Hinet Internet Cepat 4G LTE
Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer – Mungkin kalian akan merasa kesal atau marah jika tiba-tiba file penting yang berada di komputermu tidak nampak wujudnya, alias terhapus. File bisa terhapus karena 2 hal, pertama karena tidak disengaja dan kedua karena virus. Kalau sudah begini, pastinya rasa panik secara tidak langsung akan muncul dan mulai menghantuimu. Tetapi kalau ada yang sudah paham bagaimana cara mengembalikan file komputer yang hilang, tentu kejadian seperti terhapusnya file bukan lagi mimpi buruk bagi mereka.

Namun akan berbeda ceritanya jika ada Hinet Lovers yang belum paham cara mengembalikan file komputer. Pasti mereka akan ketar-ketir dan dicampur rasa was-was. Tenang! Kalau masih ada yang belum mengerti, kali ini Hinet akan membagikan tips mendapatkan kembali file komputer yang terhapus untukmu.

Tips Mendapatkan Kembali File Komputer yang Terhapus

Kalau sudah hidup di era modern, Hinet Lovers sebetulnya tidak perlu khawatir lagi. Untuk mengembalikan file yang terhapus di komputer bukanlah perkara yang sulit saat ini, dikarenakan teknologi sudah semakin berkembang dan canggih. File penting yang sebelumnya ada di komputermu itu pada dasarnya tidak betul-betul menghilang. Kamu bisa mencoba beberapa hal yang akan Hinet jelaskan di bawah ini, agar file pentingmu kembali seperti semula.

1. Lihat Folder Recycle Bin

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - recycle bin

Ketika file di komputermu terhapus, sebetulnya file tersebut tidak benar-benar menghilang. Windows masih menampung data-datanya di dalam folder yang bernama Recycle Bin. Buat belum tahu, Recycle Bin ialah fitur bawaan Windows yang sudah terpasang secara otomatis di dalam PC atau laptop.

Folder Recycle Bin berisikan kumpulan data yang terhapus. Apabila datamu masih ada di Recycle Bin, maka kamu hanya perlu klik kanan dan pilih opsi Restore. Data kamu akan kembali seperti sedia kala dan bisa digunakan kembali.

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Data Flashdisk yang Terhapus

2. Piriform Recuva

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - recuva

Aplikasi Piriform Recuva hadir dengan tampilan atau grafis yang simpel, sehingga pengguna dapat memahaminya dengan mudah. Ketika membuka aplikasi ini, kamu akan diarahkan ke tampilan Recovery Wizard. Selanjutnya Hinet Lovers akan diberikan beragam opsi jenis file yang ingin dikembalikan, seperti gambar, file terkompresi, dokumen, atau file lainnya. Jika kamu sudah memilih jenis filenya, maka secara otomatis aplikasi ini akan langsung mencarikan file tersebut.

Bahkan, Piriform Recuva dapat Hinet Lovers manfaatkan untuk melakukan “Deep Scan” dan memerintahkan aplikasi ini juga untuk menemukan file yang terhapus. Jika file tersebut berhasil ditemukan, maka aplikasi ini pun akan memperlihatkan semua file yang bisa dikembalikan.

Baca Juga: SMS yang Terhapus di Android Bisa Dengan Mudah di Kembalikan Dengan Cara Ini

3. PC Inspector File Recovery

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - PC Inspector File Recovery

Aplikasi selanjutnya yang dapat Hinet Lovers coba untuk mengembalikan file yang terhapus adalah PC Inspector File Recovery. Ikuti langkah-langkah penggunaan aplikasinya sebagai berikut:

  • Instal aplikasi PC Inspector File Recovery di website resminya
  • Setelah terunduh di PC, bukalah dan kemudian kamu akan dihadapkan pada bagian dashboard
  • Pilihlah opsi “Recover Deleted Files”, kemudian lanjutkan dengan memilih opsi “Select Logical Drive”
  • Kemudian kamu akan dihadapkan ke daftar drive, pilihlah disk dimana file kamu hilang, setelah itu tap centang hijau untuk melanjutkan proses scanning
  • Tunggu hingga proses scan selesai
  • Cek status file, apabila bertuliskan “Good” maka file yang terhapus masih aman dan bisa dikembalikan secara utuh
  • Klik kanan pada file yang ingin kamu kembalikan tersebut dan dilanjutkan dengan klik “Save to”
  • Pilihlah lokasi penyimpanan file dan lanjutkan dengan klik OK
  • Tunggu hingga proses restore file selesai

Baca Juga: 4 Fitur Penting Rahasia Whatsapp. Bisa Baca Pesan yang Sudah Terhapus.

4. DMDE Free Edition

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - DMDE

Selain Piriform Recuva, aplikasi yang juga menyediakan fitur “recovery file” untuk mengembalikan file yang terhapus adalah DMDE. Istimewanya, DMDE mampu mengembalikan file dari drive yang berukuran luas, yakni 2TB. Cara kerja aplikasi ini pun sebenarnya cukup rumit, sehingga tidak sembarang orang yang mampu mengoperasikannya. Hinet Lovers dapat memerintahkan aplikasi ini untuk mengidentifikasi seluruh partisi dengan opsi yang jelas dan kamu dapat memilih drive dimana kamu menyimpan file tersebut.

Dibalik segala kelebihannya, nyatanya kamu ada pula beberapa kelemahan yang akan kamu temui pada aplikasi ini. Selain tampilan dan graphics user interface yang cukup rumit, ada batasannya juga jika kamu ingin melakukan Recovery File, dikarenakan sifatnya yang gratis (Free). Kalau ingin fitur yang lengkap tanpa adanya batasan, maka kamu harus update DMDE ke versi yang Standard atau Express.

Baca Juga: Cara Mudah Keluar Dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

5. Stellar Phoenix

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - Stellar Phoenix

Aplikasi Stelar Phoenix merupakan salah satu aplikasi recovery file yang penggunaannya terbilang sangat mudah. Menariknya, aplikasi ini mampu mengembalikan data yang terhapus dari folder dengan jumlah yang banyak atau hanya file-file tertentu saja. Bahkan, selain dari data hard disk, Stellar Phoenix sanggup mengembalikan data dari CD, DVD, SD Card, hingga USB Drive. Beberapa jenis file yang dapat di recovery aplikasi ini diantaranya berbagai jenis dokumen, musik, video, gambar, file arsip, dan database.

Baca Juga: Petunjuk Memilih Paket Internet Rumah Paling Ekonomis

6. MiniTool Partition Recovery

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - Minitool

Satu lagi aplikasi yang bagus untuk mengembalikan data yang terhapus dari komputer, yaitu MiniTool Partiton Recovery. Sebagai seorang pemula, aplikasi ini akan sangat cocok untukmu. Dikarenakan, aplikasi ini hadir dengan tampilan yang sangat bersahabat dan sekaligus dilengkapi dengan panduan yang lengkap.

Selain pada hard disk, aplikasi MiniTool bisa Hinet Lovers gunakan untuk mengembalikan file yang hilang pada email, CD, ataupun drive lainnya. Aplikasi ini pun juga bersahabat dengan PC yang mengusung OS Windows 2000, Vista, XP, WindowS 7 dan 8.

Bagaimana Hinet Lovers? Jadi kamu sudah paham ya bagaimana cara mengembalikan file komputer yang hilang. Tidak perlu kebingungan lagi kalau sewaktu-waktu datamu menghilang. Cukup ikuti saja tips-tips yang sudah Hinet bagikan padamu.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, tidak lupa juga Hinet ingin merekomendasikanmu Paket Internet Murah 2019 terbaik nih!

Selain Paket Internet Rumah murah, Paket Internet Unlimited murah, Hinet juga memiliki paket internet murah 2019 lainnya yang spesial untukmu khusus pengguna MIFI 4G Hinet, yaitu MIFI SUPER XTREME!

MiFi Super Xtreme

Apabila Hinet Lovers merupakan warganet yang aktif, maka solusi yang tepat sebagai penunjang aktivitas internetanmu ialah dengan membeli MIFI SUPER XTREME dari Hinet. Jadi, Hinet Lovers dapat membeli MIFI 4G Hinet, dan membeli paket MIFI SUPER XTREME dengan harga mulai dari IDR 350.000 dan nantinya kamu akan mendapatkan kuota utama sebesar 35GB dengan masa aktif 60 hari.

Menariknya lagi dari paket internet murah MIFI SUPER XTREME, kamu akan mendapatkan bonus recharge untuk 3x Top Up di awal paket IDR 150.000 dan IDR 225.000 dapat Kuota Utama Ganda.

MiFi Super Xtreme

Bagaimana? Tertarik untuk membeli MIFI dan paket internet paling murah SUPER XTREME dari Hinet? Kalau iya, promo ini hanya berlaku di setiap pembelian online melalui Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Mau internetan dengan lancar dan mendapatkan kuota melimpah? Buruan beli HINET sekarang juga! Kamu bisa temukan juga paket internet paling murah dan promo menarik Hinet lainnya di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.