Hinet Internet Cepat 4G LTE
WhatsApp Bakalan Punya Fitur Buat Kirim Uang Aman Kah

WhatsApp Bakalan Punya Fitur Buat Kirim Uang, Aman Kah?

WhatsApp Bakalan Punya Fitur Buat Kirim Uang, Aman Kah? – Agar semakin mempermudah produktivitas banyak orang, WhatsApp pun berinovasi untuk meluncurkan fitur pembayaran digital peer-to-peer yang dinamakan WhatsApp Payments. Fitur terbaru besutan Facebook ini pun nantinya akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menerima maupun mengirim uang ke sesama pengguna WhatsApp lainnya. Namun, keunggulan WhatsApp Payments ini baru bisa dirasakan atau diuji coba di India.

WhatsApp Bakalan Punya Fitur Buat Kirim Uang, Aman Kah?

Kenapa India menjadi negara terpilih untuk menguji aplikasi WhatsApp Pay? Untuk mengetahui kelebihan atau kelemahan WhatsApp Payments, pihak perusahaan memilih India untuk uji coba karena negara tersebut didapuk sebagai pengguna WhatsApp terbanyak di dunia, terhitung sebanyak 200 juta penduduk yang aktif menggunakan WhatsaApp. Sejauh ini, fitur yang baru tersedia di WhatsApp versi beta update 2.19.3 ini berjalan dengan baik.

Baca Juga: 3 Cara Pakai Dua Akun Whatsapp Dalam Satu Handphone

Bagaimana Cara Kerja dan Penggunaan WhatsApp Payments?

Sebagai pendukung dari fitur terbaru ini, WhatsApp menggaet beberapa bank untuk dijadikan mitra, mulai dari ICICI Bank, HDFC Bank, State Bank of India, Yes Bank, Airtel Payments, dan Axis Bank. Akan tetapi, pengguna WhatsApp masih belum bisa bertransaksi dengan merchant pihak ketiga. Ini bisa dibilang menjadi salah satu kelemahan WhatsApp Payments. Untuk praktiknya, WhatsApp Pay sudah didukung oleh Unified Payment Interface (UPI). Dengan begitu, adanya sistem antarmuka ini akan memungkinkan WhatsApp untuk melakukan transaksi dengan bank-bank yang sudah dijadikan mitra.

WhatsApp Bakalan Punya Fitur Buat Kirim Uang, Aman Kah?

Untuk bisa melakukan transaksi dengan WhatsApp Pay, pertama-tama si pengguna harus menginstal aplikasi WhatsApp versi beta yang terbaru. Nantinya, fitur ini akan bisa ditemukan oleh si pengguna WhatsApp versi beta. Untuk mengirimkan uang, pengguna hanya perlu klik ikon Attachment yang biasa ditemukan di dalam kolom chat (umumnya digunakan untuk mengirim kontak, dokumen, lokasi, foto, dsb).

Baca Juga: Cara Paling Mudah Mengatasi Whatsapp Tidak Terkirim, Eror, dan Pending

WhatsApp Bakalan Punya Fitur Buat Kirim Uang, Aman Kah?

Setelah si pengguna sudah memilih kontak yang akan dikirimi uang, ia harus memilih akun bank dan masukkan nominal uang, kemudian masukan pin UPI. Apabila pengguna melakukan transaksi pertama, maka ia akan dimintai untuk memverifikasi nomor HP. Apabila pengguna juga tidak memiliki akun UPI, maka WhatsApp Pay akan menawarkan opsi untuk membuat akun UPI baru. Nantinya, semua transaksi yang sudah selesai akan terekam atau tercatat di dalam history WhatsApp Payments.

Fitur ini baru bisa digunakan bentuk beta. Maka dari itu, untuk saat ini WhatsApp Payments belum bisa diresmikan untuk publik, dikarenakan fitur baru tersebut masih jauh dari kata sempurna dan masih perlu dikembangkan lagi. Jadi, bersabar saja ya!

Sembari menunggu kehadiran fitur baru ini di Indonesia, mending kamu nikmati momen chatingan dan update story WA saja dulu. Tentunya dengan menggunakan Paket Internet Rumah, HOME SWEET HOME dengan kuota 300GB dari Hinet juga ya. Dengan begitu, WhatsApp-an di rumah menjadi lebih mudah dan nyaman.

Dapatkan juga promo menarik dan paket internet murah lainnya dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.