Wajib Tahu! Penemuan Dan Sejarah Kulkas

Wajib Tahu! Penemuan Dan Sejarah Kulkas – Bayangkan jika kita tidak memiliki lemari es sekarang, itu akan menimbulkan ketidaknyamanan. Makanan menjadi mudah rusak, jadi kita tidak bisa menyimpannya untuk waktu yang lama. Justru karena perannya dalam mengawetkan makanan, lemari es dianggap sebagai penemuan terpenting dalam sejarah makanan.

Pada awal 2012, Royal Society, badan publik yang peduli dengan masyarakat Inggris, membuat daftar 20 penemuan terpenting dalam sejarah makanan. Yang pertama adalah lemari es. Sejak kelahiran manusia, umat manusia terus mempelajari cara paling dasar untuk bertahan hidup melalui makanan.

Baca juga : Teknologi Gila yang Disiapkan Untuk Menyelamatkan Diri Dari Kiamat

Proses membuat makanan bertahan lebih lama sangatlah penting. Saya mencoba banyak metode: pengawetan, pemanggangan, pengeringan, pengalengan, dll. Jangan sampai ketinggalan, tenang. Sebelum sistem pendingin mekanis diperkenalkan, orang menggunakan es dan salju untuk mendinginkan makanan, dan beberapa bahkan menurunkannya dari puncak gunung.

Pertama-tama gali lubang bawah tanah, simpan makanan bersama es, lalu tutupi dengan kayu atau ranting kecil untuk mengawetkan makanan.

Penemua Lemari Pendingin (Kulkas)

William Cullen dari University of Glasgow menciptakan model pendingin buatan pertama pada tahun 1748. Namun, eksperimen yang menghasilkan es dalam jumlah kecil tidak praktis. Pada 1805, penemu Amerika Oliver Evans (Oliver Evans) merancang lemari es jenis ini.

Selain itu, pada tahun 1834, Jacob Perkins (Jacob Perkins) menggunakan sistem kompresi uap eter untuk membuat mesin lemari es. Model tersebut tidak dianggap berhasil sampai John Gorrie mengembangkan model yang lebih efektif. John Gorrie adalah seorang dokter yang merawat pasien demam kuning.

Ia menggunakan prinsip dasar udara dingin untuk membantu pasien menstabilkan suhu tubuh dan istirahat. Ia membangun lemari es untuk menciptakan ruang pendingin. Dengan menerapkan prinsip yang sama, ia menghasilkan mesin yang dapat menyimpan makanan pada suhu rendah.

Baca juga : 7 Jenis Hacker di Dunia Teknologi yang Kamu Harus Tahu

Setelah Carl von Linden menemukan cara untuk memperbaiki proses pencairan gas alam pada tahun 1876, proses pembuatan lemari es berkembang lebih cepat dan diajukan hak paten. Pada saat itu, amonia, sulfur dioksida dan metil klorida digunakan untuk pendinginan.

Penemuan ini menyebabkan produksi massal lemari es oleh beberapa perusahaan pada tahun 1900-an. Namun, penemuan senyawa gas refrigeran Linden belakangan terbukti tidak aman dan menyebabkan banyak kecelakaan. Kemudian senyawa gas internal yang digunakan dalam lemari pendingin diubah menjadi Freon (CFC) karena merupakan unsur yang lebih stabil dibandingkan senyawa eter.

Sebagian besar lemari es telah menggunakan Freon hingga akhir abad ke-20, ditemukan bahwa Freon merusak lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global. Saat ini Freon digantikan oleh hidrokarbon yang dianggap lebih ramah lingkungan.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.