Hinet Internet Cepat 4G LTE
Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA – Saat ini, kabut asap dan polusi udara sedang melanda beberapa daerah di Tanah Air, salah satunya yang menjadi pusat perhatian publik saat ini ialah kabut asap di Riau. Semakin sering atau banyak udara kotor tersebut kita hirup, maka tidak menutup kemungkinan juga kita akan terkena penyakit saluran pernapasan atau biasa disebut ISPA. Penyakit ISPA adalah singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut, yang menargetkan komponen saluran pernapasan bagian atas.

Bagi yang belum tahu, penyakit ISPA dapat menyerang saluran pernapasan atas yang meliputi, hidung, sinus, laring, dan faring. Bagian tersebut memiliki tugas untuk mengarahkan udara yang Hinet Lovers hirup dari luar ke trakea, kemudian masuk ke dalam paru-paru.

Faktor Penyebab Munculnya Penyakit ISPA

Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

Selain melalui polusi dan kabut asap, penyakit saluran pernapasan ini juga bisa disebabkan karena virus atau bakteri. Penularan virus dan bakteri bisa terjadi melalui percikan air liur dari si penderita, yang kemudian menyebar di udara dan kemudian masuk ke dalam mulut atau saluran pernapasan kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa terkena virus melalui sentuhan secara langsung dengan si penderita ataupun memegang benda yang sudah terkontaminasi.

Baca Juga: Mulai Dari Penyakit Mata Hingga Sakit Kepala, Pahami Bahaya Dari Radiasi Smartphone Berikut Ini

Gejala Penyakit ISPA

Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

Infeksi akut yang menyerang bagian saluran pernapasan juga dapat menimbulkan berbagai keluhan. Sehingga tidak hanya satu atau dua tanda gejala saja yang akan muncul. Berikut ini ada beberapa gejala penyakit ISPA yang akan dialami oleh si pengidap secara umum:

  • Hidung tersumbat dan pilek
  • Batuk kering tanpa dahak
  • Demam
  • Nyeri pada tenggorokan
  • Nyeri ringan di bagian kepala
  • Bernapas cepat
  • Sulitnya bernapas
  • Warna kebiruan pada kulit akibat dari kurangnya oksigen
  • Gejala sinusitis seperti wajah terasa nyeri dan hidung beringus

Baca Juga: Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit?

Cara Mencegah Penyakit ISPA

Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

Agar dirimu tidak terkena penyakit pernapasan atau saluran pernapasan akut, ikutilah tips pencegahan berikut ini:

  • Konsumsi Vitamin C, guna meningkatkan kekebalan tubuh, kamu memerlukan nutrisi berupa vitamin C yang sangat berguna untuk memusnahkan bakteri dan kuman yang bersarang di dalam tubuh.
  • Rajinlah mencuci tangan, dikarenakan banyaknya virus yang menyebar melalui udara, sehingga virus tersebut bisa saja menempel di tangan kamu. Ada baiknya sebelum menyentuh benda atau makanan Hinet Lovers mencuci tangan terlebih dahulu setelah beraktivitas di luar atau tempat umum, agar barang yang disentuh tidak terkontaminasi oleh virus.
  • Gunakan masker, polusi dan kabut asap sangat mudah kamu temui di tempat-tempat umum. Agar tidak mudah masuk ke dalam saluran pernapasan, kenakanlah masker.
  • Jangan menyentuh bagian wajah, terutama bagian vital seperti hidung, mata, dan mulut dengan tangan, alasannya bagian-bagian tersebut sangat rentan dan dengan mudah bisa disusupi oleh bakteri.
  • Hindarilah asap rokok, seperti yang sudah kamu ketahui, kandungan zat di dalam rokok sangatlah berbahaya. Apalagi pada asapnya.
  • Gunakanlah tisu atau sapu tangan ketika hendak bersin, agar dirimu tidak menyebarkan virus kepada orang lain.
  • Olahraga secara teratur juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Paket Economy Plus FREE Mifi dan KUOTA 90GB*

Cara Mengobati Penyakit ISPA

Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

Penyakit ISPA terbagi menjadi 2 jenis, yakni ringan dan berat. Penanganan keduanya pun lumayan berbeda. Berikut ini cara-cara mengobati penyakit ISPA ringan dan berat.

Penyakit ISPA Ringan

Apabila kasusnya masih ringan, seperti hanya demam dan tidak nyaman, Hinet Lovers dapat mengobatinya sendiri di rumah.

Adapun beberapa cara terbaik untuk menyembuhkan penyakit ISPA di rumah ialah dengan cara:

  • mengonsumsi obat paracetamol
  • perbanyak istirahat
  • duduk dengan tegak
  • perbanyak minum air putih
  • rajin mengonsumsi vitamin C
  • Mengonsumsi minuman lemon hangat atau madu
  • Berkumur dengan air hangat yang diberi garam
  • Menghirup uap dari semangkuk air panas yang telah dicampur dengan minyak kayu putih atau mentol
  • Memposisikan kepala lebih tinggi ketika tidur dengan menggunakan bantal tambahan

Bila dirasa belum cukup, kamu bisa ke dokter dan meminta resep antibiotik.

Penyakit ISPA Berat

Apabila sudah memasuki kasus yang berat seperti sulit bernapas, muntah-muntah, batuk berdarah,  kesadaran mulai menurun, menggigil, menjadi lebih diam, dan sesak, maka ada baiknya Hinet Lovers mendapatkan penanganan dari rumah sakit.

Kemungkinan, kamu akan diberikan cairan intravena dan oksigen. Selain itu, kamu akan mendapatkan penanganan dari dokter berupa inhalasi uap dan kumur-kumur dengan air garam guna meringankan gejala infeksi saluran pernapasan atas.

Itulah dia beberapa informasi seputar penyakit ISPA dan bagaimana cara mencegahnya serta mengobatinya. Bagi Hinet Lovers yang saat ini harus menghadapi kabut asap di Riau atau di mana pun kalian berada, jagalah kesehatan kamu ya!

Penutup

Agar tidak terkena bahayanya polusi udara dan kabut asap di luar, kamu bisa memilih untuk menikmati hiburan di rumah saja dengan menggunakan paket internet rumah murah dan cepat. Apakah kamu mau mendapatkan paket internet rumah murah dan cepat? Tapi masih bingung memilih mana paket internet rumah 2019 terbaik? Tidak usah khawatir, Hinet memiliki rekomendasi paket internet rumahan terbaik yang bisa kamu pilih!

Bagi Hinet Lovers yang ingin mendapatkan akses yang lebih banyak untuk internetan di rumah, kalian bisa menggunakan Home Router Hinet.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memakai Home Router Hinet loh, salah satunya bisa digunakan sampai dengan 32 pengguna dan kuota yang lebih banyak. Apalagi kalau sudah didukung dengan paket internet rumahan terbaik, pasti akan jauh lebih seru internetannya.

Jika Hinet Lovers memilih Home Router Hinet sebagai penunjang aktivitas internet, maka sudah pasti kalian harus memilih paket internet rumah 2019 termurah dari Hinet, yaitu HOME SWEET HOME.

home sweet home

Dengan mengaktifkan paket internet rumah murah dan cepat ini, kamu akan mendapatkan kuota utama sebesar 300GB dengan masa aktif 60 hari.

Bagaimana Hinet Lovers? Apakah kamu berminat untuk memilih Home Router Hinet sebagai pendukung aktivitas internetanmu di rumah? Kalau iya, kamu bisa mendapatkan Home Router + paket internet rumahan, Home Sweet Home di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.