Hinet Internet Cepat 4G LTE
Tips Mudah Mengubah HP Menjadi Modem

Tips Mudah Mengubah HP Menjadi Modem

Tips Mudah Mengubah HP Menjadi Modem – Modem WiFi portable merupakan benda berukuran mini, namun mampu memberikan segudang manfaat. Dengan adanya modem WiFi 4G LTE, Hinet Lovers dapat mengakses internet untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda. Akan tetapi, jika modem WiFi portable tiba-tiba ada kendala, maka hal ini akan menjadi musibah untukmu. Khususnya bagi Hinet Lovers yang sedang memakai PC atau laptop.

Tenang, kamu bisa kok mengubah HP menjadi modem. Ya, HP jadi modem PC dan laptop merupakan solusi yang tepat apabila modem WiFi portable terkena masalah. Bagi yang belum paham bagaimana cara membuat HP menjadi modem dengan kabel data dan sebagainya, Hinet akan jelaskan padamu lebih rinci.

Cara Mengubah Smartphone Menjadi Modem

Smartphone bisa kamu jadikan sebagai sumber daya cadangan dalam hal jaringan internet. Alasannya, setiap smartphone kini sudah disematkan dengan fitur “tethering”. Hinet Lovers pastinya sudah sering mendengar dan familiar dengan “tethering”, akan tetapi dari segi pemahamannya mungkin beberapa di antara kalian masih ada yang belum begitu mengerti.

Tethering (penambatan) merupakan fitur yang berguna untuk mengubah sebuah HP menjadi modem atau router, sehingga memungkinkan si penggunanya untuk dapat mengakses internet melalui perangkat lain (PC/laptop) dengan mengkoneksikannya ke jaringan internet smartphone.

Ada beberapa metode tethering yang perlu Hinet Lovers ketahui, ada yang dengan melalui Bluetooth, ada yang dengan kabel USB, dan ada pula yang menggunakan WiFi Hotspot.

Apabila kamu menggunakan tethering dengan WiFi Hotspot, maka jumlah perangkat yang dapat terhubung dengan jaringan internet smartphone bisa lebih dari satu. Sedangkan dengan kabel USB yang dapat terhubung hanyalah satu perangkat saja.

Penggunaan tethering dengan metode Bluetooth bisa dikatakan cukup lambat, bila dibandingkan dengan kecepatan metode WiFi hotspot dan kabel USB. Namun, dibalik kelemahannya itu, metode Bluetooth memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh keduanya, yaitu dari segi keamanan.

Berikut ini, cara membuat HP menjadi modem dengan kabel data USB, bluetooth, dan WiFi hotspot:

1. Metode Kabel Data

Tips Mudah Mengubah HP Menjadi Modem - kabel data

Metode pertama yang bisa kamu coba untuk membuat HP menjadi modem yaitu dengan kabel data USB. Berikut ini langkah-langkah menjadikan HP sebagai modem melalui kabel USB:

  • Koneksikan HP kamu terlebih dahulu dengan menggunakan kabel data USB ke PC atau laptop
  • Tunggu sampai perangkat HP benar-benar tersambung atau terdeteksi
  • Jika sudah, selanjutnya buka menu “Setting> Wireless and Network” di smartphone kamu
  • Pilih opsi “Tethering and Mobile Hotspot”
  • Nyalakan fitur “USB Tethering”
  • Tunggu hingga muncul notifikasi koneksi internet pada PC atau laptop kamu
  • Jika berhasil terhubung, maka kamu bisa langsung internetan

Baca Juga: Manfaat Modem Wifi Untuk Menjadi Selebgram yang Profesional

2. Metode Bluetooth

Tips Mudah Mengubah HP Menjadi Modem - Bluetooth

Metode yang kedua ini, mengharuskanmu untuk menginstal driver bluetooth terlebih dahulu di komputer atau laptop, supaya jaringan internet HP dapat dikoneksikan. Apabila PC atau laptop Hinet Lovers belum terinstal driver Bluetooth, maka sampai kapan pun kedua perangkat tidak akan bisa terhubung ke jaringan. Berikut ini langkah-langkah menjadikan HP sebagai modem lewat Bluetooth:

  • Nyalakan terlebih dahulu bluetooth pada HP, buka buka menu “Setting > Wireless & Network > More > Tethering”. Lalu cari opsi “Bluetooth Tethering” kemudian aktifkan
  • Selanjutnya, nyalakan juga fitur bluetooth di PC atau laptopmu
  • Di PC/laptop, bukalah menu “Control Panel > Devices and Printers > Add a device”
  • Apabila jaringan Bluetooth dari HP sudah terbaca, selanjutnya tap tombol “Next” untuk terhubung
  • Kemudian akan muncul passkey di layar komputer dan juga di HP, maka kamu hanya perlu tap “Yes” di komputer dan “Pair” di HP untuk “pairing” Bluetooth
  • Setelah itu, kembali ke menu “Control Panel > Devices and Printers > Devices”
  • Klik kanan pada perangkat yang sudah di“pairing”, kemudian pilih “Connect using > Access point”

Baca Juga: Curigain Instagram Kamu Disadap Orang Lain, Begini Cara Mengetahuinya

3. Metode WiFi Hotspot

Tips Mudah Mengubah HP Menjadi Modem - WiFi Hotspot

Selain 2 fitur tersebut, ada satu lagi fitur bawaan setiap smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk menjadikan HP sebagai modem WiFi portable sementara. Berikut ini petunjuk pemakaian WiFi Hotspot:

  • Bukalah menu “Setting > Wireless & Network > Mobile Networks” di HP kamu
  • Pilihlah opsi “Access Point Names (APN) > Setting > APN > Mode Jaringan (4G)”
  • Kembali ke menu “Mobile Networks” lalu nyalakan jaringan internet dengan mencentang “Data Enabled“
  • Setelah itu, kembali ke menu “Wireless & Networks> Mobile Hotspot” lalu beri centang pada “Mobile Hotspot” untuk menyalakan fiturnya
  • Masuk ke menu “Configure Mobile Hotspot”, dan kemudian isi “Password” dan “Nama Hotspot“ sesuai dengan yang kamu inginkan
  • Untuk “Security”, pilih saja yang “WPA 2PSK” kemudian tap “Save”
  • Hidupkan paket data dan WiFi hotspot

Baca Juga: Keunggulan Modem WiFi Untuk Internetan dan Rekomendasi Terbaiknya

Catatan Tambahan:

Ada catatan tambahan yang ingin Hinet beritahukan padamu, agar smartphone sanggup dijadikan sebagai modem WiFi portable cadangan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Adapun beberapa persyaratannya sebagai berikut:

  • Sudah disokong oleh fitur tethering
  • Jaringan internet di lokasi tempat tinggalmu bagus
  • Sudah didukung dengan sinyal 3G sampai 4G

Jika persyaratan tersebut sudah lengkap, maka kamu dapat menjadikan HP tersebut sebagai modem yang bisa digunakan sebagai sumber jaringan internet.

Begitulah langkah-langkah membuat HP menjadi modem. Mudah bukan? Dari ketiga cara yang sudah Hinet jelaskan, kamu bebas memilihnya sesuai dengan yang diinginkan dan senyamannya saja. Jadi, apabila sewaktu-waktu modem WiFi 4G LTE kamu bermasalah, gunakan saja HP sebagai penggantinya. Selamat mencoba!

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, karena topik yang dibahas seputar modem, maka Hinet ingin merekomendasikanmu untuk menggunakan modem WiFi tercepat sekaligus modem WiFi terbaik, yaitu MIFI 4G LTE Hinet.

Bagi yang belum tahu apa itu MIFI, MIFI merupakan perangkat keras yang serupa dengan WiFi router. Namun, ukurannya jauh lebih kecil dan bisa dibawa-bawa kemanapun. Fungsinya pun bahkan sama dengan modem WiFi portable, kamu hanya perlu mengkoneksikan smartphone atau PC dan laptop dengan jaringan internet.

MiFi Super Xtreme

Selain Paket Internet Rumah murah, Paket Internet Unlimited murah, Hinet juga memiliki paket internet murah 2019 lainnya yang spesial untukmu khusus pengguna modem WiFi 4G LTE Hinet, yaitu MIFI SUPER XTREME!

Apabila Hinet Lovers merupakan warganet yang aktif, maka solusi yang tepat sebagai penunjang aktivitas internetanmu ialah dengan membeli MIFI SUPER XTREME dari Hinet. Jadi, Hinet Lovers dapat membeli Modem WiFi murah, yaitu MIFI dengan harga IDR 350.000 dan nantinya kamu akan mendapatkan kuota utama sebesar 35GB dengan masa aktif 60 hari. Menariknya lagi dari MIFI SUPER XTREME, kamu akan mendapatkan bonus recharge untuk 3x Top Up di awal paket IDR 150.000 dan IDR 225.000 dapat Kuota Utama Ganda.

MiFi Super Xtreme

Bagaimana? Tertarik untuk membeli MIFI dan Top Up paket SUPER XTREME dari Hinet. Kalau iya, promo ini hanya berlaku di setiap pembelian online melalui Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Mau internetan dengan lancar dan mendapatkan kuota melimpah? Buruan beli HINET sekarang juga! Kamu bisa temukan juga paket internet paling murah dan promo menarik Hinet lainnya di sini >>>

logo official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.