Hinet Internet Cepat 4G LTE

Tips Membuat Password Akun yang Unik dan Anti Hack

Tips Membuat Password Akun yang Unik dan Anti Hack – Di zaman serba online ini membuat kata ‘password’ tak asing ditelinga banyak orang. Salah satu syarat untuk memiliki akun media sosial selain memiliki alamat email adalah membuat kata sandi. Kata sandi atau password ini bagaikan gembok pagar rumahmu. Percuma saja jika kamu memiliki pagar yang sangat besar dan tinggi namun tidak ada gembok yang mengunci rumahmu dari serangan orang jahat, seperti perampok. Begitu juga dengan media sosial, tanpa adanya kata sandi ini maka alangkah mudahnya orang lain bisa mengakses akunmu.

Terlebih dengan adanya para hacker yang bisa menjadi ancaman bagi keamanan data dan privasimu, sehingga kamu diwajibkan untuk membuat password yang kuat agar mereka tak akan menembus pertahanan tersebut. Jika kamu membuat password asal-asalan maka tak menutup kemungkinan bahwa akun media sosialmu rentan untuk diretas. Sebaiknya, password akunmu harus dibuat sekreatif mungkin tapi tetap mudah untuk diingat.

Kalau kamu bingung gimana caranya membuat password yang tidak mudah untuk diretas, Hinet Lovers bisa mencoba beberapa tips berikut ini, ya!

1. Lirik Lagu

Tips pertama yang Hinet sarankan untukmu adalah password panjang yang berisi tentang lirik lagu kesukaanmu. Dari sekian banyak kalimat yang ada pada lirik lagu, kamu bisa mengambil satu hingga 2 kalimat untuk dijadikan sebagai password akun media sosialmu. Dengan begitu kamu tak akan cepat lupa kata sandi yang kamu buat apalagi kamu juga bisa bersenandung, nih saat menuliskannya. Contoh insipirasi lirik lagu yang bisa kamu coba, seperti lirik lagu Cardigan milik Taylor Swift yang lagi hits saat ini ‘when you are young they assume you know nothing’ atau kamu juga bisa menggunakan sepenggal lagu anak-anak, yaitu ‘cicak-cicak di dinding diam-diam merayap.’

2. Judul Buku

Biasanya judul buku favorit seseorang akan sulit ditebak makanya salah satu tips paling jitu untuk membuat password yang unik adalah menggunakan judul buku yang kamu suka. Namun, kamu harus pastikan terlebih dahulu apakah judul bukumu memenuhi persyaratan jumlah karakter kata sandi yang diminta. Maka sebaiknya, gunakan judul buku yang agak panjang, seperti ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini’ milik Marchella P. yang juga telah diangkat ke layar lebar Indonesia.

3. Karakter Khusus

Satu hal yang wajib untuk kamu gunakan dalam merangkai kata sandimu adalah karakter atau simbol khusus. Dengan menyisipkan karakter-karakter ini maka password yang kamu buat akan semakin kokoh sehingga orang lain akan sulit menebak kata sandimu. Apalagi kalau kamu menyisipkan karakter unik ini secara silih berganti, pastinya juga akan sulit untuk diretas oleh hacker. Sebagai contohnya adalah ‘H@l0&apa<Kabar!^^’. Namun, kamu harus lebih ekstra untuk mengingat password yang kamu buat dengan karakter khusus ini, ya Hinet Lovers!

Baca Juga: 7 Jenis Hacker di Dunia Teknologi yang Kamu Harus Tahu

4. Qoutes Favorit

Hayoo, siapa disini yang suka cari-cari quotes bijak saat menulis status atau caption? Nah, kalau kamu suka membuat caption di Instagram dengan menggunakan quotes terkenal maka kamu juga bisa untuk menggunakan quotes ini pada passwordmu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan huruf besar dan kecil dalam rangkaian quotesnya agar kata sandimu semakin kuat, seperti ‘What’s coming is Better than What is Gone’. Kira-kira, apa nih kutipan favoritmu?

5. Gunakan Angka

Tak dipungkiri salah satu tips yang paling sering digunakan dalam membuat kata sandi adalah menggunakan angka. Sebaiknya, angka-angka yang akan kamu gunakan tidak mudah ditebak dan berkaitan denganmu, contohnya tanggal ulang tahun. Kamu juga dapat menggunakan angka untuk menggantikan huruf dalam passwordmu, seperti ‘Ay0K1t4B3La7ar’. Walaupun terlihat alay namun kombinasi ini sangat efektif dan tak mudah ditebak, lho!

6. Bahasa Asing

Tips selanjutnya adalah menggunakan bahasa asing pada passwordmu. Lebih baik lagi jika bahasa asing tersebut bukanlah bahasa Inggris. Kamu bisa memilih dan menggunakan quotes yang tertulis dalam berbagai bahasa di dunia. Beberapa bahasa yang bisa kamu gunakan adalah Spanyol, Prancis, Jerman, Belanda, dan banyak macam lainnya. Sebagai contoh ‘la vie est belle’, password ini merupakan salah satu kutipan dalam bahasa Prancis. Dengan begitu orang lain akan sulit untuk meretas akun media sosial yang kamu miliki. Nah, adakah dari Hinet Lovers yang bisa menerjemahkan quotes bahasa Prancis ini?

7. Autentifikasi Dua Faktor

Jangan lupakan langkah yang satu ini, ya Hinet Lovers karena dengan melakukan autentifikasi dua faktor akan keamanan password akan semakin terjaga dan sulit ditembus oleh orang lain. Autentifikasi dua faktor adalah metode untuk mengkonfirmasi identitas yang pemilik akun dengan menggunakan kombinasi dari dua faktor yang berbeda, yaitu sesuatu yang mereka tahu dan juga sesuatu yang mereka miliki.

Demikian tips untuk membuat password akun yang unik, kreatif, dan pastinya sulit untuk diretas. Semoga dengan menggunakan cara-cara seperti diatas maka kamu tak akan mudah untuk melupakan kata sandi yang kamu gunakan.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.