Hinet Internet Cepat 4G LTE

Tips Menjaga Anak Pada Era Digital

Tips Menjaga Anak Pada Era Digital – Internet saat ini adalah konsumsi sehari-hari masyarakat. Seolah-olah tidak ada makanan di dalamnya, bahkan jika Anda tidak menyentuh jaringan dunia maya, hidup Anda hampir mustahil untuk dilewati.

Dalam kehidupan sehari-hari ini, banyak orang yang lupa dan tidak menyadari bahwa dunia internet memiliki bahayanya sendiri-sendiri. Bagi mereka yang telah dewasa dan berpikir bahwa mereka memiliki batasan dan dapat menjaganya, itu tidak masalah.

Bagaimana dengan anak-anak yang menggunakan internet, mereka masih rentan dan belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk

Google Indonesia merayakan Hari Internet Aman Sedunia melalui acara #TangkasBerinternet, mencoba memberikan lebih banyak saran tentang keselamatan anak berselancar di dunia maya.

Mereka melihat bahwa dalam situasi terisolasi dan pandemi ini, anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di Internet dan mengingat bahwa pembelajaran juga dilakukan secara online. Karenanya, mereka memberikan tiga tips agar anak merasa nyaman di dunia maya.

Memastikan Konten Yang Dilihat Pada Anak Sesuai

Data survei Google menunjukkan bahwa orang tua masih jarang menggunakan fitur yang dapat membantu memastikan keamanan internet. Setidaknya ada data yang menunjukkan bahwa untuk alasan yang tidak diketahui atau alasan lain, kurang dari 40% orang tua menggunakan fitur keselamatan tersebut.

Untuk alasan ini, beberapa fitur keamanan yang disediakan oleh Google:

  • SafeSearch
    fitur ini tersedia di mesin pencari Google dan mampu memfilter konten eksplisit pada hasil penelusuran. Mulai dari gambar, video, sampai situs. Dengan ini situs-situs pornografi pun tidak bisa diakses.
  • Family Link
    fitur aplikasi yang memantau penggunaan suatu gadget. Sebagai orang tua, kamu bisa melihat seberapa lama anakmu menatap layar dan membatasi penggunaannya tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memblokir banyak hal yang sekiranya tidak ingin dilihat oleh anak.
  • Youtube Kids
    aplikasi YouTube yang memang dispesialkan untuk anak-anak. Kontennya sudah disaring sedemikian rupa sehingga hanya video yang sesuai dengan usia anak-anak yang keluar.

Baca juga : Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Aplikasi!

Mengenalkan Anak Tentang Siapa Saja Orang Yang Menggunakan Internet

Tidak seperti obrolan di dunia nyata di mana Anda dapat berbicara sambil bertatap muka dan mengenali wajah pembicara, obrolan online lebih mudah dioperasikan. Hal itu terlihat dari banyaknya akun anonim yang tidak diketahui identitas aslinya.

Misalnya, akun di dunia game. Karena masa kanak-kanak adalah masa keingintahuan, mereka menghabiskan banyak waktu untuk berkomunikasi, yang dapat membawa risiko. Membicarakan batasan mengobrol dengan anak bisa meringankan hal-hal buruk.

Beri tahu mereka bahwa jika mereka menghadapi situasi online yang tidak nyaman, harap segera beri tahu orang tua mereka. Sebagai orang tua, Anda juga harus merencanakan permainan yang akan mereka mainkan. Ini tidak terbatas pada konten tetapi juga bagaimana berkomunikasi.

Baca juga : Penyebab Dan Solusi Baterai Smartphone Cepat Lowbat

Mengenalkan Batasan Privasi 

Banyak orang meremehkan pentingnya menjaga data pribadi. Bahkan data ini bisa digunakan sebagai alat penipuan. Kalau orang dewasa bisa tertipu, apalagi anak-anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, Google menganjurkan untuk mengajari anak-anak membuat password yang kuat yang tidak mudah ditebak.

Hindari menggunakan password yang berhubungan dengan nama, ulang tahun atau karakter kartun favorit adalah salah satu caranya. Selain itu, jika Anda membuat akun di platform, harap pastikan bahwa platform tersebut adalah platform yang aman dan tepercaya.

Contohnya adalah Gmail. Penyedia alamat email memiliki filter keamanan yang dapat mendeteksi spam. Selain poin-poin yang sudah disebutkan, masih banyak hal yang bisa dilakukan. Misalnya, batasi penggunaan internet.

Biasanya, Anda memerlukan bantuan dalam menggunakan Internet, dan orang tua tidak dapat mengabaikannya. Mari kita bekerja sama untuk menjadikan Internet tempat yang aman bagi anak-anak untuk belajar, berinovasi, dan menjelajah!

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.