Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas

Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas – Laptop adalah perangkat komputer portabel yang dapat dibawa hampir ke mana saja, dan kinerjanya hampir setara dengan PC desktop. Hal ini menjadikan laptop favorit berbagai kalangan termasuk para gamer dan developer. Orang-orang ini sebenarnya perlu memiliki spesifikasi yang tinggi untuk peralatan komputer.

Namun, hasil dari laptop yang tipis ini adalah fungsi pembuangan panas (kipas) di dalamnya sangat terbatas dari mulai ukuran kipasnya yang kecil dan juga pendinginannya tidak merata pada semua bagian, kecuali kipas yang digunakan menggunakan kipas eksternal, didalam laptop tidak ada cukup ruang untuk memasang kipas pendingin yang memumpuni jika laptop tersebut digunakan untuk aktivitas yang berat.

Oleh karena itu laptop secara alami akan relatif cepat panas karena komponen lain (seperti harddisk, RAM bahkan motherboard) tidak memiliki sistem pendingin (dalam hal ini kipas), yang tentunya dapat merusak komponen tersebut.

Namun bukan berarti kita membiarkannya begitu saja, karena laptop yang panas akan sangat mempengaruhi kinerja kita, efek yang dirasakan ketika panas, biasanya laptop terasa lemot / lambat, bahkan sering hang / tidak responsif saat digunakan.

Berikut cara menangani laptop yang cepat panas :

Tempatkan Posisi Laptop Pada Bidang Yang Datar Saat Penggunaan

Laptop mungkin bisa mengalami suhu tinggi karena cara pemakaiannya. Misalnya karena laptop digunakan pada permukaan yang tidak rata (seperti selimut atau bantal), maka lubang ventilasi akan tertutup. Sirkulasi suhu panas dan udara pada sekitar laptop tidak akan menyatu, hanya udara yang didalam laptop saja yang digunakan, maka akan timbul hawa panas saat laptop ditempatkan pada bahan yang tidak rata dan keras.

Kemudian penyebab laptop cepat selanjutnya, laptop digunakan pada bahan atau konduktor penghantar panas. Lalu Laptop juga digunakan di ruangan atau lingkungan bersuhu tinggi. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna laptop memperhatikan lingkungan sekitar saat menggunakan laptop.

Letakkan laptop di atas permukaan datar yang tidak akan menutupi lubang ventilasi, sebaiknya diletakaan pada suhu yang sejuk. Anda bisa mulai membeli meja laptop untuk duduk di lantai, kasur atau sofa. Aksesoris ini memberikan kondisi yang nyaman bagi perangkat dan pengguna.

Baca juga : Perbedaan Sleep Dan Shutdown Pada Laptop

Instal Sistem Operasi Dan Perangkat Lunak Yang Ringan

Jika spesifikasi laptop kamu tergolong rendah, maka jangan sekali sekali kamu instal sistem operasi dan perangkat lunak yang melebihi kesanggupan spesifikasi laptopmu bekerja. Karena akibatnya jika kamu instal sistem operasi dan perangkat lunak yang melebihi kesanggupan kinerja laptopmu dampak yang ditimbulkan yang paling terasa ialah performa laptopmu akan melambat atau lemot.

Sistem operasi dan perangkat lunak yang berat otomatis membutuhkan kinerja yang lebih untuk menjalankannya jika laptop yang kamu gunakan spesifikasinya rendah, maka akan terasa hawa panas dari perangkat keras yang sedang bekerja pada laptopmu untuk menjalankan sistem operasi dan perangkat lunak yang berat.

Kamu bisa menggunakan sistem operasi windows 7, karena windows 7 cukup dikenal sangat ringan dibanding windows 8 atau 10. Dan jika dibutuhkan kamu bisa menggunakan juga Windows XP.

Instal perangkat lunak yang ringan atau yang dibutuhkan aja. Jika laptop yang digunakan spesifikasinya rendah sebaiknya jangan memaksakan menginstal perangkat lunak, yang melebihi kinerja leptopmu.

Selalu Bersihkan Laptop Secara Rutin

Pentingnya menjaga kebersihan laptop, selain menjaga sistem, juga perlu rutin membersihkan laptop dan debu-debu pada laptop. Jangan dianggap enteng, debu yang kotor juga bisa memengaruhi performa laptop kamu. Debu adalah salah satu musuh utama laptop, bahkan hanya dengan debu laptopmu bisa jadi cepat panas.

Karena perangkat keras yang sedang beroperasi pada laptopmu akan terganggu bahkan tersendat oleh debu yang menumpuk. Bersihkan debu pada laptopmu secara rutin, misalkan satu minggu sekali, kamu bisa memulainya dari body luar untuk membersihkannya.

Lalu bisa dilanjutkan kamu membongkar laptopmu, bersihkan secara hati hati pada bagian dalam laptopmu. Agar mudah membersihkannya siapkan peralatan sederhana seperti tisu, sikat gigi bekas, lalu kain yang tidak terpakai. Alat yang kamu gunakan diharuskan berpermukaan lembut, agar tidak ada perangkat manapun yang tergores.

Baca juga : Pilih SSD atau HDD? Wajib tahu sebelum beli!

Gunakan Pendingin Atau Kipas Laptop Eksternal

Menggunakan perangkat kipas laptop eksternal sebagai alas laptop (angin bertiup ke bagian bawah laptop) atau sebagai penutup ventilasi (membantu membuang panas dari bagian dalam laptop) sangat efektif dan dapat dengan cepat membuang hawa panas laptop dan membuat laptop cepat meredakan suhu panas.

Namun, beberapa orang berpendapat penggunaan perangkat ini kurang baik untuk komputer, pertama karena cooling pad eksternal mengambil daya (kurang lebih 5volts) dari salah satu port USB laptop untuk menyalakan motor (dinamo) pada kipasnya, hal itu disinyalir dapat menyebabkan port USB yang digunakan menjadi kelebihan beban.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi laptop yang cepat panas, dengan begitu kamu tidak perlu khawatir jika mengalami laptop panas, cukup penanganan yang rutin dan laptopmu akan cukup ringan digunakan.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.