Hinet Internet Cepat 4G LTE
Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek – Hinet Lovers, apakah kamu mempunyai rencana untuk solo traveling? Buat yang belum mencobanya, mungkin ada sedikit rasa cemas dan takut. Padahal, bepergian sendiri bukanlah suatu hal yang menegangkan, loh. Bahkan solo traveling lebih mengajarkan kita untuk hidup mandiri dan juga melatih mental (menjadi pribadi yang lebih berani).

Selain pembelajaran kemandirian dan mental, dengan solo traveling kamu bakalan mendapatkan pengalaman yang lebih seru sekaligus menantang. Serunya, kamu bebas memilih destinasi mana pun yang dimau.

Eitsss… Tunggu dulu! Tetapi bukan berarti kamu bisa pergi ke semua tempat secara sembarangan. Pasalnya, ada beberapa lokasi yang kudu kamu waspadai, apalagi kalau kamu adalah wanita.

Bagi wanita-wanita yang ingin melakukan solo traveling, ada beberapa hal yang HARUS dipersiapkan agar perjalanan tetap aman dan nyaman tanpa adanya kendala. Nah! Di bawah sini, ada tips solo traveling yang aman untuk para ladies yang WAJIB diikuti. Yuk langsung saja cek selengkapnya di bawah sini.

1. Riset Destinasi yang Ingin Dituju Secara Menyeluruh

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, tidak semua lokasi itu ‘friendly’ untuk seorang traveler wanita. Faktanya, terdapat spot-spot yang berbahaya, baik itu di beberapa negara ataupun daerah di dalam negeri.

Sebelum pergi, cek dahulu apakah lokasi tujuanmu aman, khususnya untuk perempuan. Lakukan riset yang berkaitan dengan keamanan untuk para turis. Antisipasi seperti ini sangat bagus untukmu agar perjalanan aman terkendali.

Baca Juga: Budget 1 Juta Bisa Bikin Kamu Liburan Ke Tempat Ini

2. Susun Rencana Cadangan

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Sesudah melakukan riset, membuat rencana cadangan juga sangat diperlukan. Alasannya, kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi kedepannya. Bisa jadi lokasi yang kita tuju sedang mengalami kendala, baik itu cuaca buruk atau sebagainya. Sehingga kamu sudah tahu alternatif lokasi lain yang bisa kamu datangi.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner di Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang

3. Catat Nomor-Nomor Penting

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Mempersiapkan nomor-nomor penting juga diharuskan. Sebut saja nomor kantor polisi, rumah sakit, dan sebagainya. Kontak darurat seperti ini akan sangat membantu kamu bila sewaktu-waktu dirimu mengalami suatu musibah.

Baca Juga: Solusi Aman Aplikasi Pesan Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan

4. Siapkan Tas Berukuran Kecil

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Bepergian jauh dengan membawa koper bisa dibilang cukup nyaman. Membawa koper memang tidak memerlukan banyak tenaga dan dapat memuat banyak barang. Namun, dibalik kelebihannya koper juga memiliki kekurangan. Kamu akan merasa kesulitan ketika ingin jalan-jalan ke banyak lokasi, ditambah mengambil barang penting menjadi rumit karena tercampur dengan barang-barang lainnya.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk membawa tas tambahan berukuran kecil atau ransel yang bisa dilipat. Agar kamu bisa menaruh barang-barang penting di dalamnya, sebut saja dompet, ponsel, powerbank, kamera, dan sebagainya.

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Palembang Beserta Rekomendasi Tempatnya

5. Membawa Barang Seperlunya Saja Pada Saat Mengeksplorasi Destinasi

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Setibanya di lokasi tujuan, simpanlah beberapa barang yang sekiranya tidak begitu diperlukan pada saat menjelajahi tempat-tempat wisata, tentunya selain dompet dan ponsel. Uang yang kamu bawa di dalam dompet pun juga tidak perlu banyak-banyak. Bawalah secukupnya saja. Jangan lupa untuk menyisakan uang untuk ongkos pulang dan oleh-oleh.

Barang tambahan selain dompet dan ponsel yang mungkin juga kamu harus bawa adalah kamera dan powerbank. Dengan kamera, kamu bisa mengabadikan momen-momen tertentu di lokasi yang kamu tuju. Powerbank juga bisa menjadi penyelamat kamu disaat kondisi baterai ponsel sedang low.

Baca Juga: Kuliner Medan yang ‘Maknyus’ dan Bikin Ketagihan

6. Jangan Mudah Percaya Dengan ‘Orang Baru’

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Bagi oknum-oknum usil dan jahat, wanita sangat mudah untuk diperdaya, sehingga banyak sekali traveler wanita yang menjadi korban penipuan.

Teruntuk para wanita, apabila kalian bertemu dengan seseorang yang terlihat perhatian dan bersikap sangat ramah, jangan terlalu percaya. Padahal belum tentu orang tersebut bersikap tulus dan memiliki niatan yang sangat jahat.

Makanya, usahakan untuk tetap menjaga jarak dan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Apalagi terbawa perasaan, aduh!

Baca Juga: Spesifikasi Nokia 800 Tough, Baterai Bisa Tahan 6 Minggu!

7. Cobalah ‘Berkamuflase’ Dengan Penduduk

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Maksud dari kamuflase di sini adalah coba untuk membaur dengan warga lokal, dari sisi pakaian dan kepribadianmu. Jadi, jangan terlalu keliatan kalau kamu adalah seorang turis. Kebanyakan para penjahat mengincar orang-orang yang terlihat seperti turis.

Bila kamu tidak bisa menyesuaikannya, kenakanlah pakaian yang sopan dan terkesan sederhana. Sehingga kamu tidak terlalu mencolok dan menarik perhatian.

Baca Juga: Aplikasi Sewa Mobil Semakin Mudah Bisa jadi Solusi Ketika Travelling

8. Siapkan ‘Identitas Kedua’

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Identitas kedua yang dimaksud bukanlah KTP baru ataupun paspor baru dengan identitas lain. Tetapi, identitas yang bisa kamu jadikan sebagai ‘tameng’ untuk melindungi diri.

Sebagai contoh, ada seorang pria misterius yang mendekatimu dan ia bertanya, “kamu sendirian? Ada perlu apa datang ke sini? Sedang apa?” Jawablah dengan santai dan katakan kalau kamu sedang mampir dan menunggu kekasihmu (walaupun kenyataannya kamu sedang jomblo).

Untuk pendukung juga, kalau bisa gunakan cincin yang agak mirip seperti cincin kawin. Kamu juga bisa memamerkan cincinmu itu dihadapannya.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Tetap Hemat Saat Mudik Pulang Kampung

9. Menyalakan Fitur ‘Live Location’

Tips Solo Traveling yang Aman Khusus Untuk Semua Cewek

Fitur ‘Live Location’ sangat membantu sekali untuk mengetahui keberadaanmu. Kamu bisa menyalakan fitur ini dan membagikan lokasimu ke orang-orang terdekat atau yang sudah dipercaya, bisa itu keluarga atau sahabat. Tujuannya, agar keberadaanmu dapat dilacak oleh mereka dan kamu akan merasa lebih ‘secure’.

Itulah dia tips aman solo traveling untuk wanita. Supaya jalan-jalan sendirian ke luar negeri ataupun luar daerah menjadi lebih aman, ikuti saja tips yang sudah Hinet bagikan di atas ya! Selamat berlibur!

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Selain paket internet Reguler, kamu bisa menemukan paket-paket menarik lainnya di sini >>>

Leave a Reply

* Your email address will not be published.