Hinet Internet Cepat 4G LTE
Wisata Masjid di Ria, Menikmati Seni Arsitektur

Wisata Masjid di Riau, Menikmati Seni Arsitektur

Wisata Masjid di Riau, Menikmati Seni Arsitektur – Pekanbaru memang dikenal sebagai kota yang modern sekaligus kota yang sarat dengan unsur religius Islam. Hal ini terbukti bahwa Pekanbaru memiliki sejumlah masjid yang dirawat dengan baik bahkan menjadi tujuan wisata. Nah, Hinet punya rekomendasi wisata masjid di Pekanbaru yang wajib kamu kunjungi.

1. Masjid Agung Annur

Wisata Masjid di Pekanbaru, Menikmati Seni Arsitektur - Masjid Agung An Nur

Siapapun yang sedang berada di Pekanbaru, rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi Masjid Agung Annur. Selain diperuntukkan sebagai tempat ibadah umat muslim, oleh karena desain masjid yang berbau gaya Melayu, Arab, Turki serta perpaduan India kini telah menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai penjuru negeri. Masjid dengan nuansa warna hijau ini disebut-sebut sebagai replika Taj Mahal karena desainnya yang mirip. Proses pembangunan masjid ini tidaklah mudah, awal mulanya akan dibangun pada tahun 1963 akan tetapi baru terealisasi pada 1966 ketika Kaharuddin Nasution menjabat sebagai Gubernur Riau.

Baca Juga: Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya

2. Masjid Raya Pekanbaru

Wisata Masjid di Pekanbaru, Menikmati Seni Arsitektur - masjid raya pekanbaru

Meskipun masjid yang terletak di kawasan Pasar Bawah ini pernah direnovasi karena termakan usia, akan tetapi desain bangunannya tetap seperti sedia kala. Umur masjid ini diperkirakan sudah mencapai 250 tahun. Bentuk masjid yang didominasi warna coklat ini memiliki 26 tiang kokoh di dalamnya. Keunikan dari masjid ini adalah karena memiliki menara di tengah-tengah bangunan. Meskipun terlihat aneh, akan tetapi menara itu memang dibuat karena bekas sisa tiang penyangga masjid sebelum di renovasi. Tiang-tiang sisa bangunan yang lama memang sengaja dipertahankan tetapi bentuk asli masjid yang lama sudah diganti dengan yang baru agar lebih kokoh.

3. Masjid Raudhatul Jannah

Wisata Masjid di Pekanbaru, Menikmati Seni Arsitektur - masjid raudhatul jannah

Rumah ibadah umat muslim ini memiliki arsitektur yang berbentuk kubus dengan didominasi warna putih, sehingga memiliki keunikan tersendiri ketimbang masjid lain. Ukuran masjid ini cukup besar bahkan bisa menampung sampai ratusan jamaah. Masjid ini tidak pernah sepi dari kegiatan keagamaan karena selalu rutin kajian Islam setiap sehabis Maghrib dan Subuh. Fasilitas di masjid ini cukup lengkap mulai dari parkiran yang luas, tempat wudhu, toilet, tempat mengaji, kantin, bahkan ada taman belajar agama Islam.

Baca Juga: Apa itu ATCS, yang Baru Dipasang di Dua Jalan Utama di Pekanbaru

4. Masjid Jami Air Tiris

Wisata Masjid di Pekanbaru, Menikmati Seni Arsitektur - masjid jami air tiris

Masjid Jami Air Tiris cocok banget untuk jadi daftar tempat religi yang patut kamu kunjungi ketika sedang berada di Pekanbaru. Masjid ini dinobatkan sebagai masjid tertua di Sumatera. Usia masjid ini lebih dari satu abad lebih tepatnya sudah berusia 116 tahun. Masjid ini didominasi dengan warna coklat karena memang didominasi material kayu bahkan tanpa menggunakan paku. Interior masjid Jami Air Tiris dapat dikatakan sederhana dilengkapi dengan 40 tiang. Jumlah tiang ini melambangkan jumlah minimum jamaah pada saat solat jumat. Terlebih lagi dua tiang di bagian tengah terdapat ukiran kaligrafinya.

5. Masjid Syahabuddin

 

Wisata Masjid di Pekanbaru, Menikmati Seni Arsitektur - masjid syahabuddin

Terletak di Jalan Sultan Ismail, terdapat masjid unik khas Melayu yaitu Masjid Syahabuddin. Masjid ini juga termasuk sebagai masjid bersejarah di Pekanbaru karena dibangun pada tahun 1926 M ketika masa pemerintahan Raja Siak yang terakhir, yaitu Sultan Al Said Al Kasyim Abdul Jalil Saifuddin. Tidak heran jika masjid ini dinobatkan sebagai masjid tertua di Kabupaten Siak. Arsitektur masjid dipadukan dengan gaya Timur Tengah (Turki) dan Melayu.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

Apakah di daerahmu ada masjid yang juga sudah berumur ratusan tahun? Jangan lupa share di kolom komentar ya. Tetap gunakan Paket Unlimited dari Hinet supaya bisa terus puas internetan. Kalau ingin menikmati serunya internet cepat dengan banyak akses dari Hinet, Kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.