup (puding, kue, biskuit, dll.) Di rumah. Juga di Korea, pola makan masyarakat adalah menghindari camilan dan makanan berkalori tinggi. Orang Jepang dan Korea sering memilih teh hijau sebagai minuman di rumah dan restoran.

Bahkan di Jepang, kamu bisa mendapatkan teh hijau secara gratis di restoran. Manfaat kesehatan teh hijau telah dipelajari secara ekstensif. Salah satunya menunjukkan dalam majalah “Chinese Medicine” tahun 2010 bahwa konsumsi teh hijau dalam jangka panjang dapat memerangi obesitas, diabetes tipe 2, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Mengutamakan Jalan Kaki

Dikatakan bahwa orang Korea dan Jepang sedang berjalan-jalan. Jika tempat kerja, kampus atau sekolah terlalu jauh dari rumah, mereka akan menggunakan angkutan umum atau sepeda.

Selain terbukti ramah lingkungan, kebiasaan tersebut bisa menyehatkan tubuh secara efektif. Menurut studi tahun 2017 oleh jurnal Nature, Jepang dan Korea Selatan termasuk di antara empat negara tempat orang paling aktif berjalan kaki.

Kamu bisa mengembangkan kebiasaan sehat ini dengan menghindari penggunaan kendaraan bermotor dalam jarak dekat. Lebih suka berjalan atau setidaknya bersepeda. Atau, jika benar-benar harus bepergian dengan mobil, cobalah untuk memarkir mobil lebih jauh agar kamu dapat melewati lebih banyak jalan dan gunakan tangga daripada lift jika memungkinkan.

Baca juga : Tren Menu Sehat, Berikut Manfaat Salad Buah Untuk Tubuh

Rutin Berolahraga

Semakin banyak orang Jepang dan Korea yang menyadari pentingnya olahraga. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2018 oleh IHRSA Asia Pacific Health Club Report, Jepang dan Korea Selatan merupakan dua negara dengan jumlah klub kebugaran terbesar di kawasan Asia-Pasifik.

Untuk ini, kamu bisa memulainya dengan peralatan fitnes yang murah meriah di rumah, seperti barbel, sepeda stasioner atau treadmill (jika punya).

Jepang dan Korea merupakan dua negara yang layak dijadikan patokan dalam hal pola hidup sehat. Jadi, buat kamu yang masih bingung untuk memulai pola hidup sehat dari mana, kamu bisa meniru lima kebiasaan di atas.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.