Hinet Internet Cepat 4G LTE
Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula

Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula

Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula – Tidak sedikit orang-orang yang menyukai video dokumenter, karena sifatnya yang aktual. Selain itu, dokumenter sangat asik dinikmati karena terdapat sensasi real footage yang pernah terjadi di sekitar, lalu diedit sedemikian rupa agar menjadi lebih apik. Namun kebanyakan kreator dokumenter gagal dalam membuatnya. Sebenarnya ada cara mudah membuat video dokumenter. Biasanya cara-cara ini ada yang terlewat oleh sebagian tim. Hinet punya nih, tips membuat video dokumenter. Cara-cara sukses membuat video dokumenter akan lebih rinci dijabarkan di bawah ini. Perhatikan ya!

1. Buat Ide Cerita Menarik

Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula - Buat Ide Cerita Menarik

Dokumenter bukanlah film berjenis fiktif yang sering dibuat oleh industri perfilman hollywood. Sehingga kamu tidak mememerlukan ide yang terlalu imajinatif. Pada dasarnya, dokumenter selalu menyajikan cerita yang benar-benar aktual. Benar-benar ada di kehidupan nyata. Kamu bisa mengambil inspirasi dari segala kejadian atau hal-hal yang ada di sekitarmu. Pastinya persoalan yang harus kamu ambil yaitu persoalan-persoalan yang lagi “hot” atau tidak ada habisnya jadi bahan perbincangan publik.

Baca Juga: Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android!

2. Siapkan Tim

Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula - Siapkan Tim

Setelah menemukan ide, selanjutnya kamu harus menyiapkan peralatan yang mendukung seperti handycam, tripod atau mic. Setelah itu temukan tim yang akan membantu kamu untuk menjalankan proses syuting. Termasuk mencari aktor untuk membuat dokumenter semakin menarik dan tidak bosan untuk ditonton.

Baca Juga: Ikuti Langkah Ini Untuk Menghitung Kuota Data Ketika Streaming Video

3. Jadwalkan Shooting

Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula - Jadwalkan Shooting

Setiap proses, secara garis besar pasti akan ada banyak yang harus dipersiapkan untuk menjalankan sesi syuting. Dari segi penentuan karakter, penentuan ide cerita, kapan syuting akan dilakukan, bagaimana jumlah anggaran dan mendapatkan dananya, distribusi film, dan sebagainya. Untuk meringankan hal itu, kamu harus pintar-pintar untuk mengatur jadwal sesuai rencana, agar tidak terpecah fokusnya.

Baca Juga: Lima Aplikasi Edit Video Yang Bikin Video Makin Pecah!

4. Jangan Sepelekan Editing

Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula - Jangan Sepelekan Editing

Agar videomu menjadi lebih tertata dan rapih, harus melalui tahap editing. Ini bagian paling krusial sebelum video yang sudah kamu ambil ditayangkan. Editor harus bisa merangkai video menjadi satu-kesatuan cerita yang membangkitkan emosi penonton, jadi bukan hanya sekedar efeknya saja yang diperhatikan. Serta, seorang editor harus mahir dalam memotong dan menyusun susunan klip gambar.

Baca Juga: Makin Panjang Umur! Makin Hoki Pake Hinet Economy Plus 90 Hari

5. Distribusikan!

Wajib Baca Agar Sukses Terjun Membuat Video Dokumenter Bagi Pemula - Distribusikan!

Setelah kamu sudah bersusah payah melalui proses yang panjang, maka sudah saatnya kamu memamerkan karyamu entah di bioskop, web, atau channel YouTube. Kamu bisa merasakan apresiasi masyarakat luas yang menjadikan dokumenter hasil karyamu menjadi dampak yang berpengaruh besar bagi mereka. Jadi, jangan hanya kamu simpan saja ya.

Membuat dokumenter tidaklah semudah itu, butuh kesabaran dan terapkan semua langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Maka hasil yang akan didapat bisa memuaskan kamu. Aktifkan juga MiFi 4G LTE sebagai temanmu untuk berkarya Hinet Lovers. Dapatkan juga akses internet cepat dan murah di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.