Hinet Internet Cepat 4G LTE

WhatsApp VS Telegram, Mana yang Lebih Baik?

WhatsApp VS Telegram, Mana yang Lebih Baik? – Sekarang ini terdapat banyak pilihan aplikasi chat yang bisa kamu pilih dan gunakan secara bebas. Dibanding dengan menggunakan SMS, tentunya kamu lebih memilih untuk menggunakan aplikasi chat saja, kan? Aplikasi chat pun lebih unggul ketimbang SMS biasa, contohnya melalui aplikasi chat kamu bisa mengirimkan video dengan cepat dan mudah.

Masing-masing aplikasi tentunya memiliki karakteristik dan fitur yang berbeda-beda. Sebagian besar dari Hinet Lovers mungkin menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Namun ada juga yang lebih suka menggunakan Telegram sehingga kedua aplikasi ini kerap dibanding-bandingkan. Walaupun aplikasi Telegram sempat diblokir di Indonesia pada 2017, hal itu tidak menurunkan popularitasnya karena terbukti saat ini kamu bisa mengakses Telegram.

Untuk menentukan manakah aplikasi chat yang lebih baik, WhatsApp atau Telegram, kamu perlu mengetahui penjelasannya terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama lagi, inilah fitur dan karakteristik dari kedua aplikasi chat tersebut.

1. Akses Melalui Web

Tak hanya lewat smartphone saja, baik WhatsApp maupun Telegram bisa kamu akses melaui versi webnya. Saat kamu ingin login di Telegram Web maka kamu bisa memasukan nomor telepon yang terdaftar. Sedangkan login di WhatsApp Web, kamu bisa menggunakan scan QR code yang terlihat di halaman utamanya. Di bulan Oktober 2020 ini diberitakan bahwa WhatsApp akan mengupdate versi webnya agar para pengguna dapat menelepon dan video call melalui WhatsApp Web. Mirip seperti Zoom, ya!

2. Anggota Group Chat

Buat kamu yang rajin berorganisasi atau sekedar ngobrol bersama dengan teman dan keluargamu, pastinya kamu memiliki group chat di aplikasi yang kamu miliki. Di WhatsApp jumlah maksimal anggota dalam satu group chat adalah 256 orang. Sedangkan jika kamu membuat group chat di Telegram maka kamu bisa menambahkan hingga 5.000 orang.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi, Inilah Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca

3. Banyaknya Perangkat

Kelebihan Telegram ialah dapat digunakan pada beberapa perangkat atau smartphone sekaligus. Hal ini menjadi salah satu yang membedakan dari WhatsApp karena WhatsApp hanya dapat dipakai oleh satu perangkat ponsel saja pada waktu tertentu. Jadi, Telegram lebih bebas untuk digunakan pada beberapa smartphone yang berbeda ketimbang WhatsApp.

4. Tingkat Keamanan

Kedua aplikasi ini memiliki fitur keamanan yang sama, yaitu dengan menggunakan end-to-end enskripsi (E2E) sehingga tidak ada satu pihak pun, termasuk Whatsapp dan Telegram, yang bisa membaca isi chatmu. Selain end-to-end, Telegram juga menggunakan skema MTProto dan Secret Chat pada fitur keamanannya. Sedangkan WhatsApp menggunakan standar Signal Protocol yang dikembangkan oleh Open Whisper Project.

5. Pengiriman File

Saat kamu ingin mengirimkan file melalui Telegram, maka  kamu akan diberikan opsi untuk mengirimkan file asli atau file yang sudah dikompresi (diperkecil). Berbeda dengan WhatsApp yang secara otomatis akan melakukan kompresi terhadap pesan gambar, voice chat dan video  yang kamu kirimkan sehingga dapat mengurangi resolusi dan kualitas dokumen. Kamu bisa mengirimkan file di Telegram dengan ukuran sampai 1,5 GB, sedangkan batas pengiriman file di WhatsApp adalah 16 MB saja.

Baca Juga: Ketahui Ciri-Ciri WhatsApp-mu di Sadap Orang Lain

6. Memori yang Terpakai

Setiap kali kamu mengunduh suatu file di WhatsApp maka file tersebut akan langsung tersimpan di memori smartphonemu sehingga akan memenuhi kapasitas penyimpanan memorimu. Namun Telegram menggunakan sistem cloud server, dimana file yang kamu unduh tidak akan membebani penyimpanan memorimu dan tersimpan di server cloud Telegram secara gratis.

Demikian persamaan dan juga perbedaan dari kedua aplikasi chat yang sering digunakan pada saat ini. Kalau kamu sendiri lebih suka untuk menggunakan WhatsApp atau Telegram, nih Hinet Lovers?

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.